Bingung Memilih Aplikasi Saham Terbaik? Pake Stockbit Aja!

Bingung Memilih Aplikasi Saham Terbaik? Pake Stockbit Aja!

Aplikasi saham terbaik adalah sebuah platform aplikasi yang mampu memberikan berbagai kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan yang terjamin bagi setiap investor yang berinvestasi di pasar modal secara online.

Buat kamu yang ingin berinvestasi saham di pasar modal Indonesia secara online, sekarang ini sudah banyak aplikasi saham yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk para pemula maupun yang sudah profesional.

Tercatat per hari ini tanggal 25 Juli 2020 ada lebih dari 100 perusahaan efek dan pasar modal yang terdaftar di OJK, salah satunya ialah PT Stockbit Sekuritas Digital.

aplikasi saham terbaik

Sebagai penyedia perusahaan efek, Stockbit menawarkan aplikasi saham terbaik kepada para investor yang ingin bertransaksi atau investasi saham secara online.

Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai fitur, keunggulan dan beberapa alasan mengapa Stockbit layak menjadi salah satu rekomendasi aplikasi saham terbaik di Indonesia.

Saya akan memberikan beberapa informasi tentang apa yang dimaksud dengan saham dan beberapa data statistik mengenai perkembangan investor di pasar modal Indonesia.

Apa itu Saham?

Saham adalah sebuah surat yang menjadi bukti seseorang mempunyai bagian modal dalam suatu perusahaan. Orang yang mempunyai saham tentunya memiliki hak atas sebagian aset perusahaan tersebut.

Sebagai contohnya, jika perusahaan menerbitkan sekitar 10.000 lembar saham, dan kamu mempunyai 2.500 lembar saham di perusahaan tersebut, itu artinya kamu sebenarnya mempunyai 25% kepemilikan aset di perusahaan itu.

Tahukah kamu? Bahwa pemilik saham mayoritas mempunyai hak kendali atas sebuah perusahaan. Jadi, kalau kamu ingin memotori sebuah perusahaan, pastikan kamu memiliki saham terbanyak di perusahaan tersebut.

Pemegang saham juga mempunyai hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan berapa jumlah saham yang dimilikinya di perusahaan tersebut.

Pendapatan dividen ini umumnya bergantung pada keuntungan yang didapatkan dari perusahaan itu sendiri, dan sudah diatur dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan.

Penerbitan saham adalah salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan pendanaan baru atau modal untuk mengembangkan bisnis jangka panjang.

Nah, saham ini bisa diperjualbelikan lewat Bursa Efek dengan harga yang terus berubah-ubah sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan dan juga kondisi ekonomi di negara Indonesia atau dunia.

Jenis-jenis Saham

Setidaknya ada 2 (dua) jenis saham yang wajib kamu ketahui, yakni common stock (saham biasa) dan preferred stock (saham preferen). Berikut penjelasan singkatnya:

1. Common Stock

Secara umum, semua pemilik saham memiliki hak untuk memberikan suara dalam setiap pengambilan keputusan. Pemegang saham juga memperoleh prioritas untuk di dahulukan pada saat perusahaan menerbitkan saham baru.

2. Preferred Stock

Berbeda dengan sebelumnya, jenis yang satu ini tidak memberikan hak kepada pemegang saham untuk memberikan suara ketika pengambilan keputusan strategis, tapi pemegang saham tetap akan mendapatkan prioritas tinggi terhadap aset dan juga penghasilan.

Prioritas yang dimaksud seperti contohnya, pemegang saham preferen (preferred stock) akan memperoleh dividen lebih dulu ketimbang para pemegang saham biasa (common stock).

Perkembangan Investor di Pasar Modal Indonesia

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan investasi saham, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu seperti apa perkembangan investor saham di pasar modal Indonesia?

Berdasarkan laporan data statistik dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Desember 2021, Investor di pasar modal Indonesia, baik itu di segmen pasar modal, reksa dana, C-Best, Surat Berharga Negara (SBN) mengalami pertumbuhan yang signifikan sekali di 4 (empat) tahun terakhir.

1. Investor Pasar Modal

jumlah investor pasar modal

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal sudah berhasil menyentuh angka 7,48 juta investor per akhir Desember 2021.

Jumlah ini mencatatkan kenaikan 92,99% secara tahunan dari posisi terakhir bulan Desember 2020 yang hanya sebesar 3,88 juta saja.

2. Investor Reksa Dana

jumlah investor reksa dana

Jumlah investor reksadana juga ikut meningkat yang mana jumlahnya sudah berhasil mencapai angka 6,84 juta per Desember 2021. Jumlah tersebut naik drastis dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai angka 3,17 juta investor atau persentasi pertumbuhannya mencapai 115,41%. 

3. Investor C-Best

jumlah investor c-best

Tidak mau kalah dari reksadana, jumlah investor C-Best juga berhasil mencatatkan kenaikan jumlah investor yang signifikan. Per akhir Desember 2021, jumlahnya mencapai 3,45 juta atau meningkat 103,60% dibanding tahun sebelumnya.

4. Investor Surat Berharga Negara (SBN)

jumlah investor sbn

Terakhir, jumlah investor yang berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) juga tercatat mengalami perkembangan pesat, bahkan mencapai 32,75% secara tahunan. Yang awalnya hanya sekitar 611.143 investor (2020), kini tumbuh menjadi 629.872 investor (2021).

Mengenal Stockbit: Aplikasi Saham Terbaik di Indonesia

investasi saham

Sekarang ini ada banyak sekali perusahaan efek yang menawarkan aplikasi saham terbaik ciptaannya yang dapat di gunakan oleh pengguna untuk bertransaksi atau investasi di pasar modal Indonesia secara daring.

Buat kamu yang akan berinvestasi, pastikan untuk memilih aplikasi saham terbaik yang aman dan terpercaya, dan yang paling penting wajib terdaftar di Bursa Efek serta di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bukan hanya itu saja, kamu juga wajib memprioritaskan aplikasi trading saham yang mempunyai fitur dan layanan yang lengkap. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, dan pastinya agar investasi kamu 100% terjamin keamanannya.

Kabar gembira buat kamu yang sedang mencari aplikasi saham terbaik di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kalau ternyata ada aplikasi trading saham terbaik yang bernama Stockbit.

1. Stockbit Adalah

Stockbit adalah media sosialnya para investor pemula dan profesional. Di dirikan oleh Wellson Lo dan Johny Susanto pada tahun 2013.

Stockbit terus berusaha menjadi aplikasi yang bisa mengumpulkan review dan analisis tentang saham dari investor.

Seiring berjalannya waktu, kini Stockbit sudah berhasil menjadi aplikasi saham terbaik yang memiliki power di pasar saham profesional.

Riset dan analisa saham yang di lakukan oleh pengguna, pada akhirnya akan menjadi faktor pembantu untuk mengambil keputusan dalam investasi pengguna itu sendiri.

Nah, keunggulan pada bidang User Generated Content (UGC) inilah yang berhasil membuat aplikasi Stockbit berbeda dengan aplikasi lainnya.

Stockbit berhasil menjadi salah satu rekomendasi aplikasi saham yang terdaftar dan diawasi OJK untuk investor pemula maupun professional.

Pasalnya, aplikasi ini menawarkan layanan learning investment dan fitur-fitur lengkap yang menarik, termasuk professional tools.

Bukan hanya itu saja, Stockbit juga mempunyai komunitas online yang memungkinkan para investor untuk saling berdiskusi satu sama lain mengenai transaksi saham secara online.

Sebagai aplikasi saham terbaik, Stockbit juga sudah membawakan fitur pengamanan transaksi yang canggih bernama Touch ID.

Dengan hadirnya Stockbit, masyarakat bisa memahami apa yang dimaksud dengan saham dan apa keuntungannya berinvestasi saham.

2. Gambaran Umum

Untuk mencoba aplikasi Stockbit kamu bisa membuka situs web resminya di stockbit.com atau download dan install aplikasi Stockbit di Google Play Store atau App Store.

Kemudian lakukan pendaftaran akun menggunakan email atau login menggunakan akun Facebook.

Jika sudah berhasil mendaftar, kamu bisa langsung masuk saja ke dasbor aplikasi.

Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk proses verifikasi akun.

Penting, satu akun hanya bisa menggunakan satu nomor telepon, ya. Lalu, kamu akan menerima kode OTP melalui SMS, kemudian masukkan kode tersebut pada kolom verifikasi.

3. Akun Premium

Tidak sedikit yang bertanya bagaimana cara mendapatkan akun premium di Stockbit? Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkannya, yaitu:

  • Membayar biaya bulanan untuk layanan akun premium ke Stockbit; atau
  • Membuka akun Sinarmas Sekuritas dan melakukan deposit awal sebesar Rp5.000.000,-.

Oiya, uang deposit hanya sebagai syarat saja. Jadi, uang yang Rp5.000.000 tersebut masih tetap 100% milik kamu dan bisa kamu tarik kapan saja jika diperlukan.

Saran saya sih kamu ingin mendapatkan akun premium, gunakan saja cara yang kedua. Memang deposit uang 5juta itu berat, tapi ini hanya sekedar deposit saja seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya.

Setelah mendapatkan akun premium dan menikmati semua fitur dan layanan premiumnya, kamu bisa menarik kembali uang deposit dari aplikasi saham terbaik tersebut.

Fitur Stockbit Basic

Berikut adalah beberapa menu dan fitur aplikasi Stokbit untuk pengguna biasa yang bisa memudahkan kamu untuk berinvestasi saham di pasar modal Indonesia secara daring.

1. Update Status

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, kalau Stockbit media sosial khusus para investor, dimana para investor bisa update status layaknya Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Akan tetapi, ada kelebihannya, lho!

Ketika kamu update status, dan statusmu itu di nilai bermanfaat bagi investor lain, maka investor lain dapat memberikan kamu uang tip lewat GoPay. Mantap sekali, bukan? 

Misalnya, jika kamu memposting hasil analisa kamu terkait prediksi saham emiten Z akan naik dan ternyata hal itu beneran terjadi, maka investor yang mendapatkan keuntungan dari kenaikan saham Z tersebut bisa saja memberikan uang tip buat kamu.

Dalam fitur “Update Status” ini ada 6 (enam) kategori yang bisa kamu sesuaikan, diantaranya ada News, Ideas, Report, Chart, Prediction, dan Insider. Kamu dapat memilih yang mana saja untuk kamu baca dan pelajari.

2. Chatting

Ketimbang belajar saham secara otodidak di internet, mendingan kamu belajar bersama para investor lain yang jago dan berpengalaman di aplikasi saham terbaik menggunakan fitur chatting ini.

3. Watchlist

Fitur yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menampilkan saham apa saja yang ingin muncul di dashboard, agar kamu bisa dengan mudah memantau pergerakan harga sahamnya.

Fitu ini juga memiliki shortcut buy/sell yang memungkinkan kamu untuk membeli saham atau menjualnya dengan cepat dan mudah.

Dengan fitur Watchlist ini kamu juga dapat menambah sub-kategori watchlist. Misalnya kamu ingin menambahkan kategori Nikel-Emas atau apa saja, kamu bisa kostumisasi sendiri di sana dengan nama kategori sesuai keinginanmu.

4. Orderbook

Fitur yang satu berfungsi untuk menampilkan jumlah supply and demand setiap daftar harga pada tiap-tiap perusahaan efek secara real time. Uniknya, orderbook ini bisa menampilkan lebih dari satu perusahaan, lho!

Kamu bisa menambahkan kategori dengan nama yang bebas sesuai keinginanmu. Setelah tersimpan, kamu bisa membuka orderbook ini kapanpun dan dimanapun untuk memantau semua transaksi saham yang sebelumnya sudah dipilih.

5. Screener

Screener pada aplikasi Stockbit berfungsi untuk memfilter emiten berdasarkan karakteristik yang kamu pilih sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih mudah dalam memilih emiten yang sesuai.

Pasalnya, jumlah emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia itu ratusan bahkan ribuan, dan saya rasa tidak mungkin kamu bisa memilah dan memilih emiten tersebut satu persatu, yakan?

Dalam menentukan karakteristik, kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan analisis teknikal dan analisis fundamental, contohnnya “Moving Average Cross Up” maka Screener akan menampilkan emiten yang indikator teknikal MA-nya sedang berpotongan ke arah atas.

Atau seperti “PBV yang lebih dari 1” maka secara otomatis Screener akan menampilkan perusahaan efek yang memiliki rasio PBV dengan nilai lebih dari 1.

6. Helpdesk

Fitur inilah yang paling disukai para investor, baik itu pemula maupun profesional. Stockbit yang notabenya sebagai aplikasi saham terbaik di Indonesia menyediakan fitur Helpdesk atau Bantuan.

Fitur ini bisa dimanfaatkan investor untuk meminta bantuan Customer Service jika mendapatkan masalah/kendala atau hal lainnya yang memang belum dipahami oleh investor, dan nanti CS Stockbit akan langsung membantu menyelesaikannya.

7. Stream Saham

Fitur ini sedikit berbeda dengan aplikasi trading crypto dan trading saham yang lain. Umumnya, di aplikasi saham yang lain fitur ini hanya berisi data saja.

Sedangkan di aplikasi Stockbit ada stream saham-nya. Mirip-mirip media sosial yang mana para investor bisa saling bertukar pendapat, diskusi, analisis secara pribadi atau menulis prediksi untuk diposting.

Namun, kamu harus selalu berhati-hati, karena kadang-kadang kamu bisa terpengaruh oleh mindset dan hasil analisis orang lain, bahasa gaulnya kena pompom, hehe.

Tertarik? Tapi hati-hati ya. Kadang kita bisa terpengaruh dengan mindset dan analisis orang lain, aliasnya kena pompom.

Buat yang baru terjun ke dunia investasi saham, coba kamu baca beberapa strategi investasi saham bagi para investor pemula.

Fitur Stockbit Pro Tools

Khusus bagi investor yang memiliki akun Stockbit Premium, bisa menikmati berbagai jenis fitur-fitur profesional untuk mendukung investasi saham kamu, diantaranya sebagai berikut:

1. Financials

rekomendasi aplikasi saham terbaik

Fitur financials Stockbit ini bisa memudahkan kamu dalam menganalisis emiten dari sisi laporan keuangannya.

Laporan keuangan tersebut bisa ditampilkan dalam periode Quarterly (per 4 bulanan), Tahunan, YTD (tahun berjalan), 3 Tahunan, dan yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, ada juga fitur Key Ratio yaitu sebuah data analisis formula perbandingan daripada laporan keuangan tersebut, misalnya perbandingan total laba dengan total beban perusahaan, PBV, EPS, PER, dan lain sebagainya.

2. Keystats

aplikasi investasi saham terbaik

Fitur aplikasi saham terbaik dari Stockbit yang kedua berisi analisa yang lebih mendalam berupa rasio-rasio tertentu dari suatu emiten saham.

Semua fitur rasio yang kamu butuhkan untuk melakukan analisa fundamental ada di halaman yang satu ini, bahkan untuk yang lebih detail kamu bisa memfilter dengan kurun waktu mingguan.

Informasi yang bisa kamu dapatkan dengan fitur ini seperti valuasi perusahan, arus kas, level hutang dan yang terakhir devidend.

3. Fundachart

trading saham

Fundachart merupakan salah satu fitur yang bisa memudahkan pengguna dalam membuat visualisasi dan mempelajari trens dari data fundamental perusahaan.

Fitur fundachart ini memiliki 3 (tiga) tools yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan investasi saham, yakni PE Standard Deviation Band, PE Price Band, dan juga PBV Standard Deviation Band.

Berikut penjelasan mengenai ketiga tools tersebut:

  1. PE Standard Deviation Band berfungsi untuk melakukan valuasi saham dan mengetahui apakah saham perusahaan yang kamu analisa sudah murah atau mahal, dilihat dari segi PE Ratio historical-nya.
  2. PE Price Band adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat secara langsung apakah harga saham perusahaan tersebut saat ini sedang murah atau mahal berdasarkan harga yang sesuai dengan PE rasio saham tersebut.
  3. PBV Standard Deviation Band berguna untuk mengetahui tren harga saham berdasarkan berdasarkan historikal Price to Book Value Ratio-nya. Nanti, kamu bisa melihat apakah harga saham tersebut murah atau mahal.

4. Chartbit

fitur aplikasi saham stockbit

Nah, kalau yang satu ini adalah sebuah fitur untuk melihat grafik harga saham berupa rentetan candle stick atau chart.

Data yang ditampilkan di Chartbit adalah data harga saham saat ini alias real-time, ya!

Banyak fitur-fitur lainnya yang yang ada di menu Chartbit seperti:

  1. 15 Tahun Price History: untuk melihat tren harga saham hingga 15 tahun ke belakang, ini berguna buat kamu yang ingin menganalisa tren pertumbuhan harga dalam jangka panjang.
  2. Bandarmologi: untuk mempelajari dan mendeteksi pergerakan bandar, kamu bisa menggunakan indikator bandarmologi untuk mempelajari akumulasi dan juga distribusi para bandar saham.
  3. Corporate Action Event: untuk memantau pergerakan harga saham ketika ex date dari corporate action yang dilakukan, seperti stock split, pembagian dividen, atau atau right issue.
  4. 100+ Technical Indikator: ada seratus indikator yang siap kamu gunakan untuk mempertajam analisa teknikal (technical analysis) kamu. Salah satu yang paling populer seperti Moving Average, RSI, MACD, hinga indikator khusus dari Stockbit seperti Bandarmologi dan Foreign Flow.
  5. Foreign Flow: untuk memantau pergerakan dana asing pada saham perusahaan pilihan kamu, lihat apakah net in-flow atau out-flow. Kamu juga bisa mempelajari seberapa kuat dana asing tersebut pada saham itu.

5. Price Alert

aplikasi belajar investasi saham

Price alert adalah sebuah fitur smart notification yang akan mengirimkan notifikasi real-time pada saat harga saham sudah menyentuh harga yang sudah kamu tentukan. 

Notifikasi pintar ini akan dikirimkan secara real-time di smartphone kamu melalui push notification sesuai harga di bursa efek, alhasil, kamu tidak akan ketinggalan momentum.

6. Screener

aplikasi saham yang menguntungkan

Screener adalah salah satu Stockbit pro tools yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari dan memilih saham perusahaan yang berkualitas dengan cepat dan mudah sesuai yang kamu inginkan. 

Aturan screening ini bisa kamu buat sendiri dengan ratusan kriteria yang disediakan di sana, atau kamu bisa menggunakan preset screener dengan kriteria yang telah dibuat oleh para guru saham terkenal di dunia.

7. Seasonality

aplikasi saham ojk

Fitur aplikasi saham terbaik yang satu ini bisa membantu para investor pemula untuk mengetahui trend harga saham dari suatu emiten.

Trend ini bisa diurutkan berdasarkan kecenderungan naik dan turunnya harga di bulan apa saja.

Jadi, para investor dapat menganalisa tren harga berdasarkan kecenderungan pada bulan-bulan tertentu.

Berkat bantuan tools yang satu ini, kamu bisa melihat kebiasan harga sama bergerak di bulan apa saja? Bahkan bisa melihat sampai 15 tahun ke belakang.

8. Earnings

aplikasi trading saham terbaik indonesia

Tools yang satu ini memungkinkan kamu untuk melihat laporan laba bersih emiten tertentu dalam setiap periode. Selanjutnya, kamu bisa membandingkan laba bersih yang di rekap dan di laporkan oleh perusahan dengan estimasi para analis saham terkenal.

Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa membandingakan rekapan laba bersih pada kuartal saat ini dengan kuartal yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana, menarik sekali bukan?

9. Comparison

aplikasi saham modal kecil

Comparisan Tools adalah fitur aplikasi Stockbit yang bisa membantu kamu dalam membandingkan emiten pilihanmu dengan emiten lainnya yang sejenis secara langsung.

Alhasil, sangat memudahkan kamu ketika sedang mencari perbandingan emiten yang sesuai.

Dengan banyaknya pilihan rasio dan juga financial metrics, tentunya akan lebih memudahkan proses komparasi emiten dari berbagai jenis aspek rasio secara detail.

Apalagi ada tambahan angka rata-rata untuk setiap sektor emiten dan industri terkait, sebagai faktor pembanding dalam membantu kamu memilih emiten yang paling sesuai dengan profil risiko.

Keunggulan Aplikasi Saham Stockbit

Selain memiliki fitur lengkap dan layanan yang menarik, Stockbit juga mempunyai banyak keunggulan yang berhasil membawanya menjadi aplikasi trading saham terbaik Indonesia, beberapa kelebihan aplikasi Stockbit:

1. Fee Jual Beli Saham Termurah

Sekarang kamu bisa menikmati kemudahan jual beli saham melalui website dan aplikasi Stockbit.

Biaya broker yang dikenakan Stockbit jauh lebih murah dan terjangkau ketimbang perusahaan sekuritas yang lainnya.

Di Stockbit, fee beli saham hanya 0.1% dan fee jual cuma 0,2% sudah termasuk biaya broker, PPN biaya broker sebesar 11%, PPH final untuk transaksi jual 0,1%, dan biaya levy (BEI, KSEI, dan KPEI) sebesar 0,0043%.

2. Proses Buka Rekening Saham Tidak Ribet

Saat ini, membuat rekening saham tidak perlu ribet lagi ngurus dokumen-dokumen persyaratan yang njelimet, kamu cukup mengunakan smartphone saja.

Berkat kecanggihan teknologi, sekarang kamu sudah bisa membuka rekening saham online tanpa ribet di Stockbit, bahkan saat registrasi awal kamu tidak perlu upload dokumen fisik (*bisa menyusul setelah pendaftaran berhasil).

Proses pembukaan rekening saham di Stockbit hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja dengan syarat-syarat yang simpel, yaitu kartu identitas diri asli / e-KTP, swafoto, dan rekening tabungan.

3. Tidak Ada Minimum Deposit

Pada beberapa perusahan sekuritas yang lain, pengguna diharuskan untuk deposit dengan minimum tertentu ketika RDN berhasil dibuat, berkisar antara Rp100.000 sampai dengan Rp10.000.000,-. Tapi, di Stockbit tidak ada minimum deposit!

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Stockbit layak disebut-sebut sebagai aplikasi saham terbaik 2022 di Indonesia.

4. Pesan Saham IPO Secara Instan

Selain tanpa minimum deposit, kamu juga bisa memesan saham IPO secara langsung melalui fitur yang bernama e-IPO milik Stockbit.

Ketika kamu melakukan pembelian saham IPO, aplikasi Stockbit akan memproses pesanan tersebut sampai selesai. Jadi, kamu tidak perlu pindah aplikasi dan proses ini tidak membutuhkan persyaratan khusus.

5. Komunitas Saham Terbesar di Indonesia

Stockbit adalah salah satu komunitas investasi saham terbesar di Indonesia. Stockbit memberikan ruang kepada para investor dan juga trader untuk berdiskusi, berbagi ide dan informasi seputar keuangan secara real-time. Bahkan, sampai saat ini sudah lebih dari 100.000 investor yang telah bergabung.

Setiap pengguna bisa membuat profil atau mengikuti saham tertentu atau mengikuti investor senior favoritnya untuk memperoleh berita dan informasi berharga ataupun saling bertukar ide.

Fitur utama Stockbit untuk mendukung kegiatan ini ialah yang bernama stream yang terdiri dari grafik saham, ide-ide menarik, link dan data finansial lainnya.

Stockbit selalu memaki tanda “$” tepat sebelum kode saham yang berfungsi sebagai penandaan ide untuk memudahkan pengguna pada saat mencari informasi terkait saham individu tertentu. 

Stockbit memang dirancang dengan fitur dan layanan yang terfokus dengan keperilakuan investor dan trader sehingga sering dinobatkan sebagai social media khusus investasi.

Selain memiliki kelebihan, stockbit juga memiliki kekurangan yang wajib kamu ketahui. Yuk, baca kelebihan dan kekurangan aplikasi Stockbit yang wajib diketahui.

FAQ: Aplikasi Saham Terbaik dari Stockbit

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh para pengguna di internet tentang aplikasi saham dari Stockbit:

1. Apakah Stockbit Real Time?

Stockbit sudah bekerjasama dengan Sinarmas Sekuritas (Simas) untuk dapat digunakan transaksi secara real time melalui aplikasi Stockbit.

Keduanya hadir dari perusahaan berbeda yang menjalin kerjasama saja. Simas bertujuan untuk menambah nasabah, sedangkan Stockbit dapat memperoleh fitur untuk transaksi jual beli saham secara real time.

2. Bagaimana Cara Trading di Stockbit?

Cara trading di aplikasi saham terbaik Stockbit sangat mudah, yaitu:

  1. Unduh dan install aplkasi Stockbit di Google Play Store dan Apple App store.
  2. Lakukan pendaftaran akun.
  3. Buka halaman order saham.
  4. Pilih saham apa yang ingin kamu beli.
  5. Masukkan jumlah lot dan harga saham yang ingin dibeli.
  6. Lakukan pembayaran.
  7. Cek kembali apakah pembelian sudah berhasil.
  8. Selesai.

3. Berapa Lama Dana Masuk ke Stockbit?

Sesudah kamu berhasil melakukan deposit, maka saldo RDN kamu akan bertambah kurang lebih dalam waktu 10 menit.

Sedangkan untuk deposit yang dilakukan setelah lewat pukul 21.00 WIB maka dana akan masuk esok hari sekitar pukul 08.00 WIB.

4. Berapa Minimal Deposit di Stockbit?

Di aplikasi saham terbaik milik Stockbit siapa saja bisa membuka rekening efek dengan mudah dan cepat untuk memulai investasi saham sesuai modal yang dimiliki, karena tidak ada minimal deposit di Stockbit.

5. Apakah APK Stockbit Aman?

Stockbit adalah aplikasi trading saham terbaik dan terpercaya. Semua jenis transaksi yang dilakukan di aplikasi akan melewati perusahan Stockbit Sekuritas yang sudah terpercaya, serta terdaftar dan diawasi OJK dengan nomor izin operasi KEP-132/PM/1992.

6. Apa Keuntungan Stockbit?

Salah satu kelebihan aplikasi Stockbit adalah kemudahan membuka rekening efek secara online, tidak ada minimum transaksi, fee transaksi atau komisi sangat kompetitif, memiliki fitur lengkap, terdaftar dan diawasi OJK.

7. RDN Stockbit Bank Apa?

Sekarang ini, Stockbit hanya menyediakan 2 (dua) opsi pembuatan rekening dana nasabah (RDN), yakni RDN BCA dan RDN Bank Jago.

8. Apa itu Virtual Trading di Stockbit?

Stockbit Virtual Trading adalah sebuah fitur terbaru yang menarik dari Stockbit yang berguna untuk melakukan simulasi trading saham dengan kondisi pasar yang real.

Berkat adanya fitur ini kamu bisa memulai membeli saham yang diinginkan dengan modal uang virtual atau demo sebesar 100 juta Rupiah yang akan diberikan ketika awal masuk ke Stockbit Virtual Trading.

9. Berapa Biaya Transaksi Stockbit?

PT. Stockbit Sekuritas Digital atau yang terkenal dengan nama aplikasi Stockbit memiliki kebijakan khusus mengenai fee trading saham, yaitu fee jual saham sebesar 0,20% dan fee beli saham sebesar 0,10%.

10. Berapa Biaya Levy Stockbit?

Biaya levy di aplikasi trading saham terbaik Stockbit meiputu BEI, KPEI, KSEI adalah 0,043%.

11. Apakah Stockbit Ada Akun Demo?

Stockbit juga menyediakan akun demo trading saham. Dengan fitur demo virtual saham, calon investor atau calon trader bisa mempelajari trading saham terlebih dahulu sebelum benar-benar berinvestasi di pasar modal.

12. Bagaimana Cara Melihat Running Trade di Stockbit?

Untuk melihat tading yang sedang berjalan (running trade), riwayat atau history transaksi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Melalui Website Stockbit

  1. Login ke akun trading milikmu.
  2. Masuk ke “Trading Area“.
  3. Pilih opsi “History“.
  4. Pada halaman tersebut, kamu akan melihat daftar riwayat transaksi dan running trading selama 1 bulan terakhir, 3 bulan terakhir, bahkan 1 tahun terakhir.
  5. Selesai.

Melalui Aplikasi Stockbit

  1. Buka aplikasi Stockbit.
  2. Login ke akun trading kamu.
  3. Pilih opsi “Portofolio“.
  4. Pilih “History“.
  5. Pada menu tersebut, kamu akan melihat semua riwayat transaksinya.
  6. Selesai.

Akhir Kata

Sampai saat ini, Stockbit terus berusaha melakukan inovasi dengan menghadirkan teknologi-teknologi modern yang canggih agar bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan, serta memberikan rasa aman yang tinggi kepada para investor maupun calon investor yang ingin berinvestasi di pasar modal dalam sebuah aplikasi mobile.

Berkat fitur dan layanan yang lengkap serta beberapa keunggulannya yang menarik, Stockbit layak menjadi rekomendasi aplikasi saham terbaik di Indonesia yang terdaftar dan diawasi OJK.

Tertarik untuk membuka akun rekening sekuritas secara online? Yuk, download aplikasi Stockbit di Google Play Store atau App Store dan buat rekening saham online kamu!

Tunggu apalagi? Yuk, unduh Stockbit sekarang juga untuk memulai investasi saham dengan modal kecil secara daring!

Content Creator | Web Developer

Jika rencananya tidak berhasil, ubah rencananya namun jangan pernah mengubah tujuannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait