Peran Kurikulum Internasional Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Peran Kurikulum Internasional Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Masing-masing perguruan tinggi yang ada di Indonesia wajib mengikuti kurikulum nasional, baik itu untuk kampus swasta maupun negeri. Namun, akan sangat berbeda tentunya dengan kurikulum yang di setujui secara khusus untuk sekolah internasional. Pastinya, sekolah internasional itu akan membawakan kurikulum internasional yang sesuai dengan sistem pendidikan internasional.

Sampoerna University hadir sebagai salah satu perguruan tinggi dengan mengikuti kurikulum internasional. Tujuannya ialah untuk mempersiapkan mahasiswa yang memiliki landasan global dengan kualifikasi akademik yang di akui sebagai pendidikan internasional, dan akhirnya bisa menghasilkan lulusan yang kompeten bekerja.

Mau tahu apa saja kurikulum internasional yang berlaku di Sampoerna University? Yuk, kita awali pembahasan dengan mengenal apa yang dimaksud dengan kurikulum internasional dan juga beberapa keunggulannya.

Mengenal Kurikulum Internasional

peran kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di indonesia

Kurikulum internasional adalah sebuah pedoman yang di gunakan oleh sekolah atau perguruan tinggi dengan pendidikan internasional. Dalam hal ini mahasiswa bebas memilih mata pelajaran atau mata kuliah berdasarkan minatnya masing-masing dan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya.

Mengapa kurikulum internasional ini kemudian di terapkan dan apa alasannya? Dengan adanya perubahan pada standarisasi dan harapan orang tua murid yang ingin anaknya kompeten bekerja setelah lulus atau melanjutkan pendidikan internasional di luar negeri maupun sekolah yang menganut standar internasional di Indonesia.

Dalam kurikulum yang satu ini, jelas bahasa pengantar yang di gunakan adalah bahasa Inggris. Berbeda dengan perguruan tinggi di Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya. Lantas, apa sih yang menjadi keunggulan kurikulum internasional itu?

Keunggulan dan Kelebihan Kurikulum Internasional

mahasiswa sampoerna university

Salah satu kelebihan kurikulum yang satu ini adalah bisa membentuk sebuah karakter dan keterampilan peserta didik maupun mahasiswa untuk mendominasi persaingan global. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa keunggulan kurikulum internasional lainnya, seperti:

  • Kualitas pendidikan yang modern dengan sistem terbaru;
  • Jago dan fasih dalam berbahasa Inggris;
  • Mempunyai wawasan internasional yang mendalam;
  • Mengolah setiap potensi kemampuan dan bakat setiap mahasiswa;
  • Menyiapkan mahasiswa sebagai pemimpin di masa depan yang smart dan kompeten bekerja.

Berbagai Jenis Kurikulum Internasional di Indonesia

keunggulan sampoerna university

Di bawah ini ada berbagai jenis kurikulum internasional yang sudah mulai di terapkan pada beberapa perguruan tinggi internasional di tanah air.

1. Kurikulum Internasional Cambridge

Kurikulum yang satu ini tidak lain adalah salah satu kurikulum internasional yang di gunakan pada perguruan tinggi Sampoerna University. Memang, kurikulum ini berasal dari negara Inggris yang di desain dan di kembangkan secara langsung oleh University of Cambridge. Kurikulum yang satu ini juga akan mengajarkan mahasiswa agar mampu berfikir analitis dan kritis.

Kurikulum Cambridge memiliki fokus utama pada 4 (empat) isu, yakni:

  • Metode dan sistem pendidikan yang modern;
  • Perspektif internasional;
  • Pentingnya belajar mengenai bahasa Inggris untuk mahasiswa;
  • Berpeluang besar untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di universitas terbaik.

2. Kurikulum Montessori

Salah satu kurikulum paling populer di perguruan tinggi internasional adalah kurikulum Montessori. Umumnya, kurikulum ini di gunakan pada tingkat pra-sekolah dan juga sekolah-sekolah dasar, karena memang penekanan utamanya ada pada pengarahan diri dan pengembangan karakter.

Keunggulan yang paling mencolok pada kurikulum Montessori adalah murid atau mahasiswa tidak di fokuskan untuk memperoleh nilai terbaik di kelasnya. Namun, fokus utamanya adalah pada perilaku dan bagaimana cara peserta didik atau murid bisa beradaptasi dengan lingkungan.

3. Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Tahukah kamu? Kurikulum SPC yang berasal dari negara Singapura ini lebih menitikberatkan pada fleksibilitas pembelajaran berdasarkan potensi dan minat masing-masing murid. Tujuannya sangat jelas, yaitu agar murid atau mahasiswa memiliki daya saing internasional yang luar biasa.

4. International Primary Curriculum (IPC)

International Primary Curriculum atau yang biasa di singkat IPC ini sudah banyak di gunakan pada beberapa sekolah bertarap internasional di Indonesia. Hampir sama dengan kurikulum Montessori, yang mana fokusnya pada pembentukan karakter dan pengembangan kepribadian murid atau student-centric.

Kurikulum yang satu ini bukan cuma mengajarkan betapa pentingnya akademik. Namun, ikutserta membangun kepribadian dan mengembangkan karakter agar lebih bersinar secara global.

5. International Baccalaureate (IB)

Yang terakhir, ada kurikulum yang berasal dari kota Jenewa, Swiss dan mulai di gunakan pada tahun 1960-an. Ya, namanya adalah International Baccalaureate Curriculum. Kurikulum internasional yang satu ini juga mengajarkan murid agar bisa berpikir kreatif dan kritis, memiliki kecerdasan emosional, serta mempunyai keterampilan sosial dan intelektual yang baik.

Bukan hanya itu saja, kurikulum IB ini juga lebih mengutamakan solidaritas dan empati yang tinggi untuk terus peduli terhadap sesama manusia dan juga lingkungan sekitar.

Sampoerna University Menerapkan Kurikulum Internasional

sampoerna university

Bukan hanya tenaga pengajar atau dosen, sarana dan prasarana saja, tentunya kurikulum yang di gunakan juga tidak kalah pentingnya dalam proses belajar mengajar di sebuah perguruan tinggi. Kurikulum yang bagus dan juga terstruktur akan bisa memberikan fasilitas belajar mengajar yang baik dan juga mampu memfasilitasi transmisi guru.

Dengan cara menerapkan kurikulum internasional dan metodologi terbaik di dunia yang mengacu pada Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) yang di terapkan di negara Amerika Serikat. Sampoerna University mencoba mempersiapkan mahasiswa yang memiliki landasan global dan kredensial akademik yang benar-benar di akui di kancah internasional.

Mengapa Harus Memilih Kuliah di Sampoerna University?

perbedaan sampoerna academy dan sampoerna university

Sampoerna University adalah salah satu universitas di Indonesia yang sudah terakreditasi secara penuh, dan menawarkan sistem pendidikan internasional yang benar-benar unggul. Sampoerna University merupakan satu-satunya perguruan tinggi dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, sarana dan prasaran, fasilitas serta sistem operasional Amerika Serikat di Indonesia.

Berkat jalinan kerjasama dengan University of Arizona, perguruan tinggi ini menawarkan Program Gelar Ganda yang mana memungkinkan kamu untuk belajar kurang lebih 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan memperoleh 2 gelar akademik sekaligus, yaitu:

  • Gelar Sarjana (S1) yang terakreditasi dari Sampoerna University; dan
  • Gelar Sarjana Amerika Serikat yang terakreditasi dari University of Arizona.

Selain itu, masih banyak keunggulan dan kelebihan Sampoerna University yang menjadi alasan kuat mengapa kamu harus memilih untuk kuliah di sana, di antaranya ialah sebagai berikut ini:

1. Perguruan Tinggi di Amerika Serikat Merupakan Yang Terbaik di Dunia

Ada sekitar 40% dari 200 universitas atau perguruan tinggi di dunia berada di negara Amerika Serikat (AS). Berdasarkan Council of World University Rankings (CWUR), University of Arizona yang menjadi mitra kerjasama Sampoerna University sendiri berada pada peringkat 46 di dunia.

2. Bisa Mendapatkan Gelar Sarjana AS Tanpa Meninggalkan Indonesia

Salah satu keunggulan terbaik dari program Sampoerna University adalah kamu bisa mendapatkan 2 (dua) gelar akademik sekaligus. Salah satunya yaitu bisa memperoleh gelar Sarjana Amerika Serikat dari University of Arizona tanpa harus berkuliah langsung di U.S.A.

3. Bisa Mengikuti Kurikulum Amerika Serikat Dengan Biaya Kuliah Yang Terjangkau

Hanya di Sampoerna University, kamu bisa mendapatkan nilai terbaik dan megikuti kurikulum Amerika Serikat dengan biaya yang terjangkau. Bahkan, kamu bisa menghemat hingga 75% dai biaya pendidikan internasional kamu, lho!

4. Sistem Akademik Fakultas Berkelas Dunia

Jangan ragu dengan proses belajar mengajar di Sampoerna University. Pasalnya, lebih dari 70% anggota dan dosen-dosen yang ada di fakutas tersebut sudah mengantongi gelar Doktor yang memiliki kemampuan mengajar bertarap internasional.

5. Setiap Mahasiswa Dijamin Memiliki Kredensial dan Keterampiran Yang Baik

Melalui program belajar mengajar di Sampoerna University, pihak kampus berani menjamin kalau lulusannya akan mempunyai kredensial dan juga keterampilan yang baik dan mampu membuka pintu karir, baik dalam tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

6. 94% Lulusan Sampoerna University Langsung Mendapatkan Kerja Dalam 3 Bulan

Berkat membawakan kurikulum internasional dan juga soft skills relevan yang di ajarkan langsung di Sampoerna University, alumni universitas ini bukan hanya di butuhkan oleh perusahaan atau instansi di Indonesia, tetapi juga perusahan-perusahaan internasional.

Sampoerna University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan pendidikan internasional yang unggul dan modern. Standar kurikulum, fakultas, fasilitas, sarana dan prasarana, hingga operasionalnya berstandar Amerika Serikat.

Berkat kuliah di Sampoerna University, mahasiswa akan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki mental kuat, percaya diri, bertanggung jawab, kompeten bekerja, dan siap memberikan pengaruh yang besar di dunia.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan kurikulum?

Arti kurikulum berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003: Kurikulum adalah sebuah perangkat rencana dan pengaturan tentang tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta metode yang di pakai sebagai pedoman dan petunjuk arah untuk mengatur penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.

Apa yang dimaksud dengan kurikulum internasional?

Kurikulum internasional adalah salah satu jenis kurikulum yang mejadi acuan sekolah atau perguruan tinggi internasional di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Jurusan apa saja yang ada di Sampoerna University?

Fakultas Bisnis ada jurusan Perbankan dan Keuangan, Pemasaran Digital (Digital Marketing), Kewirausahaan, dan Akuntansi.

Fakultas Teknik & Teknologi ada jurusan Teknik Mesin, Teknik Industri, Visual Communication Design, Program Studi Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi.

Sedangkan pada Fakultas Ilmu Pendidikan ada jurusan Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Oiya, ada juga Faculty of Arts & Science dengan jurusan Psikologi.

Berapa biaya kuliah di Sampoerna University?

Biaya kuliah yang harus kamu keluarkan selama menempuh pendidikan perkuliahan di Sampoerna University berkisar antara Rp328.000.000,- sampai dengan Rp616.000.000,- hingga lulus atau wisuda. Biaya tersebut juga belum termasuk uang masuk/uang pangkal dan biaya pendaftaran.

Sampoerna University milik siapa?

Sampoerna University ini didirikan melalui Yayasan Putera Sampoerna Foundation yang mana murni milik konglomerat Indonesia, bernama Putera Sampoerna. Oiya, universitas ini sama sekali tidak ada keterkaitan dengan brand rokok PT HM Sampoerna.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

10 thoughts on “Peran Kurikulum Internasional Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

  • Sampoerna University ini alamat lengkap kampusnya dimana kak? dan kalau boleh tahu apakah ada program beasiswa juga di sana?

    • Alamat kampusnya berada di alamat berikut: L’Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu No. Kav. 16, RW. 9, Pancoran, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, kode pos: 12780.

      Ada kak, untuk informasi lebih lengkap terkait program beasiswa di Sampoerna University, kakak bisa mengunjungi website resminya atau di akun instagramnya @sampoerna.university πŸ™‚

  • Saya dulu mengira kalau Sampoerna University yang didirikan melalui Yayasan Putera Sampoerna Foundation ini berkaitan dengan brand rokok sampoerna, ternyata bukan ya hehe

    • Iya, padahal kenyataannya Yayasan Putera Sampoerna Foundation ini tidak ada hubungan atau keterkaitan sama sekali dengan PT HM Sampoerna alias korporasi rokok. May be, karena namanya sama-sama mirip aja, tapi jelas beda πŸ˜€

  • Sampoerna university adalah perguruan tinggi di Amerika Serikat dan merupakan yang terbaik di dunia, berarti sudah tidak diragukan lagi ya kak, kalau boleh tahu sampoerna university mempunyai berapa prodi, dan prodi apa yg paling banyak diminati disana??

    • Lebih tepatnya, Sampoerna University itu merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman belajar di perguruan tinggi ala Amerika Serikat.

      Ada banyak program studi yang ditawarkan di Sampoerna University, salah satu yang paling populer muncul dari Fakultas Bisnis yaitu jurusan Perbankan dan Keuangan, Pemasaran Digital (Digital Marketing), dan Kewirausahaan.

  • Salam kak, kalau boleh tahu sekarang ada program beasiswa S1 nggak di Sampoerna University ini? Kalau ada mohon informasinya terkait beasiswa ini, ya, terima kasihh πŸ˜€

    • Salam juga, kak.
      Ada, beasiswa kuliah S1 di Sampoerna University yang sekarang tersedia bernama SPARK Presidential Scholarship. Dengan program itu tentunya siapapun bisa memiliki kesempatan kuliah di Universitas Sampoerna selama 4 tahun penuh tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. πŸ˜€

  • Untuk prosedur pendaftarannya ribet gak sih kak? kalau boleh diinformasikan juga kak tahapan pendaftarannya seperti apa? terima kasih

    • Proses pendaftaran mahasiswa baru di Sampoerna University itu mudah banget kok, kak.

      Bahkan, di halaman website resminya ada informasi bertuliskan β€œSampoerna University mengundang mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk bergabung bersama kami. Sampoerna University menerima pendaftaran untuk Tahun Akademik 2023/2024.”.

      Pertama, mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi semua dokumen/berkas yang diperlukan.
      Kemudian setelah formulir pendaftaran berhasil diverifikasi, maka pihak kantor penerimaan dari Sampoerna University akan menginformasikan terkait biaya pendaftaran.

      Biaya pendaftaran ini akan digunakan untuk membayar biaya registrasi kamu masuk ke Broward College dan tes penempatan pilihan (Dasar dan Lanjutan).

      Kedua, mengikuti tes latihan untuk persiapan ujian penempatan. Tes-nya sendiri terdiri dari tes bahasa Inggris dan tes kemampuan lanjutan.

      Terakhir, setelah kamu berhasil membayar biaya pendaftaran, Kantor Penerimaan Mahasiswa akan segera memberikanmu informasi mengenai kapan jadwal Ujian Penempatan akan dilaksanakan.

      Terima kasih, semoga membantu kak πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *