15+ Contoh Iklan Display, Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

15+ Contoh Iklan Display, Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Sekarang ini perkembangan teknologi semakin cepat. Salah satu kemajuan dan manfaat teknologi informasi yang kita rasakan adalah ada banyak sekali pilihan ketika akan membuat iklan. Iklan juga bisa dibikin di berbagai media yang tidak terbatas, bsik di televisi, media cetak, bahkan sampai merambah ke media online.

Dunia periklanan (advertising) sekarang ini semakin dibuat mudah dengan hadirnya beberapa pilihan untuk memasang iklan, seperti halnya contoh iklan display, iklan elektronik, iklan media cetak, iklan advertorial, iklan pengumuman, iklan pemberitahuan, iklan internet, iklan properti, dan lain sebagainya.

Jenis iklan juga terbagi menjadi beberapa macam. Kalau saja kita lihat berdasarkan bentuk dan ruang, menurut Joko Briyandewo di dalam tugas akhirnya yang berjudul “Jenis-jenis Iklan & Teknik Persuasi dalam 30 Iklan Surat Kabar Kompas Periode Tahun 2015 s/d 2017”, setidaknya ada 4 (empat) jenis, yakni iklan baris, iklan kolom, iklan advertorial, dan juga iklan display.

Dalam artikel ini Gonel.id hanya akan membahas pengertian iklan display dan contohnya saja. Sedangkan untuk jenis iklan lainnya yaitu iklan baris, iklan kolom dan iklan advertorial mungkin akan dibahas di artikel selanjutnya.

Pengertian Iklan Display

contoh iklan display

Iklan display adalah jenis iklan yang tidak mempunyai batasan ruang dan lebih memprioritaskan tampilan non-verbal seperti ilustrasi, grafis, foto/gambar untuk menarik minat pembaca.

Berbeda dengan jenis iklan advertorial yang mana lebih banyak menggunakan sajian yang bersifat verbal alias ditulis dengan menggunakan gaya editorial (jurnalistik). Umumnya, iklan advertorial ini akan lebih menampilkan data-data statistik, data hasil riset, referensi ilmiah, dan sejenisnya.

Iklan display termasuk salah sat iklan yang hemat dalam penggunaan kalimat atau kata-kata promosi, karena yang ditonjolkan dalam iklan tersebut adalah segi visualisasinya. Sedangkan pesan non-verbal di dalamnya biasanya hanya dipakai sebagai penunjang dari iklan display itu sendiri.

Tujuan Iklan Display

Iklan display dibuat tentunya dengan tujuan yang jelas yaitu memberikan penawaran atau memperkenalkan brand/produk/jasa/barang/gagasan dengan menonjolkan visual agr bisa menarik minat banyak orang.

Dalam dunia bisnis dan usaha, iklan display ini memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan promosi agar calon pembeli atau calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan.

Iklan display ini biasanya dibuat dan dibagikan secara umum untuk menawarkan produk/brand, berbeda jauh dengan iklan advertorial yang menggunakan teknik promosi yang lebih halus.

Bahkan, menurut beberapa riset yang dilakukan oleh para peneliti, iklan display ini diklaim bisa menggaet lebih banyak calon pembeli karena bentuknya yang lebih menarik.

Pengiklan (advertiser) biasanya akan membuat iklan display ini dengan desain yang sangat kreatif dan dikemas dengan kata-kata atau kalimat promosi yang menarik mulai dari ukuran iklan, warna, dan juga konten.

Jenis Iklan Display

Iklan display juga terbagi menjadi beberapa jenis. Jika kita lihat dari segi bentuk, maka iklan display ini terbagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu iklan display persegi, iklan display horizontal, dan iklan display vertikal.

Bukan hanya itu saja, jika dilihat dari segi medianya, iklan display ini mudah sekali kita temukan di berbagai media, seperti media cetak, media internetm media elektronik, luar ruangan, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini Gonel akan membahas beberapa jenis iklan display berdasarkan bentuk iklannya. Yuk, simak ulasan lebih detailnya di bawah ini.

1. Iklan Display Persegi

Seperti namanya, jenis iklan display ini memang berbentuk persegi (kotak). Iklan display persegi merupakan jenis iklan display yang berbentuk kotak atau square yang memiliki rasio 1:1. Biasanyam iklan yang satu ini digunakan sebagai pamflet di media sosial, selebaran, poster, dan lain sebagainya.

2. Iklan Display Horizontal

Iklan display horizontal adalah salah satu jenis iklan display yang memiliki tampilan visual memanjang ke kanan dan kiri atau bisa diartikan sebagai iklan yang melebar ke arah samping. Jenis iklan seperti ini sering sekali kita temukan di luar ruangan seperti di jalan raya, depan toko kelontongan, minimarket, dan lain-lain.

Tidak sedikit iklan di luar ruangan yang menggunakan jenis iklan display horizontal ini seperti banner, baliho, spanduk, dan sebagainya. Kamu pasti pernah dong melihat iklan yang berbentuk horizontal di jalan raya? Biasanya iklan yang ada dijalan raya itu berisi iklan politik, iklan properti, iklan restoran, dan iklan layanan masyarakat tentang lalu lintas.

3. Iklan Display Vertikal

Kalau ada iklan display berbentuk horizontal, tentunya ada juga iklan display vertikal. Seperti namanya, iklan ini mempunyai bentuk vertikal alias tegak ke atas. Berhubung iklan ini bentuknya memanjang ke atas, biasanya iklan display ini menggunakan space iklan yang lebih lebar jika dibandingkan dengan iklan persegi.

Iklan display vertikal ini mudah sekali kamu temukan di berbagai media cetak seperti koran, majalah, media online dan yang lainnya. Selain itu, iklan jenis vertikal ini juga biasa dipakai untuk jenis iklan banner, mini-banner, x-banner, umbul-umbul, dan sejenisnya.

Nah, sebelum masuk ke topik contoh iklan display yang menarik, saya ingin bertanya, apakah kamu sudah tahu pengertian apa yang dimaksud dengan iklan display? Bagus, jika sudah paham ayo kita lanjutkan ke topik utamanya!

Contoh Iklan Display

Iklan display merupakan salah satu jenis iklan yang sering banget dipakai oleh para pengiklan (advertiser). Meskipun biaya pemasangan iklan ini terbilang mahal, namun iklan display ini memiliki nilai (value) yang sangat besar untuk menggaet calon pembeli.

Buat kamu yang sebelumnya sudah membaca contoh bisnis modal kecil untung besar dan ingin tahu bagaimana cara membuat iklan yang baik dan seperti apa contoh iklan display itu, maka Gonel.id akan membagikannya berikut di bawah ini.

1. Iklan Display Makanan

contoh iklan makanan

Contoh iklan display makanan yang satu ini lebih menonjolkan ayam goreng yang sangat menggoda sekali. Penggunaan teks atau kata kata promosi di bagian kiri hanya untuk pelengkap saja bahwa sedang ada promo dengan menggunakan kode promo yang tertera di gambar.

2. Iklan Display Minuman

contoh iklan minuman herbal

Contoh iklan jenis display yang kedua adalah iklan minuman herbal yang sering muncul di situs web (website) atau blog. Jenis iklan di atas adalah iklan Google AdSense atau pengiklan yang menjalin kerjasama dengan Google Ads.

Iklan display yang mempromosikan produk minuman herbal tersebut disajikan dengan tampilan visual berupa gambar, sedangkan teks iklan hanya sebagai media pemikat untuk pembaca.

3. Iklan Display Produk Kecantikan

gambar iklan display produk kecantikan

Saya kira, iklan produk kecantikan atau iklan kosmetik ini selalu ada dimana-mana, baik itu di media cetak, televisi, radion, bahkan di media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, Telegram, dan yang lainnya. Contoh gambar iklan display di atas di ambil dari akun Instagram @metmalbekasi yang memang berisikan banyak promosi dan iklan kosmetik.

4. Iklan Display di Koran

iklan display di koran

Selanjutnya, ada contoh iklan display yang berbentuk horizontal yang ditayangkan di media cetak berupa koran. Jika melihat gambar atau foto di atas, mungkin kamu sudah bisa menebaknya dimana lokasi space iklan yang disediakan oleh penerbit? Ya, benar! Contoh iklan yang ditampilkan di koran seperti produk minuman Hi Calsium yang praktis dan segar pertama di Indonesia.

5. Iklan Display Properti

iklan properti

Rumah dan Apartemen merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia yang ada di muka bumi ini, selain daripada makanan dan minuman. Rumah memiliki peran penting untuk dijadikan tempat berteduh, tidur, makan, istirahat, dan aktivitas-aktivitas harian lainnya. Gambar di atas merupakan contoh iklan display untuk produk bisnis properti yang lebih menonjolkan tampilan visual.

6. Iklan Display Produk Elektronik

contoh iklan display produk elektronik

Gambar di atas merupakan contoh iklan display vertikal (memanjang ke atas) untuk promosi produk elektronik.

Seperti yang sudah dibahas di materi sebelumnya, iklan display lebih memprioritas sisi visual ketimbang teks iklan, seperti di atas yang lebih menonjolkan gambar laptop.

Sedangkan kalimat iklan atau teks tersebut hanya sebagai bumbu pelengkap untuk mendorong pembaca agar tertarik dan membeli produk elektronik tersebut.

7. Iklan Display LED

iklan display led

Seumur hidup kamu pasti pernah dong menonton pertandingan sepak bola? Nah, dalam kompetisi sepak bola tersebut biasanya banyak tim atau klub sepakbola yang disponsori oleh beberapa brand perusahaan.

Salah satu bentuk kerjasamanya ialah dengan memasang iklan display yang ada di pinggir-pinggir lapangan. Nah, salah satu contoh iklan LED display dapat kamu perhatikan pada gambar atau foto di atas.

8. Iklan Display Politik

iklan politik

Lantas, apakah mencetak banner juga termasuk ke dalam kategori iklan display? Yups, banner bisa dikatakan iklan display karena teks iklan yang ditampilkan hanya sedikit, sedangkan space terbesarnya di dominasi oleh gambar.

9. Iklan Display Layanan Masyarakat

iklan layanan masyarakat

Contoh gambar di atas bisa disebut iklan display untuk genre iklannya ialah layanan masyarakat atau layanan publik, atau bisa juga disebut iklan institusi. Kenapa di sebut iklan layanan masyarakat? Karena alat transportasi Kereta Api Indonesia atau (KAI) adalah perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara, dan disebut iklan institusi karena memang iklan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan layanan yang ada di KAI.

Lantas, kenapa disebut sebagai iklan display? Jawabannya tentu saja karena ini memiliki gambar yang menonjol dan dikemas dengan desain yang menarik. Ya, meskipun ada beberapa karakter teks yang bertujuan sebagai pelengkap gambar tersebut.

10. Contoh Iklan Display Bimbel & Kursus Online

iklan bimbel dan kursus online

Dari mulai pandemi virus corona atau wabah covid-19 masuk ke Indonesia hingga saat ini produk jasa bimbingan belajar atau bimbel dan juga kursus online masih digemari oleh masyarakat luas. Di atas tampak gambar iklan display yang mempromosikan layanan bimbel atau kursus online.

Akhir Kata

Iklan display adalah iklan yang memiliki ruang tak terbatas dan lebih menonjolkan tampilan visual pada sisi non-verbal, seperti ilustrasi, gambar, grafis yang bisa menarik hati calon pembeli.

Sedangkan teks, kata-kata atau kalimat promosi yang ada hanya sebagai pelengkap supaya bisa mendorong emosi seseorang agar mau membeli produknya.

Itulah pembahasan mengenai contoh iklan display, apa itu iklan display, pengertian atau definisi, tujuan, dan jenis-jenisnya yang bisa saya bahas dalam artikel ini. Semoga membantu!

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait