Yuk, Mengenal Kontribusi PT Sriboga Raturaya di Industri Makanan Indonesia!

Yuk, Mengenal Kontribusi PT Sriboga Raturaya di Industri Makanan Indonesia!

Industri makanan dan minuman adalah sektor yang konsisten meningkatkan realisasi investasi dan berkontribusi besar terhadap PDB (produk domestik bruto) non-migas. Data tersebut merupakan hasil pengamatan dari Kemenperin atau Kementrian Perindustrian. Di Indonesia, salah satu perusahaan atau PT yang bergerak di industri ini adalah Sriboga Raturaya. Selama lebih dari dua dekade ia berkontribusi terhadap industri bahan pangan.

Sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahui, bahwasannya Sriboga adalah merk tepung terigu bernutrisi tinggi. Kita sering melihat iklannya di stasiun TV atau bahkan koran dan media lainnya.

Namun, PT Sriboga Raturaya ternyata memiliki peran penting lain di industri makanan Indonesia. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak pembahasan dari tim Gonel berikut ini.

Mendirikan PT Mulia Inti Pangan dan PT Sriboga Flour Mill

PT Sriboga Raturaya

PT Sriboga Raturaya adalah pionir produksi tepung terigu bernutrisi tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1995. Selama lebih dari dua dekade, produknya berhasil masuk ke pasar Indonesia dan mendapatkan respon baik dari masyarakat.

Permintaan terhadap tepung Sriboga bisa dibilang konsisten dari tahun ke tahun dan bahkan meningkat. Fokus bisnis pertamanya adalah memproduksi bahan pangan, khususnya tepung terigu.

Di masa-masa awal pendiriannya, Sriboga Raturaya memiliki lahan seluas 4 hektar yang berlokasi di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Lahan itulah yang menjadi sumber bahan produksi tepung miliknya.

Produk tepung yang diproduksi PT Sriboga Raturaya mengalami perkembangan dan inovasi seiring berjalannya waktu. Dari yang awalnya hanya tiga produk tepung terigu, yaitu tepung Tali Emas, Pita Merah dan Beruang Biru.

Sekarang ia memiliki 18 varian produk tepung terigu berkualitas dan bernutrisi tinggi bagi masyarakat Indonesia. Dengan pilihan yang lengkap, konsumen bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing. Berkat inovasi yang dihadirkannya, PT Sriboga Raturaya masuk ke dalam jajaran 5 perusahaan tepung terigu terbaik dan teratas di Indonesia.

Selain inovasi yang terus dilakukan, kita bisa melihat bagaimana konsistensi perusahaan dalam memproduksi tepung terigu bernutrisi tinggi. Kualitasnya terus terjaga dari waktu ke waktu, sehingga konsumen semakin percaya dengan brand satu ini.

Pada tahun 2011 lalu, secara resmi PT Sriboga Raturaya mendirikan anak perusahaan manufaktur bahan makanan bernama PT Sriboga Flour Mill. Ia bergerak di bidang inovasi produk tepung terigu khusus.

Perjalanan selama kurang lebih 10 tahun terakhir, PT Sriboga Flour Mill sekarang berhasil menjadi bagian dari lima produsen tepung terigu paling besar di Indonesia. Fokus utamanya adalah memproduksi tepung terigu yang disesuaikan atau terspesialisasi.

PT Sriboga Flour Mill terus mengembangkan produknya sesuai kebutuhan masyarkat. Produk yang dihadirkan bukan hanya satu jenis saja, melainkan meliputi beberapa macam sesuai permintaan konsumen yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga: 10+ Aneka Frozen Food Untuk Jualan Yang Populer di Indonesia

Untuk memperluas jangkauannya di Indonesia, PT Sriboga Flour Mill memperluas jaringan distribusinya ke sejumlah wilayah. Sekarang pendistribusian produk tepungnya meliputi wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Bali.

Pendistribusian produk yang dilakukan oleh PT Sriboga Flour Mill bukan hanya sebatas wilayah lokal saja. Melainkan juga ke wilayah mancanegara.

Beberapa negara di Asia Tenggara yang menjadi pelanggan PT Sriboga Flour Mill adalah Timor Leste, Thailand, Singapura, Filipina, Papua Nugini, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pelanggan global tersebut turut berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan yang semakin pesat seiring bertambahnya tahun. Loyalitas konsumen di Indonesia dan mancanegara sudah terbukti bagus terhadap perusahaan.

PT Sriboga Raturaya bukan hanya memiliki satu anak perusahaan saja, melainkan masih ada satu lagi. Ia bernama PT Mulia Inti Pangan yang sama-sama bergerak di bidang produksi bahan pangan.

Pada awal kemunculannya, PT Mulia Inti Pangan adalah divisi dibawah naungan PT Sriboga Flour Mill. Baru kemudian di tahun 2019 kemarin, mereka memutuskan berdiri sendiri.

PT Mulia Inti Pangan berdiri sendiri karena bergerak di bidang usaha dan kegiatan produksi yang berbeda dengan PT Sriboga Flour Mill.

Jika fokus utama PT Sriboga Flour Mill adalah pengolahan tepung yang terspesialisasi atau disesuaikan, maka PT Mulia Inti Pangan fokus terhadap peningkatan nilai dan manfaat tepung melalui penggunaan teknologi terkini.

Beberapa macam bahan pangan yang dikembangkan oleh PT Mulia Inti Pangan adalah Food Coatings, Fillers and Binders, Seasonings, Marinades, Premix Flour, dan Heat Treated Flour.

Meskipun bergerak di bidang yang berbeda, namun ke-dua anak perusahaan PT Sriboga Raturaya memiliki tujuan yang sama. Yaitu menghadirkan produk bahan pangan bergizi dan terbaik untuk masyarakat.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Yang Terbukti Berhasil

Membawa Masuk Marugame Udon dan Pizza Hut di Indonesia

mengenal PT Sriboga Raturaya

Sebagai perusahaan yang bergerak dan berpengalaman di industri makanan, PT Sriboga Raturaya kemudian berinisiatif menghadirkan dua merk global ke pasar Indonesia. Usaha ini berhasil diwujudkan dengan menggandeng franchise restaurant Pizza Hut dan Marugame Udon.

PT Sarimelati Kencana TBK, salah satu anak perusahaannya dipercaya sebagai partner brand Pizza Hut di Indonesia. Berkat kemampuannya memahami selera konsumen tanah air dan kekuatannya di industri makanan, Pizza Hut berhasil mendirikan hingga lebih dari 5000 outlet.

Selain sukses memperluas outlet di berbagai wilayah, kerjasama ini bahkan menciptakan lini bisnis baru di bidang pengantaran makanan. PT Sarimelati Kencana TBK kemudian memperluas bidang usahanya pada tahun 2007.

Yaitu menghadirkan PHD (Pizza HUT Delivery) yang melayani pesan antar. Kesuksesan dari perjanjian waralaba ini dibuktikan oleh penghargaan yang berhasil didapatkan berturut-turut. Yaitu Asia Franchisee of The Year pada tahun 2007-2009 dan 2011-2013.

PT Sarimelati Kencana TBK kembali meraih penghargaan Franchisee of The Year di tahun 2017.

Baca juga: 18+ Contoh Iklan Elektronik di TV, Radio, dan Internet Yang Menarik

Perjalanan PT Sriboga Raturaya di industri makanan Indonesia semakin berkembang pada tahun 2013. Ia berhasil mengakusisi satu merk global lainnya, kali ini ada Marugame Udon.

Melalui PT Sriboga Marugame Indonesia, perusahaan berhasil menjadi franchise Marugame Udon di tanah air. Pada tahun pertamanya ia membuka gerai di tiga mall besar besar, seperti Kota Kasablanka, Gandaria City, dan Grand Indonesia.

Satu tahun berselang, PT Sriboga Marugame Indonesia memiliki 15 gerai. Perkembangannya dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Terbukti sampai sekarang berhasil membawahi 77 gerai Marugame Udon yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Selain fokus mengembangkan layanan dan gerai kedua restoran waralaba yang dimilikinya, PT Sriboga Raturaya juga mengurus sertifikasi halal. Pada tahun 1997 lalu, gerai Pizza Hut berhasil mengantongi sertifikasi halal MUI.

Sementara itu, sertifikasi halal untuk Marugame Udon di Indonesia didapatkan dua tahun sejak awal kemunculannya, yaitu pada tahun 2015.

Baca juga: PBN (Private Blog Network): Pengertian dan Manfaatnya

Berpartisipasi Membantu Memberdayakan UMKM di Indonesia

PT Sriboga Raturaya memberikan edukasi kepada UMKM di Indonesia

Seperti yang kita tahu, UMKM memegang peran penting bagi ekonomi Indonesia. Khususnya perihal penyerapan tenaga kerja, dimana 97% disumbangkan oleh pelaku UMKM di berbagai bidang.

Untuk membantu memberdayakan UMKM di Indonesia, PT Sriboga Raturaya menghadirkan Sriboga UMKM Center. Aksi nyatanya dimulai dengan menggandeng perkumpulan penjual mie ayam di Jogja pada tahun 2004 lalu.

Dari tahun ke tahun, Sriboga UMKM Center terus menggandeng dan berupaya memberdayakan UMKM di berbagai bidang. Khususnya yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar produksinya.

Pada tahun 2021 lalu, Sriboga UMKM Center menerima 216 UMKM baru dengan produk yang beraneka macam. Seperti kue kering, biskuit, kue bolu, manisan tradisional, mie dan roti.

Sampai sekarang, PT Sriboga Raturaya mendukung 3.502 UMKM yang tersebar di 20 kota Indonesia.

Tukang Share Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *