Apa Yang Dimaksud Dengan Digital Marketing?

Apa Yang Dimaksud Dengan Digital Marketing?

Kamu ingin melakukan promosi produk dengan mudah dan murah? Manfaatkan saja digital marketing!

Persaingan bisnis di zaman sekarang ini sudah semakin ketat berbeda dengan 10 atau 20 tahun yang lalu. Dulu, perusahaan-perusahaan menggunakan teknik penjualan secara door-to-door sebagai strategi pemasaran paling jitu, namun sekarang ini teknik marketing seperti itu sudah tidak se-efektif dulu. Digital marketing adalah strategi terbaru yang berhasil menggantikan teknik jadul tersebut.

Strategi digital marketing termasuk salah satu strategi pemasaran yang mempunyai cakupan sangat luas sekali. Jika kamu ingin menguasainya, kamu harus mempelajari semua teknik-tekniknya di beberapa media lalu kemudian mempraktikkannya.

Buat kamu yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan digital marketing, mulai dari pengertian, jenis, kelebihan, manfaat, dan juga contoh digital marketing, silakan simak saja artikel perdana dari Gonel.id di bawah ini.

Apa Itu Digital Marketing?

digital marketing

Digital marketing adalah salah satu tren pemasaran terbaru yang harus kamu dan tim perusahaan kuasai jika memang tidak ingin kalah bersaing. Setiap ahli di bidang marketing mempunyai definisi masing-masing dalam menentukan pengertian digital marketing. Namun, dalam materi yang satu ini Gonel.id hanya akan mengambil definisi dari ahli pemasaran paling terkemuka di dunia.

Menurut Marketo, arti digital marketing adalah sebuah strategi tingkat tinggi yang isinya berbentuk periklanan (ads) atau promosi yang disebarkan melalui mesin pencari/search engine (Google, Bing, Yandex, Yahoo, DuckDuckGo, dan lain-lain, situs web/website, blog, email, media sosial, dan aplikasi.

Sedangkan kalau menurut Smart Insights, pengertian digital marketing adalah sebuah kesempatan emas untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen atau calon pembeli melalui perangkat, gadget, platform, data, media, dan teknologi digital lainnya.

Sedangkan Hubspot berkata lain, menurutnya pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan perangkat elektronik atau gadget dan juga koneksi internet.

Sampai sini sudah bisa kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran guna mendapatkan lebih banyak konsumen atau client dengan memanfaatkan perangkat/tools digital, baik itu yang berbentuk fisik maupun non-fisik (virtual).

Kelebihan Digital Marketing

Setelah kamu mengenal apa itu digital marketing secara langsung dari para ahli di bidangnya, sekarang saya akan memaparkan apa saja kelebihan digital marketing dibanding strategi-straegi pemasaran konvensional yang lainnya, berikut diantaranya:

Biaya Lebih Hemat

Yang menjadi poin pertama kelebihan digital marketing atau pemasaran online adalah segi biayanya yang lebih murah jika dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional.

Pada awal-awal proses branding, kemungkinan kamu akan mengeluar budget yang lumayan besar. Namun, sesudah brand tersebut dan basis followers (pengikut) kamu terbangun, maka biaya marketing digital juga akan semakin hemat nyaris tanpa biaya.

Proses Branding Produk Jauh Lebih Mudah

Kelebihan digital marketing yang kedua adalah proses branding dan re-branding menjadi sangat cepat dan mudah. Nah, yang menjadi satu-satunya kelemahan paling besar dalam pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang terbatas sekali.

Pada strategi marketing konvensional, kamu harus merogoh kocek yang dalam jika menginginkan proses branding ke lebih banyak konsumen dengan jangkauan yang sangat luas.

Berbeda jika kamu mencoba menerapkan strategi digital marketing. Cukup dengan pasang satu iklan atau posting konten promosi saja, kamu sudah bisa menjangkau seluruh konsumen yang ada di Indonesia, bahkan merambah ke kancah Internasional juga bisa kalau kamu menghendakinya.

Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan

Kelebihan digital marketing berikutnya adalah tim pemasaran tidak perlu terjun ke lapangan. Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang membuat tim kamu tidak harus keluar kantor atau rumah untuk mencari calon konsumen/client.

Dengannya, kamu cukup duduk santai di depan layar monitor atau depan HP dan memanfaatkan koneksi internet, tim marketing kamu sudah bisa melakukan promosi sesuai yang dibutuhkan.

Meminimalisir Gaji SDM Penjualan

Salah satu sumber pengeluaran (cost) paling besar saat menerapkan marketing konvensional adalah gaji sumber daya manusia (SDM). Sedangkan jika kamu menerapkan strategi digital, hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi.

Kamu tidak memerlukan banyak orang untuk bisa menjajakan produk-produk di jalanan atau di perumahan. Simpel saja, cukup dengan posting konten promosi di media sosial, website/blog, atau platform lainnya kamu sudah bisa closing penjualan.

Potensi Pertumbuhan Yang Drastis

Poin terakhir yang menjadi kelebihan digital marketing adalah potensi pertumbuhan dan perkembangan bisnis yang sangat drastis, terutama dari segi penjualan yang tumbuh secara signifikan.

Sekarang ini, tidak sedikit contoh usaha-usaha yang tumbuh secara drastis hanya dalam beberapa bulan saja karena mampu memanfaatkan strategi digital marketing. Berkat digital marketing ini, kamu tidak perlu menunggu 10 atau 15 tahun untuk bisa menjadi penguasa di industri yang kamu geluti.

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan

Sebelumnya kita sudah membahas hal-hal yang menjadi kelebihan digital marketing, sekarang waktunya membahas apa saja manfaat digital marketing bagi perusahaan secara spesifik, berikut diantaranya:

Tidak Ada Batasan Waktu dan Cakupan Wilayah Saat Memasarkan Produk

Manfaat digital marketing yang pertama adalah mampu menghapus yang namanya batas wilayah pemasaran dan juga waktu. Artinya, kamu bebas melakukan promosi produk kapan saja dan kemana saja, entah itu mempromosikan produk dalam skala lokal daerah, nasional, atau kancah internasional.

Sistem Closing Penjualan Produk Menjadi Lebih Cepat dan Tertarget

Poin kedua dari manfaat digital marketing adalah sistem penjualan produk kamu menjadi lebih cepat dan tertarget sesuai dengan minat konsumen.

Jadi, dalam pemasaran digital ini, saat kamu akan memasang iklan secara online, kamu bisa menentukan kriteria orang yang seperti apa yang cocok untuk menjadi konsumen kamu.

Dengan begitu, iklan yang kamu buat akan menjadi sangat efisien, tertarget, dan yang paling penting adalah dapat memperoleh penjualan dengan cepat dan mudah.

Memudahkan Dalam Membangun Relasi Dengan Konsumen

Berkat digital marketing, kamu tidak harus bertemu dengan konsumen atau calon konsumen secara langsung guna memberikan mereka layanan (service). Membangun relasi alias membangun engagement erat dengan mereka cukup dengan cara berinteraksi lewat media sosial saja.

Memiliki Potensi Untuk Melakukan Personalisasi Produk Sesuai Target Konsumen

Poin selanjutnya dari manfaat digital marketing adalah kamu memiliki potensi yang sangat besar sekali untuk melakukan personalisasi produk sesuai dengan karakteristik konsumen kamu.

Melalui channel promosi online yang kamu gunakan, kamu bisa sembari melakukan riset profil karakter setiap orang yang tertarik dengan produk atau konten kamu. Setelah riset tersebut selesai, kamu bisa berinovasi menciptakan produk sesuai data riset yang sudah dilakukan tadi.

Mendapatkan Profit Besar Dalam Waktu Yang Sangat Singkat

Manfaat digital marketing yang terakhir adalah kamu mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan profit berkali-kali lipat dalam waktu yang sangat singkat. Walaupun membutuhkan effort yang besar, pemasaran digital adalah strategi paling efisien dan efektif untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan/konsumen/client dan satu-satunya langkah untuk mempromosikan produk tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jenis Digital Marketing

Perlu kamu ketahui, bahwa digital marketing itu memiliki beberapa jenis yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis atau usaha kamu, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing atau SEM adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada promosi produk lewat mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan sejenisnya.

Biasanya, strategi pemasaran digital yang satu ini dilakukan melalui pembuatan website atau situs web, blog, website khusus promosi produk (landing page), pemasangan iklan atau ads placement, dan yang lainnya.

Digital Advertising

Digital advertising atau digital ads merupakan jenis digital marketing yang berupa pemasangan iklan di berbagai media/channel online, baik itu di situs web lain sampai media sosial.

Sekarang ini, ada beberapa media digital ads yang populer dan banyak digunakan untuk melakukan pemasaran digital, salah satunya adalah Google Ads, Facebook Ads, YouTube Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, dan sebagainya.

Social Media Marketing

Jenis yang ketiga dari digital marketing adalah pemasaran media sosial. Kamu bisa menerapkan jenis digital marketing yang satu ini dengan cara memanfaatkan situs-situs atau aplikasi-aplikasi media sosial seperti Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, WhatsApp, TikTok, dan sosmed lainnya yang sesuai dengn target calon konsumen kamu.

Email Marketing

Jenis digital marketing yang berikutnya adalah email alias pemasaran produk melalui surat elektronik (surel). Dengan menggunakan strategi digital marketing ini sangat cocok sekali untuk kamu terapkan oleh usaha dengan model business-to-business atau yang biasa disingkat B2B.

Content Marketing

Content marketing merupakan jenis pemasaran digital dengan sarana berupa konten, entah itu dikemas dalam bentuk tulisan, video, audio, ataupun gambar/banner. Untuk menjalankan content marketing biasanya dilakukan secara berurutan dengan social media marketing, digital ads, dan juga email marketing.

Affiliate atau Dropshipping

Jenis digital marketing yang keenam ada program affiliate atau dropshipping. Untuk metode penerapannya sendiri kamu bisa mengambil keuntungan dari tengkulak online atau istilah lainnya dropshipper sambil membantu mereka mendapatkan profit untuknya.

Customer Service Automation

Jenis digital marketing yang terakhir ada yang disebut otomasi sistem pelayanan konsumen. Dengan adanya otomasi ini mampu membuat perusahaan untuk memperoleh informasi terkait calon konsumen sejak mereka mulai berinteraksi dengan perusahaan atau produk kamu pertama kali.

Nah, setelah itu, informasi-informasi yang berhasil kamu kumpulkan bisa diteruskan kepada customer service secara langsung atau ke bagian SDM penjualan untuk proses closing penjualan.

Strategi Digital Marketing & Contohnya

Sampai sini kamu sudah tahu definisi apa itu digital marketing, kelebihan-kelebihan, dan jenis atau pembagiannya. Satu lagi yang harus kamu tahu adalah strategi – strategi digital marketing dan beberapa contoh penerapannya yang efektif dan efisien.

Berikut di bawah ini adalah beberapa strategi pemasaran online atau digital dan contoh penerapannya yang wajib kamu ketahui.

Search Engine Optimization (SEO)

Strategi digital marketing yang pertama adalah SEO (singkatan dari: Search Engine Optimization) yakni usaha untuk memperoleh lebih banyak pengunjung (visitor) situs web/blog secara organik, tanpa harus memasang iklan di channel online.

Beberapa contoh digital marketing di bidang Search Engine Optimization (SEO) ialah seperti pembuatan artikel yang SEO friendly, memasang backlink di website lain yang memiliki otoritas tinggi, mengoptimalkan kecepatan situs, dan yang lainnya.

Social Media

Yang kedua strategi digital marketing paling populer saat ini adalah aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, Telegram, dan sebagainya.

Contoh penerapan digital marketing di media sosial seperti mengunggah atau mengupload konten potensial secara rutin setiap hari ke akun medsos yang kamu kelola, melakukan endorsement, membangun engagement dengan pengikut (follower), dan masih banyak yang lainnya.

Google dan Social Media Ads

Teknik pemasaran digital yang selanjutnya adalah Google Ads dan juga Social Media Ads. Ketika kamu hendak memasang iklan di media-media periklanan, pastikan terlebih dahulu kalau konten iklan yang kamu pasang harus memiliki pesan atau kalimat persuasif dan target calon konsumen yang tepat. Dengan begitu, iklan yang kamu pasang bisa menghasilkan closing penjualan sesuai ekspetasi kamu.

Penelusuran dan Analisa Data

Ketika akan menerapkan strategi digital marketing apa saja, analisa dan penelusuran data sangat penting sekali untuk kamu lakukan. Keputusan apapun yang akan kamu ambil dalam pemasaran online harus berdasarkan data yang otentik, mulai dari data social media yang akurat hingga kampanye iklan (ads campaign).

Leads Generation

Poin selanjutnya dari strategi digital marketing yang wajib kamu tahu adalah leads generation. Dalam dunia marketing, leads ini bisa diartikan sebagai segala jenis kontak yang bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan konsumen, baik itu berupa nomor handphone, email, sampai akun-akun media sosial.

Agar memperoleh leads yang sesuai dengan target konsumen yang kamu inginkan, kamu harus bisa membuat dan mengolah konten-konten penarik leads (leads magnet), contohnya seperti mengadakan seminar atau membagikan buku secara gratis.

Knowledge Marketing

Knowledge marketing merupakan sebuah strategi marketing dengan cara membagikan informasi yang bermanfaat atau ilmu pengetahuan baru kepada para calon konsumen. Penyebaran pengetahuan ini contohnya seperti email marketing dan membuat buku digital atau ebook lalu membagikannya secara gratis.

Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Perlu kamu ketahui juga kalau digital marketing itu termasuk salah satu jenis strategi dengan teknik penjualan yang paling banyak hingga saat ini. Setidaknya ada 3 (tiga) istilah penjualan yang sering kita dengan pada saat menerapkan strategi mdigital marketing, diantaranya yaitu hard-selling, soft-selling, dan hypno-selling. Untuk definisi dan penjelasan dari ketiga istilah itu akan saya bahas pada artikel yang akan datang.

Itulah pembahasan lengkap dari Gonel mengenai apa itu digital marketing, apa yang dimaksud dengan digital marketing, kelebihan, manfaat, jenis, hingga strategi digital marketing dan contoh penerapannya.

Digital marketing adalah salah satu skill atau kemampuan yang wajib sekali kamu atau tim pemasaran perusahaan kuasai sekarang ini, jadi jangan pernah merasa lelah dan bosan untuk terus mempelajarinya ya!

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait