11+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Gambarnya

11+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Gambarnya

Pernahkah kamu melihat iklan yang tidak memiliki pesan komersial sama sekali di dalamnya? Nah, itulah yang di sebut sebagai contoh iklan layanan masyarakat. Umumnya, iklan yang satu ini berisi kegiatan sosial atau kampanye program-program dari pemerintah yang berguna bagi warga masyarakat.

Sebagai contohnya, selama masa pandemi virus corona (Covid-19), semua media massa, media cetak, media elektronik, dan media online di penuhi dengan iklan pemberitahuan yang berisi tentang pentingnya mencuci tangan, memakai hand sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak (social distancing).

Tujuan gambar iklan layanan masyarakat tersebut tentu saja agar masyarakat selalu mengingat akan bahaya covid-19 dan untuk memutus rantai penyebaran virus corana tersebut.

Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi contoh iklan layanan masyarakat tentang kesehatan, hemat energi, jangan buang sampah sembarangan, dan yang lainnya.

Akan tetapi, sebelum Gonel.id membahas itu, saya akan menjelaskan secara singkat dengan definisi apa itu iklan layanan masyarakat, jenis dan bentuknya seperti apa?

Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan Layanan Masyarakat?

contoh iklan layanan masyarakat

Banyak di antara kalian yang belum mengetahui apa itu iklan layanan masyarakat? Baiklah, seperti yang sudah saya bahas di artikel yang berjudul apa itu broadcast, kaalau iklan itu di kategorikan menjadi 2 (dua) bagian yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

Iklan layanan masyarakat sendiri termasuk ke dalam kategori non-komersial.

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang di buat untuk menyampaikan pesan sosial kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap masalah di sekitarnya.

Jadi, kategori iklan yang satu ini mutlak sebagai kampanye yang bersifat non-profit yang memiliki manfaat besar bagi semua orang.

Macam Macam Iklan Layanan Masyarakat

Sama seperti iklan display dan iklan-iklan yang lainnya, iklan layanan masyarakat bisa dibuat dengan bentuk teks, gambar, poster, foto, audio rekaman suara, ataupun video. Selain itu, iklan masyarakat ini juga bisa ditayangkan di berbagai media, baik itu offline maupun online.

Bahkan cara penyampaian pesan dalam iklannya juga bermacam-macam, baik itu berbentuk iklan pengumuman, narasi, dokumenter, ataupun semacam wawancara singkat.

Agar kamu bisa memahaminya dengan jelas, silakan perhatikan beberapa gambar contoh iklan layanan masyarakat di bawah ini.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Sampai di sini kamu sudah memahami apa yang di maksud dengan iklan layanan masyarakat, jenis, bentuk, dan cara penyampaiannya.

Sekarang, kamu harus tahu juga seperti apa contoh iklan non komersial yang menarik dan mampu mengubah mindset masyarakat.

Berikut yang termasuk iklan layanan masyarakat adalah di bawah ini.

1. Mencuci Tangan Pakai Sabun

Ajakan untuk membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun sangat sering sekali di kampanyekan dalam iklan layanan masyarakat, bahkan sebelum adanya pandemi virus corona.

Tujuan kampanye tersebut tidak lain agar semua masyarakat lebih peduli atau “aware” terhadap kebersihan guna mencegah datangnya penyakit.

2. Hemat Energi Listrik Dan Air

gambar iklan layanan masyarakat

“Ayo hemat energi listrik dan air. Matikan lampu dan peralatan saat tidak di gunakan serta gunakan air seperlunya!”.

Umumnya, baliho atau poster tentang ajakan untuk hemat energi seperti yang ada pada gambar di atas bisa dengan mudah kamu temukan di jalan raya, terutama ketika ada peringatan hari bumi.

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di atas bertujuan supaya masyarakat menghemat energi setiap hari dan bukan hanya di hari bumi saja.

Karena seperti yang kita tahu, Air adalah sumber kehidupan yang tidak ada harganya. Menghemat air sama dengan kamu berusaha menyelamatkan kehidupan.

Seperti itulah kira-kira pesan yan terkandung dalam contoh iklan layanan masyarakat di atas.

3. Sosialisasi Protokol Kesehatan (Prokes)

contoh iklan non komersial

Setelah sekian lama proses belajar anak-anak secara tatap muka di berhentikan sementara karena adanya pandemi covid-19, akhirnya pelaksanaan sekolah dan kegiatan belajar-mengajar sudah 100% kembali di berlakukan, meskipun tetap ada batasan yaitu harus mematuhi semua protokol kesehatan.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes & PM) melakukan sosialisasi tentang wajibnya mematuhi protokol kesehatan melalui iklan layanan masyarakat di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya.

4. Peringatan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Ketika sedang mendengarkan siaran radio atau podcast, kamu pasti mendengar iklan layanan masyarakat tentang kesehatan, salah satunya adalah iklan peringatan tentang bahaya merokok.

Contoh audio rekaman suara on-air di radio seperti di bawah ini:

Contoh teks iklan layanan masyarakat

Suara bayi nangis…

Ya allah pak, bo jangan merokok terus ini loh anak kita sesak nafas.

Wealah toh bu, masa gara-gara bapak. Udah ayo periksa ke dokter kalau gitu.

Pak, Bu, ini anaknya terkena infeksi saluran pernafasan karena ia perokok pasif loh.

Tuh kan bapak, kalau di kasih tau ngeyel aja!

Bahaya merokok bukan hanya untuk perokok aktif, tetapi juga perokok pasif. Perokok pasif yaitu orang yang bukan perokok tetapi meghirup asap rokok orang lain atau orang yang berada dalam satu ruangan dengan orang yang sedang merokok.

Efek buruk yang di timbulkan yaitu bayi dan anak-anak yang sering menghirup asap rokok berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan yakni asma, infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga tengah, ispa, alergi, bronkitis, hinga sindrom kematian mendadak.

Stop Merokok!

Sayangi diri sendiri dan keluarga anda!

5. Buang Sampah Pada Tempatnya

contoh poster iklan layanan masyarakat

“Buanglah sampah pada tempatnya – Jagalah kebersihan lingkungan kita”. Palang Merah Indonesia (PMI).

Sejak SD kita sudah di ajarkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, terutama sampah anorganik.

Membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan berbagai macam bencana alam seperti banjir, polusi udara, hingga mengotori birunya lautan.

Maksud dan tujuan kampanye iklan masyarakat di atas ialah supaya semua orang selalu buang sampah pada tempatnya.

6. Mengurangi Penggunaan Plastik

“Kurangi plastik agar bumi terlihat cantik, mari beralih ke tas jinjing” – Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus.

di bawah ini yang merupakan contoh iklan layanan masyarakat adalah:

  • “Jangan biarkan sampah plastik menguasai ruang kehidupan kita” #UNNESKONSERVASI
  • “Jika tidak berhenti, pemakaian sedotan juga bisa merusak bumi” #UNNESKONSERVASI
  • “Simpan dan pakai kembali kantong plastik yang masih bisa di gunakan” #UNNESKONSERVASI
  • “Jika masih berguna, jangan buang botol plastik begitu saja” #UNNESKONSERVASI

Sekarang ini, limbah plastik sudah menjadi isu global. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa penggunaan plastik harus di kurangi, sampai-sampai pesan himbauan tersebut gencar di promosikan di berbagai media massa.

Dengan adanya video iklan layanan masyarakat seperti di atas, di harapkan masyarakat mau mengurangi penggunaan plastik, agar limbahnya bisa berkurang.

7. Tentang Demam Berdarah

jenis iklan layanan masyarakat

Waspada Nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue ada di sekitar kita!

Lakukan 3M Plus

Menguras, Menutup tempat penampungan air, dan Memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas.

Plus

Mencegah Perkembangbiakan nyamuk dengan cara:

  • Memelihara iklan pemakan jentik nyamuk.
  • Mencegah gigitan nyamuk dengan memakai lotion anti nyamuk.
  • Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.
  • Tidak membiasakan mengantung pakaian di dalam kamar.

Jangan lupa! Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Jentik setiap minggu.

Menjelang musim hujan seperti sekarang ini, biasanya Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar dan sigap menayangkan iklan layanan masyarakat tentang waspada demam berdarah alis DBD.

Slogan iklan yang biasanya tertera pada poster iklan tidak lain ialah “3M (Menguras, Menutup dan Mendaur Ulang)”.

8. Ajakan Mengonsumsi Buah-Buahan

“Makan Buah Itu Keren. Siap Jadi Keren?” – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Sebagian besar masyarakat di Indonesia sulit untuk makan buah-buahan, sampai-sampai Kemenkes RI membuat contoh iklan buah yang menganjurkan masyarakat untuk selalu mengonsumsi buah lewat sebuah video iklan di atas.

Seperti caption coffee shop yang singkat, padat, jelas, dan yang menjadi keunikannya adalah langsung to-the-point.

9. Himbauan Untuk Membatasi Penggunaan Gadget

Beginilah kehidupan saat ini…
Menggantungkan diri pada teknologi seakan hidup sendiri.
Sama sepertiku..
Setiap hari tidak bisa lepas dari alat ini.
Sampai lupa dengan kanan kiri
Aku tak mengenal waktu..
Semua sahabatku menjauhiku.
Kuliah tak tentu arah.
Orang tuaku mengingatkanku tanpa lelah.
Aku sampai resah.
Akupun semakin menjadi-jadi…
Halo, bapak gimana sih aku tuh lagi main, gak boleh di telpon, kan jadi kalah aku, ah gimana sih bapak.
Hingga akhirnya aku di ingatkan oleh …. (kecelakaan)

– Juara 1 Iklan Layanan Masyarakat

Tidak ada larangan untuk menggunakan gadget, namun kamu harus membatasi diri agar tidak kebablasan. Pokoknya, jangan sampai kamu telat menyadari itu semua, sampai terjadi hal-hal yang memang tidak kamu inginkan.

Cara Menyampaikan Pesan Sosial Dengan Sebuah Iklan

Di negara lain, iklan non-komersial ini berguna sebagai alat untuk mengingatkan, menghimbau dan memberikan sebuah solusi untuk berbagai masalah sosial.

Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali media yang bisa di gunakan untuk menjangkau masyarakat dengan cepat dan mudah.

Demikianlah beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang sering kita lihat di berbagai media seperti papan reklame dan yang lainnya.

Semoga bisa menjadi bahan referensi dan inspirasi buat kamu yang akan membuatnya.

Jika bermanfaat, jangan lupa share ke media sosial ya, biar teman-teman kamu juga mengetahui apa yang kamu tahu 🙂

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait