Cara Belanja di Shopee Luar Negeri

Cara Belanja di Shopee Luar Negeri

Iklan yang sangat menarik, promo besar-besaran, gratis ongkir, dan masih banyak hadiah lainnya yang membuat para netizen merasa puas dan ketagihan belanja online di Shopee.

Yang lebih uniknya lagi, Shopee tidak hanya menawarkan produk-produk dalam negeri saja, tetapi juga menawarkan produk import alias dari luar negeri. Nah, yang sering menjadi kendala, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara belanja di Shopee luar negeri?

Cara Belanja di Shopee Luar Negeri

cara belanja di shopee luar negeri

Jika ditanya, apa sih yang membuat kamu lebih memilih belanja di Shopee luar negeri? Jawabannya setiap orang tentu saja relatif tergantung pada budget dan juga kebutuhannya masing-masing.

Namun, menurut beberapa pantauan yang dilakukan oleh beberapa analis, mayoritas pembeli memilih belanja online di aplikasi Shopee luar negeri karena mereka tergiur dengan harga produk yang murah meriah dan kualitasnya yang bagus.

Produk-produk yang ditawarkan juga sangat beragam sekali, muali dari fashion, tekstil, gadget, makanan, kosmetik, dan sebagainya. Namun, 90% orang yang pengguna yang mengakses Shopee luar negeri ini bertujuan untuk menjual kembali produk tersebut demi mendapatkan keuntungan dari reseller/dropshipper.

Nah, apakah kamu termasuk salah satu pengguna Shopee yang bertujuan seperti itu? Jika memang iya, kamu wajib membaca artikel mengenai cara belanja di Shopee luar negeri di bawah ini:

Login ke Akun Shopee

Sebagai syarat utama untuk bisa belanja online di Shopee luar negeri adalah kamu harus mempunyai akun Shopee terdaftar. Namun jika belum memilikinya, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Jadi, kamu tidak diwajibkan untuk mempunyai kartu kredit atau mata uang dollar untuk bisa berbelanja di sana, karena pihak Shopee sendiri kini sudah menawarkan berbagai macam metode pembayaran menggunakan mata uang Rupiah.

Buat kamu yang belum mempunyai akun Shopee, silakan lakukan pendaftaran di menu register yang tersedia, kemudian pastikan kalau akun kamu sudah berhasil diverifikasi oleh tim Shopee, ya!

Sedangkan buat yang sudah memiliki akun dan termasuk pengguna Shopee yang selalu aktif belanja online, kamu bisa langsung saja masuk/login ke aplikasi dengan menggunakan username/nomor telepon/email dan juga password milikmu.

Pilih Toko Luar Negeri

Bagaimana cara belanja di Shopee China? Mudah banget, kalau kamu tertarik untuk membeli produk dari negara China, kamu cukup mengidentifikasi alamat penjual (seller) dari negara tersebut.

Untuk proses identifikasi alamat seller atau domisili penjual dari luar negeri di Shopee juga terbilang mudah sekali, bahkan dapat kamu lakukan pada saat ngepo-in produk-produknya.

Pilih Produk Yang Kamu Inginkan

Cara belanja di Shopee luar negeri yang ketiga adalah memilih produk yang kamu inginkan. Kamu bisa melakukan belanja secara bebas, baik itu retail atau eceran atau grosir dan tentunya juga bisa memilih metode pembayaran sesuai keinginan.

Silakan lakukan seleksi barang dengan teliti untuk menghindari kerugian nantinya. Saran saya, silakan pilih seller luar negeri yang memiliki tingkat popularitas tinggi baik itu dilihat dari angka penjualannya yang tinggi, rating penjualannya yang bagus dan perhatikan juga review dari pengguna yang sudah melakukan pembelian (bagus atau tidaknya).

Lakukan Pembayaran (Checkout)

Jika kamu sudah merasa yakin dengan produk atau barang belanjaanmu, silakan langsung saja lakukan checkout. Untuk mendapatkan diskon, promo gratis ongkos kirim (ongkir), atau promo lainnya, saya sangat merekomendasikan kamu untuk memilih metode pembayaran menggunakan ShopeePay.

Sebenarnya tidak ada kesulitan dengan cara daftar Shopee luar negeri (internasional), sebab Shopee luar negeri dan juga Shopee Indonesia adalah satu platform yang sama. Yang sering menjadi kendala saat belanja di Shopee luar negeri tidak lain adalah estimasi pengirimannya yang lumayan lama.

Padahal, saat kamu belanja online produk dalam negeri, biasanya hanya membutuhkan waktu 1 – 5 hari kerja saja untuk menerima paket kiriman tersebut. Akan tetapi, untuk produk luar negeri akan memakan waktu yang lebih lama.

Kategori Produk Luar Negeri Yang Dilarang di Shopee

cara membeli barang di shopee luar negeri

Mungkin kamu mengira kalau belanja barang atau produk di Shopee luar negeri itu bebas tanpa kendala. Namun, ada beberapa kategori produk yang memang dilarang untuk dibeli oleh pengguna Indonesia di marketplace Shopee internasional platform, diantaranya ialah sebagai berikut:

Produk Batik

Batik adalah produk pakaian khas Indonesia yang sudah tersebar luas ke berbagai negara di dunia, namun ada banyak pedagang luar negeri yang ikut menjual produk batik dengan beragam alasan.

Menurut tim Shopee, batik sendiri termasuk salah satu produk lokal yang sangat berharga sekali. Oleh sebab itu, pihak Shopee melarang pengguna untuk melakukan ekspor batik di aplikasi atau website Shopee.

Aksesoris Muslim

Aksesoris muslim memang termasuk salah satu produk paling populer di Shopee luar negeri, khususnya di Shopee Malaysia. Sangat disayangkan produk yang satu ini termasuk ke dalam kategori terlarang di Shopee.

Jadi, buat kamu yang gemar sekali membeli produk aksesoris muslim di Shopee luar negeri, sekarang kamu bisa beralih saja untuk belanja ke seller atau penjual dalam negeri.

Produk yang ditawarkan oleh seller Indonesia juga tidak kalah bagusnya, baik dari segi kualitas, varian, dan juga harga. Pokoknya, kamu bisa belanja online produk apa saja di lapak penjual dalam negeri, mulai dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal sekalipun.

Hijab

Baru-baru ini Shopee mengeluarkan kebijakan baru untuk seller luar negeri, yaitu ada beberapa produk yang dilarang untuk masuk ke negara Indonesia, salah satunya adalah hijab (kerudung, bergo, dan lain sebagainya).

Khusus buat kalian warga Indonesia yang sampai sekarang masih mencari cara membeli hijab di Shopee Malaysia, sudah hentikan saja. Mulai sekarang belanjalah di toko-toko dalam negeri, atau kamu bisa belanja produk selain hijab di Shopee Malaysia.

Kebaya

Kamu pasti tahu, kalau Indonesia termasuk salah satu negara yang masih menjunjung tinggi adat dan budayanya, termasuk kebiasaan memakai kebaya pada acara-acara yang bersifat formal.

Shopee kini melarang penjualan produk kebaya dari seller luar negeri dengan tujuan untuk merangkul produsen kebaya di Indonesia. Jadi, buat kamu yang ingin membeli kebaya, kenapa tidak dari seller Indonesia saja?

Akhir Kata

Puas atau tidaknya belanja online di Shopee itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kamu bisa di Shopee Indonesia, China, Malaysia, dan negara-negara lainnya dengan tetap mengikuti peraturan dan kebijakannya. Buka Cuma itu saja, kamu juga harus tetap memperhatikan cara belanja di Shopee luar negeri terbaru dan terupdate yang sudah Gonel.id jelaskan di atas.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait