Ini Dia 5+ Jenis Asuransi Kendaraan dan Pertanggungjawabannya

Ini Dia 5+ Jenis Asuransi Kendaraan dan Pertanggungjawabannya

Jenis asuransi kendaraan – Asuransi mobil adalah layanan yang di persembahkan kepada pengendara agar lebih tenang jika sewaktu-waktu mengalami kejadian tidak diinginkan. Pasalnya, asuransi akan membantu menanggung biaya yang perlu Anda keluarkan. Jangan buru-buru memilih asuransi mobil cek sekarang, Anda perlu mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan terlebih dahulu.

Sama seperti layanan lain, jasa ini terdiri dari beberapa macam dengan ketentuan yang berbeda-beda. Anda harus memahami sebelum memilih agar sesuai kebutuhan. Uang iuran yang sudah di bayar rutin per bulan tidak mubadzir atau kurang.

Untuk menjamin mobil tetap aman, Anda harus mengenali jenis-jenis asuransi kendaraan kemudian memutuskan ingin memilih produk mana.

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan yang Harus Dipahami Pemula

jenis asuransi kendaraan

Berikut di bawah ini tim Gonel sudah merangkum beberapa jenis asuransi kendaraan atau mobil (car insurance) dan pertanggungjawabannya kepada pemegang polis.

1. Asuransi TLO (Total Loss Only)

TLO adalah asuransi yang menjamin keseluruhan biaya untuk mobil hilang total. Yang di maksud kehilangan total di sini adalah ketika kendaraan mengalami kerusakan 75% sehingga menyebabkannya tidak bisa di perbaiki kembali dan bahkan di kendarai lagi atau hilang karena di curi dengan bukti insiden valid dan dapat di pertanggungjawabkan.

Namun, apabila klaim yang di ajukan oleh klien tidak memenuhi syarat dan kriteria seperti di atas. Maka tidak dapat mengambil jaminan asuransi TLO.

Pemilik kendaraan yang biasa membawa ke luar kota mungkin perlu mempertimbangkan asuransi TLO. Meskipun fitur keamanan mobil sekarang sudah sangat canggih, namun bukan berarti bisa bebas dari risiko pencurian.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Digital Marketing?

2. Personal Injury Protection

Personal Injury Protection atau PIP adalah asuransi yang melindungi khusus pengemudi ketika mengalami kecelakaan diri sendiri pada saat mengendarai mobil. Perusahaan asuransi bahkan bisa memberikan kompensasi berupa biaya tambahan atas kecelakaan yang di alami oleh pengemudi dan penumpang.

Jika bicara soal kecelakaan mobil, kita tidak pernah tahu kapan waktunya bisa terjadi. Untuk berjaga-jaga, memilih produk Personal Injury Protection mungkin bisa menjadi salah satu langkah antisipasi yang tepat.

Baca juga: Apa itu Jasa Content Placement?

3. Liability Insurance

Jenis asuransi kendaraan berikutnya adalah Liability Insurance. Produk ini akan membiayai kecelakaan mobil yang di akibatkan tabrak oleh pengemudi. Ia juga memberikan jaminan tambahan yang berupa biaya tambahan atas cedera pengemudi dan tagihan medis.

Liability Insurance sangat mirip dengan Collision Coverage, namun bedanya ia memiliki jaminan tambahan.

Baca juga: Cara Menjadi Reseller MS Glow

4. Collision Coverage

Asuransi Collision Coverage adalah produk yang di khususkan untuk membiayai kecelakaan mobil yang di sebabkan tabrak pengemudi. Perusahaan akan membiayai kerusakan mobil dan mengganti rugi sesuai harga mobil yang di miliki.

Sehingga, ketika Anda mengalami kecelakaan akibat kesalahan diri sendiri maka bisa mengklaim kepada pihak asuransi. Nantinya mereka akan memberi jaminan kendaraan sesuai harga jual mobil. Produk asuransi ini tidak memberi jaminan tambahan sebagaimana Liability Insurance.

Baca juga: Arti Personal Branding dan Bagaimana Cara Membangunnya?

5. Asuransi All-Risk

Sesuai namanya, produk asuransi ini akan menjamin seluruh risiko buruk yang di alami mobil. Asuransi all risk sangat di anjurkan kepada pemilik kendaraan baru. Sebab, sifat jaminannya bisa melindungi kendaraan secara menyeluruh.

Mulai dari kerusakan ringan yang menyebabkan baret kecil pada mobil, sampai kerusakan berat atau bahkan kehilangan.

Pemilik kendaraan baru umumnya memilih produk asuransi all-risk demi melindungi mobil mereka. Kita tidak pernah tahu kapan masalah menghampiri dan asuransi all-risk membantu Anda sedikit lebih tenang. Pasalnya, segara risiko kerusakan di lindungi pihak perusahaan asuransi.

Baca juga: 8+ Tempat Cuci Mobil Terdekat 24 Jam di Jakarta Selatan

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai lima jenis asuransi kendaraan yang perlu di pahami oleh setiap orang. Selain membedakan apa yang di tanggung oleh perusahaan, jenis asuransi juga menentukan besaran iuran yang di bayar setiap bulan.

Yang paling mahal pastinya produk asuransi all-risk. Hal itu sudah wajar karena memang apapun yang terjadi pada mobil klien sepenuhnya menjadi tanggungan pihak perusahaan. Teruntuk Anda yang mungkin merasa tertarik dengan asuransi mobil all risk bisa di duitpintar.com.

Content Creator | Web Developer

Jika rencananya tidak berhasil, ubah rencananya namun jangan pernah mengubah tujuannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait