100+ Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK

100+ Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK

Mata pelajaran produk kreatif (produktif) dan kewirausahaan termasuk ke dalam salah satu kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini dilakukan supaya lulusan SMK bisa kreatif dan mahir mencari peluang usaha.

Tetapi, yang namanya sekolah pasti saja semua murid diberikan tugas-tugas yang sedikit merepotkan seperti disuruh untuk mencari contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK, lalu kemudian dijadikan referensi untuk membuat produk sendiri.

Saya yakin kalau saat ini kamu juga sedang kebingungan karena harus mencari contoh. Di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan yang lainnya juga banyak situs web sekolahan dan jurnal-jurnal yang membahasnya, tapi kamu malas untuk mencari dan membacanya. Tenang, di Gonel.id kamu akan menemukan semua hal yang kamu butuhkan di bidang bisnis, marketing, maupun teknologi informasi.

Penasaran ingin tahu apa saja contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuatnya? Yuk, simak saja langsung ulasan lengkapnya di bawah ini.

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan TKJ

contoh produk kreatif dan kewirausahaan smk

Buat kamu yang membutuhkan referensi atau contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Berikut ini ada beberapa produk yang berhubungan dengan komputasi dan jaringan, diantaranya adalah:

  1. Membuat robot sederhana
  2. Mesin untuk memanen padi
  3. Robot canggih (*memerlukan biaya yang lumayan besar dan dukungan)
  4. Printer 3 Dimensi (3D)
  5. Lampu belajar dan lampu tidur
  6. Tempat pensil & alat-alat sekolah dari keyboard dan mouse bekas
  7. Charger HP tanpa listrik dari DVD player bekas
  8. Panel surya
  9. Warnet dengan memanfaatkan tenaga surya
  10. Alarm anti maling untuk kendaran (motor, mobil, dan lain-lain)
  11. Mobil mainan atau mainan anak-anak lainnya dari mouse bekas
  12. Kipas angin dari kabel USB bekas
  13. Gantungan kunci dari sendok bekas
  14. Speaker
  15. Smoke alarm
  16. Kipas angin dari kipas PC bekas
  17. Air compressor
  18. Perakitan hardware komputer dan instalasi software
  19. Meja laptop dari case PC bekas
  20. Sandal terapi akupuntur dari keyboard bekas

Bagaimana, banyak bukan contoh-contohnya? Nah, sekarang kamu tinggal pilih saja kira-kira produk kreatif mana yang bisa kamu buat untuk tugas sekolah kamu!

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan Otomotif & TBSM

Jika materi produk kreatif dan kewirausahaan SMK kelas XII menuntut kamu untuk membuat suatu usaha atau produk inovatif, artinya buat kamu yang mengambil jurusan otomotif atau jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), tentunya produk atau usahanya harus berkaitan dengan otomotif juga, ya. Untuk contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Membuat motor listrik sederhana
  2. Motor ramah lingkungan
  3. Mobil listrik sederhana
  4. Mobil ramah lingkungan
  5. Ban motor
  6. Ban mobil
  7. Ban truk
  8. Ban pesawat
  9. Ban Sepeda
  10. Sepeda listrik
  11. Miniatur motor dari onderdil bekas
  12. Mainan dari onderdil bekas
  13. Mesin parut kelapa
  14. Mesin pengiris bawang
  15. Mesin panen
  16. Mesin gabah
  17. Mesin pemotong rumput
  18. Mesin serut tebu
  19. Jam dinding dari gear bekas
  20. Jam dinding dari rantai bekas
  21. Jam dinding dari jari-jari sepeda bekas
  22. Mesin penggiling rempah-rempah & produk konsumsi lainnya
  23. Bikin alat bongkar mesin dari sparepart bekas

Wih, ternyata banyak juga ya contoh produk dan kewirausahaan TBSM. Sekarang, kamu tinggal mengembangkannya saja. Eh, ngomong-ngomong dari daftar di atas, kira-kira bakalan pilih yang mana?

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan Multimedia & RPL

Spesial buat kalian yang sekarang lagi fokus-fokusnya di jurusan Multimedia atau di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), produk kreatif yang bisa kamu ciptakan biasanya berupa perangkat lunak alias software.

Jarang sekali ada siswa-siswi yang menghasilkan produk hardware, karena memang hampir semua pekerjaan kamu didominasi oleh penggunaan gadget, komputer, Desktop PC, smartphone, dan alat-alat sejenisnya.

Nah, untuk produknya sendiri kamu bisa mencoba salah satu dari list berikut ini:

  1. Desain grafis 
  2. Desain logo
  3. Desain banner
  4. Desain poster
  5. Desain selebaran
  6. Desain iklan produk
  7. Infografis
  8. Web depeloper
  9. Game developer
  10. Membuat film dan sinema
  11. Membuat animasi 2D dan 3D
  12. Membuat aplikasi & game android
  13. Membuat aplikasi & game iOS
  14. Membuat software komputer atau laptop
  15. Membuat situs web (website) atau blog
  16. Membuat landing page
  17. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana, sangat keren sekali bukan contoh yang mimin bagikan? Kalau produk yang kamu hasilkan berkualitas bagus, tentu saja akan banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa kamu.

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan Farmasi

Khusus buat kamu yang sekarang sekolah di SMK jurusan Farmasi, biasanya aktivitas sehari-hari kamu tidak jauh dari yang namanya obat-obatan. Jadi, produk kreatif yang dihasilkan juga berkaitan dengan obat tentunya, ya!

Berhubung kamu belum menginjak jenjang kuliah khusus dan belum mendapatkan kepercayaan penuh serta belum mempunyai kapasitas untuk membuat obat dalam, alangkah baiknya kamu mencari jalan keluar yang aman-aman saja, yaitu membuat obat luar atau obat-obatan alami.

Berikut ini beberapa contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK jurusan Farmasi yang bisa kamu jadikan referensi:

  1. Obat gatal
  2. Obat budug
  3. Obat panu
  4. Obat cantengan
  5. Bubuk iritasi
  6. Madu
  7. Yogurt
  8. Jamu
  9. Jus herbal
  10. Minuman sehat
  11. Inhaler
  12. Salep kurap
  13. Salep sakit pinggang
  14. Krim gatal-gatal
  15. Koyo salep atau tempel
  16. Lotion biar glowing
  17. Bubuk sarerang kawung

Cukup cari dan jual produk yang aman-aman saja seperti beberapa obat-obatan yang ada pada daftar di atas. Tidak direkomendasikan untuk obat penyakit dalam, dikhawatirkan bisa terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan Akuntansi

Contoh produk kreatif dan kewirausahaan kelas 11 ataupun kelas 12 SMK yang kamu buat, seharusnya sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Kalau termasuk murid di SMK jurusan Akuntansi, itu berarti produk kreatif yang harus kamu buat harus nyambung alias berkaitan dengan akuntansi.

Intinya, yang ada hitung-hitungan matematika untung rugi begitu lah, wkwk. Oiya, jangan lupa juga untuk memasukkan tabel-tabel yang khas akuntansi banget di dalam produknya, ya.

Seperti materi pelajarannya, biasanya kan kita disuruh buat memilah-milah mana debit dan kredit, arus kas, neraca lajur, jurnal, utang-piutang, saldo, dan lain sebagainya.

Sekarang, coba deh kamu bikin produk kreatif khas anak akuntansi seperti beberapa contoh di bawah ini:

  1. Membuat nota
  2. Membuat buku kas
  3. Membuat buku tabungan
  4. Membuat faktur
  5. Membuat kwitansi
  6. Membuat aplikasi khusus akuntansi (android, Ios, atau Windows)
  7. Menjual buku Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK)

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa membuat produk kreatif dan kewirausahaan SMK yang lain pada bidang yang sedang kamu geluti, pokoknya unlimited! Katanya kreatif kok dibatasi sih, jangan kek gitu lah.

Tapi bisa juga kok kamu membuat contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK yang tidak terbatas pada bidang yang kamu geluti. Kreatif kok dibatasi, ya jangan dong. Contoh produknya bisa seperti di bawah ini.

  1. Hampers
  2. Pot tanaman
  3. Gantungan kunci
  4. Gantungan baju
  5. Celengan
  6. Celengan target
  7. Bros dari kain perca

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Jurusan Lainnya

Pengen yang lebih bebas berkreasi? Berikut ini adalah beberapa contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK yang bersifat umum alias bisa untuk semua jurusan, diantaranya:

  1. Membuat tas
  2. Tas dari bungkus kopi
  3. Tempat untuk menyimpan perhiasan
  4. Kerajinan tangan dari kaset bekas
  5. Lampu hias
  6. Lampu hias dari botol bekas
  7. Meja kaca hias
  8. Aquarium
  9. Bingkai kaca dari pecahan kaca yang sudah tidak digunakan
  10. Hiasan dinding dari kaset bekas
  11. Tempat penyimpanan tisu
  12. Hiasan dinding dari bungkus rokok bekas
  13. Hiasan dinding dari tutup botol
  14. Pagar rumah dari susunan botol bekas
  15. Dan banyak lagi produk kreatif yang lainnya

Itulah beberapa contoh produk kreatif dan kewirausahaan SMK semua jurusan yang bisa kamu jadikan pedoman atau referensi untuk membuatnya. Jika kamu punya ide lain, jangan malu-malu untuk membagikannya di kolom komentar!

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

2 thoughts on “100+ Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait