4+ Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa Tidak Bisa Diunduh

4+ Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa Tidak Bisa Diunduh

Bagaimana sih cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa yang tidak bisa diunduh di Google Play Store? Yuk, simak panduan lengkap cara memperbarui wa yang kadaluarsa di HP Android dan iOS/iPhone berikut ini.

Banyak sekali alasan mengapa orang-orang di dunia kini lebih nyaman menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan mereka.

Salah satunya karena biaya yang di butuhkan jauh lebih murah ketimbang chat menggunakan layanan SMS, karena pesan WA di kirim dengan memanfaatkan jaringan internet seluler.

Layanan SMS masih di kenakan biaya dengan cara memotong pulsa setiap mengirim pesan teks. Kalau WhatsApp itu irit karena menggunakan kuota data internet.

Bukan hanya itu saja, masih banyak kelebihan dan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi WhatsApp yang memiliki segudang fitur tersebut.

Akan tetapi, sering sekali kita menemukan berbagai masalah atau error saat menggunakan WhatsApp. Mungkin kamu pernah mengalami pesan kesalahan “WhatsApp kadaluarsa” dan tiba-tiba tidak di gunakan untuk chatingan. Apa maksudnya dan bagaimana cara memperbaiki wa kadaluarsa tersebut?

Notifikaksi pemberitahuan tersebut muncul karena adanya update versi terbaru dari WhatsApp. Memang aplikasi yang baru-baru ini di akuisisi oleh Facebook ini sering melakukan pembaruan.

Dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman pengguna, mereka mencoba menambahkan fitur-fitur baru dengan layanan terbaik bagi penggunanya dan juga memperbaiki bug di aplikasi.

Nah, ketika ada pembaruan versi WhatsApp terbaru, semua pengguna di paksa untuk melakukan update aplikasi di Google Play Store atau App Store.

Hal ini bertujuan agar semua pengguna memakai aplikasi WhatsApp versi terbaru, dan tidak menggunakan versi lama untuk menghindari terjadinya error pada sistem.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi masalah WhatsApp yang kadaluarsa? Yuk, simak saja langsung ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa Tidak Bisa Diunduh

Agar lebih jelas, kamu bisa mengikuti langkah demi langkah yang mudah untuk mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa di HP Android dari tim Gonel berikut.

Update Aplikasi WhatsApp di Google Play Store

cara memperbarui wa yang kadaluarsa

Tak bisa di pungkiri, cara yang paling mudah untuk mengatasi wa yang kadaluarsa adalah dengan memperbarui aplikasinya ke versi terbaru.

Caranya sangat mudah, kamu cukup membuka aplikasi Google Play Store di smartphone Android atau di App Store (iOS/iPhone).

Selanjutnya, silakan kamu klik kolom pencarian dan masukkan kata kunci “WhatsApp”. Jika sudah muncul aplikasi WhatsApp, silakan kamu klik saja tombol Update atau Perbarui.

Terakhir, kamu hanya perlu menunggu proses instalasi pembaharuan sampai selesai dan aplikasi WA siap untuk di gunakan kembali seperti biasanya.

Baca juga: 3+ Cara Logout dari Twitter di HP Android & Laptop Terbaru

Update Aplikasi WhastApp Melalui Website Resmi

cara mengunduh whatsapp kadaluarsa

Bukan hanya bisa update lewat google playstore saja, ada cara lain untuk memperbarui whatsapp yang kadaluarsa ke versi terbaru yaitu degan mengunduh file APK mentahan di situs web resmi WhatsApp.

Setelah kamu berhasil masuk ke halaman tersebut, silakan unduh aplikasi WhatsApp Messenger APK versi terbaru di sana dengan cara pilih opsi “Unduh Sekarang” atau “Download Now“.

Persyaratan minimum spesifikasi smartphone untuk bisa memasang WhatsApp versi terbaru sudah tertera di sana, yaitu:

  • OS Android 4.0.3 atau yang lebih baru;
  • Di sarankan menggunakan paket data Internet yang tidak terbatas (paket unlimited); dan
  • Perangkat tablet tidak di dukung.

Jika proses download aplikasi sudah selesai, kamu bisa langsung install file APK tersebut seperti biasanya. Terakhir, silakan cek kembali apakah WhatsApp sudah normal kembali atau masih muncul pesan WA kadaluarsa?

Baca juga: 10+ Cara Merangkum Video YouTube Menjadi Teks

Cek Pengaturan Tanggal di HP Android

cara memperbaiki whatsapp yang kadaluarsa

WhatsApp kadaluarsa atau sering terjadi error lainnya itu bisa saja di sebabkan oleh pengaturan tanggal dan waktu di ponsel pintar android kamu yang salah.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjadinya error di aplikasi WhatsApp kamu, silakan atur settingan waktu dan tanggal di HP Android kamu.

Sementara untuk pengaturan waktu dan tanggal di smartphone android pasti berbeda-beda tergantung merek dan seri HP yang di gunakan.

Berikut cara mengatur penanggalan dan zona waktu di HP Xiaomi, untuk merk lain bisa menyesuaikan:

  1. Buka menu Setelan/Pengaturan/Settings.
  2. Pilih opsi “Setelan Tambahan“.
  3. Pilih opsi “Tanggal & Waktu“.
  4. Aktifkan pada opsi “Gunakan waktu yang disediakan jaringan“.
  5. Aktifkan juga opsi “Gunakan zona waktu yang disediakan jaringan“.
  6. Untuk format waktu, kamu bisa pilih opsi “Otomatis (berdasarkan bahasa sistem)“.
  7. Selesai.

Selanjutnya, silakan kamu buka aplikasi WhatsApp dan lihat apakah sudah bisa di gunakan kembali atau masih error?

Baca juga: 3+ Cara Melihat Link Instagram Kita Sendiri di Android

Coba Aktifkan Zona Waktu Otomatis

cara memulihkan whatsapp yang kadaluarsa

Tujuan WhatsApp melakukan update adalah agar aplikasi bisa bekerja lebih baik daripada versi sebelumnya. Namun, tidak sedikit pengguna yang malas melakukan pembaruan karena masih nyaman menggunakan WA versi lama.

Lantas, apakah ada cara agar bisa menggunakan aplikasi WA tanpa harus melakukan update sama sekali? Tentu saja ada, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Kamu cukup memundurkan tanggal di smartphone ke waktu dan tanggal sebelum WhatsApp kadaluarsa.

Mengapa demikian? Pasalnya, WhatsApp akan memeriksa ketersediaan update berdasarkan tanggal pada ponsel penggunanya.

Jadi, ketika kamu memundurkan tanggalnya, maka secara tidak langsung pihak WA akan mengira belum waktunya untuk memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa.

Oiya, sebelum kamu melakukan edit tanggal di perangkat, pastikan kamu sudah mematikan opsi “waktu dan tanggal otomatis” terlebih dahulu.

Jika tanggal kadaluarsa WhatsApp kamu misalkan 31 Agustus 2022, maka kamu bisa memundurkan waktu dan tanggal otomatis kamu dan ubah menjadi tanggal 24 Agustus 2022.

Jangan memundurkan waktu terlalu jauh juga, cukup kamu pundurkan beberapa hari saja atau maksimal satu minggu, ya!

Baca juga: 6+ Contoh Undangan Khitanan Lewat WA, FB, SMS, Word Lengkap

Akhir Kata

Itulah beberapa panduan cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa di HP Android atau iOS yang paling gampang di lakukan jika kamu masih ingin menggunakan aplikasi WA versi lama.

Punya pengalaman menarik tentang aplikasi WhatsApp Mesenger yang kadaluarsa? Yuk, sharing pengalaman kamu di kolom komentar!

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait