3+ Cara Cek Touchscreen Samsung Semua Tipe Yang Akurat

3+ Cara Cek Touchscreen Samsung Semua Tipe Yang Akurat

Mengecek LCD adalah prioritas utama ketika Anda ingin membeli ponsel bekas. Salah satunya hp Samsung yang mulai banyak di jual varian second-nya. Sebagai pembeli Anda tidak boleh buru-buru memutuskan memilih sebuah hp, karena harus mempertimbangkan fungsi dari setiap komponennya. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara cek touchscreen Samsung dengan benar di bawah ini.

Tutorial yang admin bagikan bisa Anda terapkan untuk semua tipe hp Samsung. Mulai dari ponsel keluaran lama seperti Samsung J5 2016 ataupun Samsung A32 terbaru.

Cara cek touchscreen Samsung yang paling mudah adalah menggunakan kode rahasia android. Simak uraian lengkapnya dari tim Gonel berikut ini.

Cara Cek Touchscreen Samsung Dengan Kode Rahasia

cara cek touchscreen samsung

Tidak perlu menginstall aplikasi apapun, Anda bisa memastikan touchscreen Samsung normal atau tidak dengan kode rahasia. Ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  1. Pertama, buka menu Telepon atau Panggilan.
  2. Kemudian ketik kode *#0*#.
  3. Nantinya akan muncul menu untuk test hardware Samsung di layar ponsel.
  4. Silahkan Anda pilih menu Touch.
  5. Selanjutnya akan muncul kotak berwarna putih (X).
  6. Tugas Anda sekarang adalah menghubungkan semua kotak kecil yang kosong menggunakan sentuhan jari. Nantinya kotak-kotak tersebut berwarna hijau.
  7. Test ini berfungsi untuk mengecek sensitivitas layar hp.
  8. Apabila Anda berhasil menyelesaikannya, menu ini secara otomatis tertutup.

Tidak hanya untuk mengecek layar sentuh, kode ini juga dapat mengecek sensor, vibration, speaker, RGB (Red, Green, Blue) dan lain-lain.

Baca juga: Cara Screenshot di HP Samsung

Cara Cek Touchscreen Samsung Dengan Aplikasi

cara cek touchscreen samsung

1. Touchscreen Test

Aplikasi pertama ini sudah kelihatan dari namanya, yaitu mengecek kondisi layar sentuh di hp. Anda bisa menginstall secara gratis tanpa harus membayar apapun. Bicara soal ukuran, di jamin tidak menambah sesak memori internal karena cuma 2,1 MB saja.

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk memulainya:

  • Pertama, download aplikasi Touchscreen Test di hp android.
  • Buka aplikasi Touchscreen Test dan klik Start Test,
  • Tekan seluruh bagian layar.
  • Sekarang perhatikan layar hp Samsung Anda, apabila berwarna hijau maka bagian layar tersebut normal. Sedangkan bagian yang sudah di sentuh tetap berwarna putih, kemungkinan besar ia rusak.

Baca juga: Cara Logout Akun Google

2. Draw Apps

Tidak banyak orang yang tahu bahwa aplikasi menggambar di hp android bisa di pakai untuk mengecek touchscreen. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download aplikasi menggambar di Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian usap jari ke semua bagian layar.
  • Periksa touchscreen Anda apakah merespon atau mungkin tidak.

Layar hp Samsung yang normal di tandai dengan merespon semua sentuhan. Sementara itu, bagian yang tidak merespon sentuhan Anda berarti tidak normal. Cara kerja aplikasi ini memang sederhana, namun akurat untuk memberitahu apakah layar hp normal atau sudah rusak.

Baca juga: Cara Melihat Kata Sandi Instagram di Google

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara cek touchscreen Samsung dengan benar. Anda bisa mempraktekkannya untuk mengetahui kelayakan hp bekas yang ingin di beli. Atau mungkin sebagai pengecekan rutin ponsel dan memastikan kondisinya baik-baik saja.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait