8+ Proses Pengiriman Barang Ke Luar Negeri (Ekspor)

8+ Proses Pengiriman Barang Ke Luar Negeri (Ekspor)

Proses pengiriman barang ke luar negeri atau ekspor merupakan salah satu aktivitas yang tiada henti di tanah air. Kegiatan yang melibatkan para pelaku usaha ini di lakukan guna memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke luar negeri. Jika ingin mengembangkan bisnis yang tengah di rintis, ekspor patut di lakukan.

Kebanyakan pelaku usaha, terlebih mereka yang baru merintis, menganggap ekspor adalah sesuatu yang sulit di lakukan. Sebab, ekspor identik dengan biaya yang mahal, birokrasi yang sulit, serta kuantitas barang yang di ekspor harus dalam jumlah banyak. Padahal, kegiatan ekspor menjadi murah dan mudah untuk dilakukan jika para pelaku usaha mengirimkan barang ke luar negeri dengan memanfaatkan jasa freight forwarding.

Freight forwarding adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan dan pengangkutan barang secara keseluruhan. Bukan sekadar pengiriman barang, tetapi juga perizinan dan urusan Nantinya, segala hal terkait pengiriman barang ke luar negeri akan di urus oleh freight forwarder.

Perencanaan transportasi logistik yang di lakukan para freight forwarder di harapkan dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya yang menginginkan efektivitas dan efisiensi dalam pengiriman barang. Sebab, jenis pelayanannya adalah pengantaran produk produsen.

Bagaimana Proses Pengiriman Barang ke Luar Negeri (Ekspor)?

Dalam melakukan pengiriman barang ke luar negeri atau ekspor, ada sejumlah tahapan yang harus di persiapkan. Pemahaman mengenai seluk beluk ekspor dan langkah-langkah ini di perlukan untuk bisa menguasai bidang bisnis ini. Sebab, kegiatan ekspor bukan hanya melibatkan perorangan atau individu, tetapi juga pebisnis dari belahan dunia lain. Terlebih, ada kebijakan dan aturan yang perlu di patuhi, baik dari dalam negeri maupun di negara tujuan ekspor. Berikut ini proses ekspor yang akan kami jelaskan secara singkat.

1. Mempersiapkan Dokumen Purchase Order

Dokumen purchase order merupakan bukti permintaan barang dari pembeli yang berasal dari luar negeri. Nantinya, dokumen ini akan menjadi syarat penting guna pembuatan invoice atau surat penagihan.

2. Buat Perencanaan Ekspor

Perencanaan ekspor harus di siapkan secara teliti dan detail. Hal ini bertujuan untuk memudahkan langkah ekspor selanjutnya. Sejumlah hal yang harus didiskusikan dengan klien atau importir, di antaranya:

  • Menentukan produk yang akan di ekspor
  • Membuat klasifikasi produk
  • Negara tujuan
  • Pengemasan barang
  • Rute pengiriman barang
  • Fumigasi agar bebas hama
  • Menyiapkan surat keterangan asal
  • Menyiapkan PEB atau surat pemberitahuan ekspor

3. Siapkan Dokumen Ekspor

Setelah perencanaan di buat, siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengiriman barang ke luar negeri, di antaranya:

  • Packing list, yaitu; informasi dari pengirim berupa spesifikasi barang, mulai dari nama barang, tanggal packing di buat, jumlah barang, nomor PO, berat bersih dan kotor, serta data eksportir dan importir.
  • Commercial invoice, yaitu; dokumen yang memuat informasi data barang, jumlah barang, nilai barang, nomor invoice, nomor PO, data eksportir dan importir, serta harga per unit dan total.
  • Bukti pembayaran bea keluar, yaitu; bukti penting pengiriman barang ke luar negeri, karena barang baru bisa di kirim jika pengajuan PEB telah di setujui.

4. Cari Informasi Mengenai Barang Yang Akan di Ekspor

Jika segala dokumen dan persyaratan sudah di pahami dan di siapkan lengkap, maka selanjutnya tinggal melakukan pengiriman barang. Pertama yang harus di lakukan adalah mencari tahu perihal barang yang akan di ekspor, apakah barang tersebut termasuk yang di larang atau tidak. Hal ini bisa di ketahui dengan memeriksa website www.insw.go.id.

5. Cari Pembeli Barang di Luar Negeri

Buatlah marketing team atau website guna memperkenalkan perusahaan dan produk yang akan dikirim. Agar target yang bisa di raih lebih luas lagi jangkauannya, bisa juga memasukkan barang di e-commerce internasional.

6. Siapkan Dokumen Bea Cukai

Setelah mendapatkan pembeli, persiapkan dokumen PEB dan dokumen pendukung lainnya yang telah di persiapkan. Jika pihak bea cukai sudah menyetujui, kemudian NPE akan di dapatkan. Dari sini, pengusaha sudah bisa melakukan persiapan barang ke luar negeri.

7. Proses Pengapalan

Bersama dengan pengurusan kepabeanan di bea cukai, proses pengapalan atau melakukan handling barang yang akan di kirim juga bisa di lakukan. Dokumen ekspor yang telah di buat, bisa langsung di siapkan. Selain itu, pengemasan barang sesuai standar yang telah di sepakati bersama pembeli, memuat barang ke kontainer, mempersiapkan truk pengangkutan ke pelabuhan, hingga memuatnya ke kapal atau pesawat, bisa segera di lakukan.

8. Klaim Asuransi dan Mengambil Pembayaran

Langkah berikutnya adalah memastikan klaim asuransi, jika perjanjian dengan pembeli adalah CIF atau Cost, Insurance, and Freight. Setelahnya, pengusaha bisa langsung mengambil pembayaran dari pembeli di bank. Untuk urusan pembayaran, sebetulnya ada berbagai cara. Ada yang melakukan pembayaran di awal, di akhir, maupun pembayaran uang muka terlebih dahulu dan sisanya di bayarkan setelah barang berangkat atau saat dokumen pengapalan rilis.

Andalin Sebagai Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Panjang dan rumitnya proses yang perlu di lakukan ini, membuat banyak pengusaha memilih jalan pintas dengan menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri atau freight forwarder. Namun demikian, memilih freight forwarder juga perlu ketelitian agar barang yang dikirim bisa sampai dengan aman.

Andalin adalah salah satu perusahaan freight forwarding besar yang track recordnya sangat baik di kalangan eksportir dan importir besar. Ratusan klien dari perusahaan besar dan multinasional telah menggunakan jasanya, di antaranya Agung Sedayu Group, Wingsfood, Fuji Seal, Sinarmas, dan masih banyak lagi. Lebih dari 160 rute pengiriman barang yang sudah di lalui Andalin di seluruh dunia.

Jasa freight forwarding di Indonesia memang cukup banyak, namun Andalin bisa di katakan yang terbaik dan terpercaya. Sebab, Andalin unggul pada infrastruktur logistik yang sangat kuat, meski usianya belum sampai puluhan tahun di bisnis ini. Hal ini tentu saja menjadi rapor baik bagi perusahaan freight forwarding.

Keunggulan yang di milikinya ini dapat terbentuk dari hasil kerja sama yang baik antara Andalin dengan jaringan globalnya. Artinya, Andalin memang andal dan dapat di percaya oleh banyak jaringan besarnya. Di tambah lagi, Andalin memiliki platform digital untuk memudahkan klien, serta tim yang memiliki pengalaman baik di bidang ekspor dan impor.

Jasa yang Ditawarkan Andalin

Andalin Shipping menawarkan empat layanan utama, yaitu pengangkutan udara, pengangkutan laut, project shipment, dan layanan terbarunya ada Andalin GET. Produk terbaru dari Andalin ini menyusul produk digitalnya, Andalin Go, yang terlebih dahulu di perkenalkan.

Andalin GET di luncurkan guna memperkuat posisinya di dunia ekspor impor tanah air. Dengan produk ini, para eksportir dapat dengan mudah mengatasi kelangkaan pengiriman laut jenis Full Container Load (FCL). Caranya, dengan beralih ke jenis Less than Container Load (LCL).

Perusahaan pengiriman barang yang satu ini juga sudah berbasis teknologi dalam menjalankan jasanya. Dengan begitu, bentuk pelayanannya menjadi semakin luas dan mudah di jangkau oleh lebih banyak lagi calon klien. Dalam platform digitalnya bernama Andalin Go, perusahaan ini menggabungkan layanan pengiriman, bea cukai, klaim asuransi, dan yang termasuk tugas freight forwarder lainnya, hanya dalam satu aplikasi. Para klien juga dapat dengan mudah menentukan sendiri jadwal pengiriman hingga negosiasi harga secara instan.

Aplikasi ini di luncurkan bertujuan untuk memangkas rumitnya proses birokrasi logistik, serta meningkatkan efisiensi ekspor dan impor di Indonesia. Harapannya, para pengguna Andalin Go dapat lebih meningkatkan efisiensi pada bisnisnya, hemat waktu dan tenaga, serta lebih mudah menjalankan proses pengiriman barang ke luar negeri kapan dan di mana saja.

Platform digital Andalin Go dapat dengan mudah di unduh di Play Store. Untuk memulai aplikasinya dan melakukan pengiriman barang, penggunanya hanya perlu login dengan menggunakan akun yang telah di daftarkan di website Andalin. Di dalam aplikasi ini, para pengguna bisa memeriksa status pengiriman secara real time dan melakukan koordinasi langsung dengan tim ahli Andalin pada fitur “Chat”.

Dengan berbagai layanan yang di tawarkannya, Andalin bisa di jadikan freight forwarder andalan para eksportir maupun importir tanah air untuk melancarkan bisnisnya. Pelayanan yang cepat, mudah, dan berkualitas, menjadikan Andalin sebagai freight forwarder terpercaya dan jelas profesionalitasnya.

Tukang Share Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *