7+ Contoh Iklan Media Cetak di Koran, Majalah, Spanduk, dan Yang Lainnya

7+ Contoh Iklan Media Cetak di Koran, Majalah, Spanduk, dan Yang Lainnya

Baliho milik Deddy Corbuzier yang bertuliskan “Masih Nonton TV? #CloseTheDoor Corbuzier Podcast” yang di pasang di kawasan Jakarta menjadi perbincangan hangat di media sosial. Para pakar bisnis dan usaha menilai kalau baliho tersebut merupakan contoh iklan media cetak yang menarik dan berhasil menjadi sebuah strategi marketing yang sangat efektif.

Baliho tersebut menjadi alibi yang mematahkan argumen orang-orang yang menganggap kalau promosi melalui media cetak itu sudah usang alias ketinggalan zaman.

Nyatanya, beriklan atau promosi lewat media yang satu ini justru lebih hemat biaya karena harganya yang murah dan cukup terjangkau untuk para pebisnis, pelaku usaha micro kecil dan menengah (UMKM) yang baru merintis, atau orang yang baru mencoba usaha modal kecil untung besar.

Bukan hanya baliho dan spanduk saja, masih banyak lagi contoh iklan media cetak di berbagai media lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis, brand, merek, atau produk yang kamu tawarkan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan Media Cetak?

contoh iklan media cetak

Apa itu iklan media cetak? Iklan media cetak adalah semua jenis atau bentuk promosi yang di cetak di media seperti kertas, papan reklame, kain, tembok, dan lain sebagainya.

Ada banyak media cetak yang sering di gunakan oleh para pelaku bisnis untuk beriklan dan mempromosikan produk (barang/jasa, seperti:

  • Koran;
  • Surat kabar;
  • Tabloid;
  • Majalah;
  • Spanduk;
  • Brosur;
  • Flyer;
  • Baloho;
  • Dan masih banyak lagi.

Iklan media cetak sangat berbeda dengan contoh iklan display dan iklan di media online lainnya, karena jenis iklan yang satu ini mempunyai bentuk fisik. Hal ini sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul apa itu broadcast.

Contoh Iklan Media Cetak

Setelah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan iklan media cetak dan beberapa jenis media yang sering digunakan.

Berikut di bawah ini Gonel.id sudah berhasil merangkum beberapa contoh iklan media cetak atau print media advertising dari beberapa sumber.

1. Iklan di Koran

Mungkin susah menjadi rahasia umum kalau surat kabar dan koran merupakan salah satu media tempat memasang iklan dan promosi yang paling strategis dengan harga yang terbilang murah dan terjangkau untuk semua kalangan pelaku usaha.

Jenis iklan yang umumnya dipasang di media cetak itu ada 3 (tiga) kategori yaitu iklan baris, iklan kolom, dan iklan advertorial.

1. Contoh Iklan Baris

contoh iklan baris

2. Contoh Iklan Kolom

contoh iklan kolom

3. Contoh Iklan Advertorial

contoh iklan advertorial

2. Iklan di Tabloid

Apa sih perbedaan antara media cetak tabloid dengan majalah? Tabloid itu biasanya diterbitkan setiap seminggu sekali, sedangkan media majalah diterbitkan sebulan sekali, dan tabloid itu lebih tipis namun memiliki ukuran kertas yang lebih besar jika dibandingkan dengan majalah.

Hal itu yang menjadi salah satu alasan mengapa iklan kolom di tabloid biasanya ditampilkan di sampul, karena di sana terdapat banyak sekali space kosong.

Penasaran? Cek contoh gambar iklan media cetak berikut ini.

contoh iklan tabloid

3. Iklan di Majalah

Tidak jauh berbeda dengan koran, majalah merupakan bentuk lain dari surat kabar yang menggunakan bahasa casual (tidak terlalu kaku) dan topik pembahasan atau berita yang disuguhkan sangat luas. Dan yang menjadi pembeda dari koran adalah majalah itu memiliki penuh warna.

Sama seperti surat kabar atau koran, di majalah juga sering ditemukan bentuk promosi dari para pebisnis atau pelaku usaha yang dikemas dalam jenis iklan kolom dan iklan advertorial, namun tidak ada yang namanya iklan baris di dalam majalah.

Berikut di bawah ini adalah contoh iklan di media cetak majalah yang bisa kamu jadikan bahan referensi:

1. Iklan Advertorial di Majalah

contoh iklan majalah

2. Full Page Ads di Majalah

full page ads

4. Iklan di Spanduk

Spanduk adalah salah satu media cetak yang memiliki ukuran besar yang biasanya di bentangkan hampir menyerupai bendera. Sementara itu, Spanduk memiliki berbagai jenis ukuran, ada yang berukuran persegi atau kotak, dan persegi panjang.

Nah, Spanduk biasanya di pasang di lokasi-lokasi yang strategis dan mudah di baca oleh khalayak ramai, seperti di tepi jalan, di atas jalan, atau di tempat-tempat umum yang ramai lainnya. Tidak jauh berbeda dengan flyer yang memiliki batas waktu.

Berikut ini ada beberapa contoh iklan pemberitahuan tentang pelaksanaan shalat ied, contoh kalimat promosi untuk penerimaan siswa baru dan iklan-iklan lainnya yang di pasang pada spanduk.

contoh iklan spanduk

5. Iklan di Flyer

Flayer merupakan sebuah selebaran yang berisi tentang promosi produk barang/jasa, brand, merek, ataupun pengumuman yang bersifat sementara. Flyer ini biasanya di bagikan kepada orang-orang di tempat umum atau door-to-door (pintu ke pintu).

Jenis media cetak yang satu ini termasuk salah satu media yang paling banyak di gunakan oleh para pelaku bisnis atau pelaku usaha kecil micro menengah (UMKM), dan usaha-usaha kecil lainnya karena harganya yang murah dan tentunya sangat mudah. (*perhatikan contohnya berikut ini)

contoh iklan flyer

6. Iklan di Baliho & Billboard

Selanjutnya ada Baliho dan billboard  yang masuh merupakan media tempat promosi outdoor paling populer di kalangan para pebisnis dan pelaku usaha, hanya saja tata cara pemasangannya yang tidak boleh sembarang atau asal pasang seperti halnya spanduk.

Biasanya, space untuk iklan media cetak berjenis baliho atau billboard sudah di sediakan secara khusus oleh agensi periklanan dan tentunya tidak gratis alias berbayar.

Baliho dan billboard juga memiliki perbedaan dalam segi infrastruktur, baliho bersifat tidak permanen, sedangkan billboard sifatnya permanen, ya. Sebenarnya kedua media ini sama-sama mirip dengan spanduk, poster dan flyer.

Akan tetapi, berbeda dalam segi ukuran yang mana baliho dan billboard ini memiliki ukuran yang ekstra besar.

contoh iklan baliho

7. Iklan di Brosur

Media cetak yang satu ini sangat mirip sekali dengan flyer, yaitu sama-sama berbentuk lembaran atau selebaran. Namun, brosur itu memuat informasi-informasi yang sangat detail dan terperinci.

Perbedaan brosur dengan spanduk dan flyer adalah memiliki jangka waktu yang sangat panjang. Contohnya sangat banyak sekali seperti brosur sekolah, klinik, produk kesehatan, iklan properti, kendaraan dan yang lain sebagainya.

Umumnya, brosur itu terdiri dari selembaran kertas yang di lipat-lipat menjadi beberapa bagian atau halaman, sehingga halamannya menjadi berurutan.

Coba kamu perhatikan contoh poster iklan di brosur berikut ini.

contoh iklan brosur

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa contoh iklan media cetak yang bisa saya jelaskan. Lantas, apakah beriklan di media cetak ini masih efektif?  Menurut pandangan saya pribadi promosi lewat media cetak itu masih worth it alias masih sangat efektif untung mengangkat brand atau bisnis kamu.

Contoh iklan media cetak “#CloseTheDoor Corbuzier Podcast” yang sukses dan menjadi bukti kalau cara promosi di media-media cetak masih relevan dan efektif di zaman sekaran yang sudah serba modern. Semuanya kembali lagi kepada kamu, bagaimana cara penerapan, teknik, dan strategi pemasaran yang bisa membuat masyarakat tertarik dengan apa yang kamu iklankan.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait