Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

Bukan hanya berkembang dengan pesat, sekarang ini teknologi informasi juga ikut mengalami perubahaan yang cepat dari waktu ke waktu. Bahkan, di setiap detik-nya ada saja penemuan-penemuan baru yang bertujuan untuk memperbaiki dan juga menyempurnakan teknologi sebelumnya.

Saat ini, manfaat teknologi informasi bukan cuma bisa digunakan untuk kepentingan organisasi saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan setiap individu alias perorangan.

Bagi organisasi, teknologi informasi bisa dipergunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sedangkan bagi individu/perorangan, teknologi informasi bisa dipakai untuk segala kepentingan yang bersifat pribadi seperti mencari pekerjaan dan lain sebagainya.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

manfaat teknologi informasi dalam bidang bisnis

Dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat seperti sekarang ini, bisa dikatakan kalau teknologi informasi sudah berhasil merambah ke segala bidang, termasuk di bidang bisnis.

Menjalankan bisnis tanpa memanfaatkan teknologi informasi, tentunya tidak akan maju atau tidak akan bisa berkembang menjadi lebih besar, bahkan bisnis yang kamu geluti bisa terancam bangkrut.

Tidak sedikit para pelaku bisnis dan usaha UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu faktor pendukung kemajuan bisnis dan memperoleh keuntungan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan senantiasa memanfaatkan teknologi informasi di bidang bisnis atau usaha yang kamu geluti tentu saja akan memberikan dampak positif yang sangat luar biasa.

Nah, di bawah ini Gonel.id berhasil merangkum beberapa manfaat teknologi informasi dalam bidang bisnis yang penting sekali kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Memunculkan Peluang Bisnis Baru (E-Business)

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju tentunya akan mendorong beberapa wirausahawan berinovasi untuk menciptakan peluang (opportunity) yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan.

Salah satu contoh pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah Google. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kalau hampir semua orang di dunia menggunakan mesin pencari (search engine) Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, dan perusahaan Google sendiri akan mendapatkan banyak keuntungan dari aktivitas tersebut.

2. Menghemat Biaya Produksi dan Biaya Operasional

Tidak dipungkiri lagi kalau kemajuan teknologi dan informasi bisa membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan biaya operasional, sehingga perusahaan bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar karena pengeluaran menjadi minim dan bisa menambah jumlah produksi untuk setiap produknya.

3. Memudahkan Proses Komunikasi dan Monitoring Karyawan

Manfaat teknologi informasi di bidang bisnis yang berikutnya adalah memudahkan proses komunikasi dan juga mempermudah proses monitoring setiap karyawan / Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di perusahaan kamu.

Alhasil, sekarang ini karyawan sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor atau ruang rapat dan berkumpul bersama jika ada hal-hal genting yang harus dimusyawarahkan, cukup lakukan teleconference (video call, zoom meeting, dan lain-lain) untuk bisa berkomunikasi mengenai ide-ide yang akan didiskusikan.

Dengan teknologi informasi yang dimanfaatkan dengan baik, tentunya bisa membuat rapat, meeting, atau briefing menjadi lebih mudah dan praktis, serta tetap bisa mengawasi kinerja setiap karyawan.

4. Mengirim atau Menerima Informasi Menjadi Lebih Mudah

Berkat teknologi informasi, kini untuk mengakses informasi, menyebarkan informasi, atau mempublikasikan berita melalui jaringan internet bisa tersebar luas dengan cepat dan mudah.

Perbedaannya sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan teknologi zaman dahulu yang mana mengirim atau menerima informasi masih mengandalkan pos atau fax.

Kalau sekarang, kita bisa menyebarkan informasi apa saja ke seluruh dunia hanya dengan sentuhan tangan saja, dan bahkan kita bisa berinteraksi secara langsung melalui jaringan komputer.

5. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah

Berkat koneksi internet, kecepatan komunikasi dengan orang-orang yang dituju menjadi semakin cepat dan mudah. Misalnya email yang kini banyak digunakan orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat, voice call, dan video conferencing yang juga turut mempercepat proses berkomunikasi.

Akhir Kata

Jadi, bisa kita ambil kesimpulan bahwa peran perkembangan dan kemajuan teknologi informasi sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari dunia bisnis. Pasalnya, perkembangn teknologi bisa memberikan dampak positif, beragam keuntungan dan juga kemudahan dalam menjalankan bisnis atau usaha.

Akan tetapi, selain bisa memberikan manfaat di bidang bisnis dan bidang-bidang lainnya, teknologi informasi juga ternyata bisa saja disalahgunakan untuk hal-hal yang bisa merugikan orang lain. Oleh sebab itu, manfaatkanlah teknologi dengan bijak dan hal-hal yang positif saja.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait