Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Yang Terbukti Berhasil

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Yang Terbukti Berhasil

Bisnis kuliner atau usaha makanan, ataupun bisnis yang lainnya memang harus di mulai secara terstruktur. Kamu wajib membuat bisnis plan agar usaha modal kecil untung besar yang kamu jalankan bisa jauh lebih jelas arahnya kemana?

Apa itu business plan makanan? Rencana bisnis atau business plan adalah sebuah dokumen tertulis yang di buat untuk mempresentasikan semua informasi tentang bisnis yang kamu jalankan.

Dalam bisnis plan makanan biasanya berisi tentang strategi pemasaran dan penjualan produk secara lengkap, outcome dan income dari bisnis, kondisi keuangan, prospek bisnis, dan informasi lainnya.

Rencana bisnis atau business plan adalah suatu dokumen tertulis, di buat untuk memproyeksikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang di jalankan.

Dalam sebuah business plan biasanya berisi strategi pemasaran dan penjualan bisnis secara detail, income dan outcome dari bisnis tersebut, kondisi keuangan, dan informasi lainnya.

Demi memudahkan kamu dalam menyusun business plan, berikut di bawah ini Gonel.id akan memberikan contoh bisnis plan makanan sederhana dan contoh perencanaan usaha makanan yang terbukti berhasil yang bisa kamu jadikan bahan referensi dan inspirasi.

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana

contoh bisnis plan makanan

Memang sekarang ini bisnis makanan mempunyai prospek yang sangat bagus berhubung kebutuhan manusia terhadap makanan itu tidak ada hentinya.

Apalagi sekarang ini banyak aplikasi pemesan makanan online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats.

Ketika kamu akan membangun bisnis baru di bidang makanan itu tidak boleh asal-asalan alias gegabah.

Alangkah baiknya kamu membuat bisnis plan dan membaca contoh rencana pemasaran produk makanan terlebih dahulu seperti yang akan dijelaskan pada contoh berikut ini.

1. Struktur Organisasi

  • Nama perusahaan: Risol Mayo Rinanose
  • Jenis usaha: makanan ringan
  • Bentuk usaha: manufaktur yang dikelola secara perorangan
  • Alamat perusahaan: Jalan Campaka – Sukanagara, Kab. Cianjur

2. Visi dan Misi Perusahaan

Visi:

“Menjadi perusahaan makanan terkenal di Kabuten Cianjur dan memiliki banyak relasi di negara Indonesia serta lebih mengedepankan prinsip kesehatan dan tentunya bisa lebih bermanfaat bagi sesama.”

Misi:

  1. Menghasilkan produk risol mayo yang lebih enak dibanding produk risol mayo yang dari perusahaan lain.
  2. Memiliki produk yang berkualitas dan mempunyai manfaat bagi semua orang yang mengonsumsinya.
  3. Menjalin kerjasama dan relasi bisnis dengan perusahaan lain di Indonesia sebagai langkah mengembangkan bisnis.
  4. Menjalin komunikasi dengan para mitra dan konsumen secara baik dan ter-integrasi.
  5. Menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi sesama.

3. Deskripsi Usaha

Risol Mayo Rinanose merupakan salah satu contoh rencana usaha (business plan) di bidang makanan atau kuliner, yakni produk risol mayo.

Perusahaan yang satu ini melakukan proses produksi makanan secara mandiri lalu memasarkan produk tersebut agar bisa dikenal oleh khalayak ramai.

Adapun kegiatan produksinya dilakukan di alamat perusahaan, sedangkan kegiatan penjualannya dilakukan di alamat perusahaan dan keliling menggunakan roda.

Demi kelancaran usaha, Risol Mayo Rinanose merekrut dan mempekerjakan beberapa karyawan.

Produk risol mayo yang di tawarkan dan dijual oleh Risol Mayo Rinanose masih termasuk setengah jadi.

Di mana produk risol yang belum matang namun sudah siap untuk digoreng. Jadi, sebelum konsumen mengonsumsinya, kamu harus menggorengnya dulu.

Produk risol yang kami tawarkan bisa bertahan lama dengan syarat harus disimpan di dalam freezer alias kulkas. Walhasil, kamu bisa menjadikannya sebagai stok makanan di rumah.

Risol mayo yang kami jual juga tersedia dalam beberapa varian isi, salah satunya isian ayam, kornet, smoked beef, dan mix.

Risol Mayo Rinanose selalu mengutamakan prinsip higienais dan sangat berhati-hati dalam proses prosuksi, kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, serta tingkat efisiensi bagi semua konsumen.

Harga produk Risol Mayo Rinanose sangat murah dan terjangkau sekali, dengan kemasan yang baik dan rapi sehingga kualitas dan kandungan dalam produk selalu terjaga.

Baca juga: 9+ Ide Jualan Online Yang Cepat Laku dan Bikin Untung Setiap Hari

4. Deskripsi Pembuat Bisnis Plan

  • Nama: Rina Nursyifa Sarah
  • Pendidikan terakhir: SMK Negeri 1 Cianjur jurusan Tata Boga
  • Pengalaman kerja: head chef di restoran Alam Sunda selama ± 5 tahun

5. Segmentasi dan Target Pasar

Mengenai segmentasi pasar, Risol Mayo Rinanose menyasar semua kalangan dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja milenial, orang dewasa, hingga lansia.

Produk risol yang kami jual sangat aman dikonsumsi oleh semua orang dan tidak menimbulkan efek samping.

Bukan hanya itu saja, risol mayo buatan Risol Mayo Rinanose ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan karena terbuat dari bahan-bahan premium yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Akan tetapi, sebenarnya segmentasi atau target pasar Risol Mayo Rinanose lebih ke anak-anak, remaja milenial, dan ibu-ibu rumah tangga.

Alasannya sangat sederhana sekali, karena kalangan ini lebih menyukai camilan atau snack seperti risol mayo.

Berkat pertimbangan itulah produk risol mayo dari Rinanose ini diperkirakan akan laku keras di pasaran dengan konnsumen yang didominasi oleh anak-anak, anak remaja, dan ibu rumah tangga.

6. Estimasi Jumlah Produk Awal Pembukaan Usaha

  1. Harga Satuan: Rp10.000,-
  2. Lokasi: supermarket, minimarket (alfamart, indomart, alfamidi, dll.), Bumdes dan koperasi terdekat
  3. Kuantitas: 250 pcs
  4. Jumlah total: Rp2.500.000,-
  5. Estimasi permintaan pasar setelah ini: dua kali lipat, yaitu sekitar 500 pcs.

Baca juga: 9+ Cara Jualan di Shopee Agar Laku Setiap Hari

7. Kelebihan dan Kelemahan

Produk makanan yang di tawarkan oleh Risol Mayo Rinanose tentunya belum sempurna dan masih memerlukan pengembangan.

Tapi sekarang ini, ada beberapa kelebihan yang memang sudah di miliki oleh produk makanan risol mayo Rinanose, yaitu:

  1. Memiliki beberapa varian rasa yang sangat lezat di banding dengan produk lain.
  2. Terbuat dari bahan-bahan alami dan premium tentunya, serta di olah dengan cara yang higienis agar aman di konsumsi oleh semua kalangan tanpa menyebabkan efek samping buruk bagi kesehatan.
  3. Terbuat dari bahan-bahan segar yang di olah secara higienis dan di kemas dengan kemasan yang kedap udara sehingga kualitas makanan tetap terjaga.
  4. Harga yang kami di tawarkan sangat murah dan terjangkau, namun kualitas tidak murahan dan sekelas produk premium.

Selain memiliki keunggulan, produk Risol Mayo Rinanose juga mempunyai beberapa kelemahan, di antaranya ialah sebagai berikut:

  1. Membutuhkan minyak goreng yang lumayan banyak untuk menghasilkan risol mayo lezat dengan tingkat kematangn yang pas.
  2. Risol mayo rinanose tidak menggunakan bahan pengawet dan tanpa bahan kimia, jadi jika ingin kuat tahan lama harus di simpan di dalam freezer.

8. Detail Produksi

Produk risol mayo rinanose terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, dan air, serta ada tepung panir untuk kulit risolnya.

Sementara untuk isiannya terbuat dari daging ayam, kornet, smooked beef, kentang, wortel, sosis, dan bahan-bahan lainnya.

Yang pertama kali di buat adalah adonan kulitnya terlebih dahulu, kemudian di masak dengan menggunakan teflon anti lengket dan tidak menggunakan minyak.

Setelah kulit risol masak, kemudian membuat isian, lalu isian tersebut di masukkan ke dalam kulit dan di gulung. Kulit yang sudah ada isiannya itu lalu di lumuri dengan telur dan tepung panir.

Selanjutnya, produk tersebut di kemas ke dalam kemasan plastik yang kedap udara dan di bekukan kembali ke dalam freezer. Pokoknya, semua proses produksi yang kami lakukan di jamin higienis.

Baca juga: 6+ Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Minuman Boba Yang Kekinian

9. Strategi Pemasaran

Strategi marketing yang kami lakukan untuk mengenalkan Risol Mayo Rinanose kepada khalayak ramai dilakukan dengan beberapa metode, di mulai dari mulut ke mulut, door-to-door, menggunakan strategi digital marketing, hingga relasi bisnis.

10. Sumber Pendapatan

Dalam satu kali melakukan produksi, Risol Mayo Rinanose itu membutuhkan biaya (cost) sekitar Rp 1.625.000 untuk membeli bahan-bahan baku hingga menjadi produk jadi (siap jual).

Dalam satu bulan itu akan menghabiskan 2 kali produksi dan menghasilkan bruto sebesar Rp 5.000.000,-.

Jadi, keuntungan atau pendapatan bersih yang bisa kami dapatkan adalah sekitar Rp 1.750.000,-.

Baca juga: 29+ Kata Kata Promosi Keripik Pisang, Singkong, dan Tempe Yang Menarik

Akhir Kata

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Demikianlah contoh bisnis plan makanan lengkap yang sederhana dan sudah terbukti berhasil.

Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan inspirasi ketika akan membuat business plan untuk bisnis F&B yang kamu jalankan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengembangkan business plan sample di atas menjadi lebih lengkap dan detail, khususnya pada bagian rencana anggaran pembelanjaan (RAB) dan rancangan pendapatan.

Yuk, buat contoh business plan makanan kamu sekarang juga!

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait