10+ Penyebab Sinyal Tri Hilang dan Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Ada Jaringan

10+ Penyebab Sinyal Tri Hilang dan Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Ada Jaringan

Halo sahabat Gonel, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang penyebab sinyal Tri hilang secara tiba-tiba dan solusi cara mengaktifkan kartu tri yang tidak ada jaringan.

Buat kamu pengguna kartu Tri, pasti pernah ngalamin momen paling menyebalkan ketika sedang asyik browsing di internet, scroll tiktok, membuka link penambah follower ig atau bermain media sosial tiba-tiba sinyal Tri hilang?

Sinyal memiliki peranan yang sangat penting, karena untuk bisa mengakses semua hal yang berkaitan dengan internet dan jaringan itu membutuhkan sinyal.

Jadi, klau sinyal hilang, otomatis smartphone secanggih apapun berasa tidak ada gunanya sama sekali.

Secara umum, penyebab sinyal Tri hilang itu bisa terjadi karena ada beberapa faktor, dan tisak semuanya bisa diatasi.

Misalnya, seperti kartu 3 tidak ada jaringan yang disebabkan cuaca buruk atau sedang ada pemeliharaan sistem (maintenance system).

Jika jaringan Tri hilang karena dua penyebab ini, tidak ada solusi lain untuk memperbaikinya.

Kecuali dengan menunggu cuaca kembali normal dan proses pemeliharaan sistem selesai.

Akan tetapi untuk penyebab kartu Tri tidak ada sinyal lainnya, seperti kartu sim bermasalah, sinyal berada di luar jangkauan, atau kerusakan hardware, itu ada beberapa solusi yang bisa di lakukan sebagai cara mengatasi jaringan 3 bermasalah tersebut.

Penyebab Sinyal Tri Hilang

sinyal tri hilang

Berikut di bawah ini tim Gonel sudah berhasil merangkum beberapa penyebab sinyal Tri hilang dari berbagai sumber di internet yang wajib kamu ketahui.

Yuk, simak saja langsung ulasannya!

1. Cuaca Buruk

Memang benar, hampir semua layanan provider di Indonesia itu sangat bergantung pada cuaca yang bagus agar kartu sim yang digunakan pengguna memiliki sinyal atau jaringan yang stabil.

Jadi, ketika cuaca memburuk, maka sinyal kartu Three bisa saja tiba-tiba hilang, apalagi jika sedang terjadi hujan deras yang diiringi dengan sambaran petir dan mati lampu.

Bukan hanya sinyal kartu 3 saja yang hilang, biasanya hampir semua jaringan telekomunikasi di Indonesia akan mengalami hal serupa juga.

2. Sedang Terjadi Pemeliharaan Sistem

Sedangkan untuk penyebab sinyal Tri hilang tiba-tiba karena hal yang satu ini saya rasa sudah lumrah, karena ketika sedang terjadi perbaikan atau pemeliharan sistem (maintenance system), secara otomatis provider akan memutus semua sinyal di HP pengguna.

Umumnya, proses pemeliharaan sistem ini hanya sebentar, karena setelah pihak provider berhasil memperbaiki kinerja sistem, sinyal akan kembali normal dan kartu SIM bisa digunakan kembali oleh user.

3. Kartu Tri Bermasalah

Salah satu penyebab jaringan Tri bermasalah hari ini itu bisa disebabkan karena kartu sim yang kamu gunakan bermasalah, rusak, atau karena hal lainnya.

Untuk cara mengatasinya, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

4. Daerah di Luar Jangkauan

Buat kamu yang sedang bepergian ke luar, dan tiba-tiba sinyal 3 di smartphone kamu hilang, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan daerah yang kamu kunjungi berada di luar jangkauan.

Kenapa kartu 3 tidak ada sinyal di daerah saya?

Pasalnya, semua provider memiliki daerah atau wilayah jangkauannya masing-masing, termasuk kartu Tri, ya!

5. Hardware Mengalami Kerusakan

Yang terakhir, faktor yang bisa menjadi penyebab sinyal Tri hilang adalah karena terjadi kerusakan pada hardware smartphone atau modem yang kamu gunakan.

Hardware yang mengalami kerusakan bisa mempengaruhi kekuatan sinyal pada handphone android/iphone, maupun modem kamu.

Nah, setelah kamu mengetahui apa penyebab sinyal 3 hilang, sekarang kamu bisa fokus untuk mengatasi kartu 3 tidak ada jaringan tersebut sesuai penyebabnya.

Cara Mengatasi Sinyal Tri Hilang

Ada beberapa cara mengaktifkan kartu tri yang tidak ada jaringan atau lebih tepatnya cara mengatasi sinyal Tri hilang yang bisa kamu lakukan.

Berikut ini tim Gonel.id sudah berhasil merangkumnya dari beberapa sumber dengan penjelasan yang singkat, agar kamu tidak kebingungan dalam mempraktekkannya.

1. Pindah ke Daerah Yang Ada Jaringan Tri

Seperti yang kita tahu, di beberapa tempat atau daerah kadang sinyal Tri bisa saja hilang.

Kita suka merasa kesal dan marah-marah sendiri ketika kartu 3 tidak ada jaringan internet. Terutama ketika sedang membutuhkan Google Maps untuk mencari rute jalan.

Jika terjadi hal seperti itu, silakan kamu cari tempat yang ada jaringan internetnya. Biasanya, daerah yang tinggi atau tempat terbuka miliki sinyal Tri yang bagus.

Maka, kamu bisa mencoba mengatasi sinyal Tri hilang dengan cara pindah ke tempat yang tinggi, atau ke tempat terbuka.

Walalupun sedikit aneh, tapi cara yang satu ini terbukti bisa mengatasi sinyal 4G Tri yang hilang.

2. Cabut Kartu SIM dan Pasang Kembali

Jika daerah di tempat kamu berada memiliki jaringan Tri yang bagus, misalnya teman-teman kamu yang memakai kartu 3 ada sinyalnya sedangkan kartu 3 kamu tidak ada sinyal sama sekali, kemungkinannya kartu SIM yang kamu gunakan bermasalah.

Cara untuk mengatasinya, kamu bisa melepaskan atau mencabut kartu SIM dari HP atau modem, kemudian memasangnya kembali.

3. Bersihkan Cache dan Cookies

Alasan kenapa kartu Tri tidak ada jaringan itu bisa disebabkan oleh file sampah yang menumpuk di HP Android atau iOS kamu.

Untuk itu, silakan bersihkan file sampah (cache dan cookies) aplikasi dari ponsel pintar kamu.

Nah, jika kamu sudah berhasil membersihkan semua file sampah tersebut, lihat apakah sinyal Tri yang hilang sudah kembali normal atau belum?

4. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengaktifkan kartu tri yang tidak ada jaringan alias sinyal hilang yang paling simple dan mudah adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode).

Caranya sendiri cukup mudah, tinggal aktifkan mode pesawat di HP kamu, bairkan beberapa detik, kemudian matikan kembali mode pesawatnya dan lihat apakah sinyal Tri sudah kembali normal?

5. Menghubungi Call Center Tri

Kalau semua cara mengatasi sinyal Tri hilang yang saya paparkan di atas sudah kamu lakukan dan ternyata tidak berhasil, maka solusi terakhir yang paling ampuh adalah dengan menghubungi call center Tri.

Kamu bisa mengajukan pengaduan terhadap semua permasalahan sinyal Tri hilang atau  bertanya kenapa kartu tri tidak ada jaringan hari ini dengan cara menghubungi nomor contact center Tri di 123.

Oiya, kamu akan dikenakan tarif Rp300 per panggilan (bagi pengguna kartu Tri prabayar) dan untuk pengguna pascabayar atau nomor lain, kamu bisa menghubungi customer service Tri di nomor 0896-44000-123.

Semua permasalahan yang sedang kamu alami biasanya akan segera diatasi oleh pihak Kartu Tri setelah panggilan selesai. 

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab sinyal Tri hilang secara tiba-tiba dan juga solusi untuk mengatasinya. Jika memang semua cara sudah di lakukan tapi hasilnya nihil, kamu bisa mencoba cara yang terakhir, yaitu dengan menghubungi call center Tri di nomor 123, ya!

Masih belum berhasil? Coba kamu bawa smartphone beserta kartu SIM kamu ke konter HP terdekat, barangkali hardware atau software ponsel kamu ada yang bermasalah.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait