5+ Tips Untuk Meraih Untung Optimal dari Investasi Obligasi

5+ Tips Untuk Meraih Untung Optimal dari Investasi Obligasi

Jenis obligasi dibagi menjadi dua kelompok yaitu obligasi pemerintah dan obligasi korporasi. Kedua obligasi tersebut memiliki tujuan yang berbeda dengan ketentuan yang berbeda pula. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini investasi obligasi sudah marak dilakukan.

Berbicara mengenai investasi, perlu Anda ketahui bahwa investasi merupakan langkah tepat untuk melindungi nilai uang dari inflasi. Walaupun begitu, naik turunnya mata uang pun tetap ada. Maka dari itu, selama melakukan investasi obligasi Anda harus menemukan cara yang tepat. Berikut beberapa tips melakukan investasi obligasi agar mendapatkan keuntungan.

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu definisi obligasi yang tepat. Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi. Surat tersebut biasanya akan diberikan kepada pemegang obligasi sebagai tanda kewajiban penerbit untuk membayar pokok utang dan bunga pada waktu tertentu.

Tips Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Jenis Obligasi Pemerintah

investasi obligasi

Setelah mengetahui definisi obligasi, apakah Anda berminat melakukan investasi di bidang tersebut? Bagi Anda yang berminat, sebaiknya pelajari lebih lanjut mengenai jenis obligasi yang ada saat ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mempelajari mengenai strategi atau tips jitu melakukan investasi obligasi supaya mendapatkan keuntungan.

1. Menentukan Strategi Investasi

Saat melakukan investasi obligasi maupun investasi keuangan lainnya, sebaiknya Anda menetapkan tujuan yang jelas. Sehingga Anda mengetahui strategi yang tepat untuk langkah selanjutnya. Tidak hanya itu saja, para investor juga akan memikirkan verifikasi aset investasi dan menghindari menanamkan modal kepada perusahaan yang terancam bangkrut.

Baca juga: Fenomena Cashless Society

2. Mengikuti Rate Suku Bunga

Saat melakukan investasi obligasi, Anda harus ingat bahwa harga dari obligasi cenderung berbanding terbalik dengan nilai dari suku bunga dan imbal hasil. Sehingga harga obligasi pun bisa naik maupun turun tergantung nilai suku bunga. Untuk mengetahui harga obligasi naik atau turun, Anda cukup mengikuti perkembangan terbaru mengenai suku bunga.

Misal, suku bunga mengalami kenaikan, maka harga obligasi akan cenderung menurun, begitupun sebaliknya. Perubahan nilai suku bunga pun akan berpengaruh pada imbal hasil.

3. Memilih Penerbit yang Tepat

Tahukah Anda bahwa surat utang yang disebut sebagai obligasi ini bisa di keluarkan oleh pemerintah maupun perusahaan yang berwenang? Maka dari itu, Anda harus pandai dalam memilih penerbit yang akan mengeluarkan surat utang. Jika Anda memilih pemerintah, maka Anda akan mendapatkan Surat Utang Negara.

Sebaliknya, jika Anda memilih korporasi atau perusahaan yang berwenang dalam mengeluarkan surat utang, pastikan perusahaan tersebut terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebab, Otoritas Jasa Keuangan akan mengawasi segala bentuk kegiatan perusahaan yang sudah terdaftar. Jadi, Anda bisa menjamin keamanan dari perusahaan tersebut.

Baca juga: 9+ Ide Jualan Online Yang Cepat Laku dan Bikin Untung Setiap Hari

4. Melakukan Investasi Online

Tips selanjutnya ialah melakukan investasi online. Di mana sebelum melakukan investasi online, Anda harus sudah menetapkan terlebih dahulu jenis obligasi yang akan di gunakan. Apalagi, saat ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi yang bisa melakukan transaksi obligasi secara online.

Salah satunya ialah DBS Treasures, di mana perbankan prioritas ini memiliki berbagai macam fitur dalam Aplikasi digibank by DBS. Misalnya, fitur obligasi yang berfungsi untuk memberi Anda kesempatan dalam melakukan pemesanan, pembayaran serta membuat Single Investor Identification (SID).

Single Investor Identification sendiri sangat di butuhkan oleh para investor untuk melakukan berbagai macam investasi, menjual surat berharga serta mengecek profil risiko yang bisa melakukannya secara online. Selain itu, dengan melakukan investasi obligasi secara online, Anda juga bisa melakukan investasi di mana pun dan kapan pun.

5. Menggunakan Strategi Buy and Hold

Buy and Hold merupakan strategi yang cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan bunga tetap serta menyimpan modal secara utuh. Dengan melakukan strategi ini Anda tidak akan mendapatkan kerugian. Bahkan sebaliknya, jika Anda memegang surat utang hingga jatuh tempo, maka akan menghasilkan penerimaan bunga secara teratur sepanjang waktu investasi.

Baca juga: 7+ Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Bisa Dicoba!

Keunggulan Investasi Obligasi bersama DBS Treasures

DBS Treasures sendiri memiliki produk investasi berupa obligasi pemerintah yang memiliki beberapa keunggulan. Perbankan prioritas DBS Treasures hadir dengan berbagai keunggulan yang di berikannya, seperti di bawah ini:

1. Diterbitkan Pemerintah

Obligasi ini berbeda dengan produk investasi lainnya. Di mana produk ini langsung di terbitkan oleh pemerintah, sehingga terjamin dalam Undang-Undang. Dengan begitu, Anda bisa mempercayai produk ini.

2. Memiliki Berbagai Jenis Pilihan

Salah satu keunggulan produk milik DBS Treasures ini ialah tersedia dalam banyak pilihan baik itu pilihan dalam menentukan jangka waktu investasi maupun mata uang. Sehingga Anda bisa memilih jangka waktu dan mata uang yang ingin di investasikan.

Baca juga: 6+ Contoh Perusahaan E-Commerce B2B Terbaik di Indonesia

3. Kupon Reguler

Anda bisa mendapatkan kupon reguler yang mana kupon tersebut akan di berikan secara berkala selama Anda berada dalam periode investasi. Kupon reguler yang di berikan berfungsi sebagai pendapatan reguler Anda.

4. Memiliki Potensi Capital Gain

Saat Anda menjual obligasi yang di miliki, potensi keuntungan dari kenaikan harga obligasi bisa di dapatkan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menjual obligasi tersebut kapanpun dan di manapun melalui aplikasi khususnya untuk jenis obligasi yang di perjualbelikan di pasar sekunder.

5. Memberikan Kupon yang Kompetitif

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah kupon yang bersifat kompetitif. Bahkan, kupon yang Anda dapatkan lebih tinggi dari bunga rata-rata deposito berjangka. Sangat menarik bukan?

Baca juga: Cara Menjadi Reseller MS Glow

6. Tidak Ada Biaya Tambahan

Selain kelima keuntungan yang sudah di sebutkan di atas, Anda juga tidak akan menanggung biaya tambahan. Anda hanya akan di berikan selisih harga jual dan beli, tanpa biaya lain.

7. Melakukan Transaksi Secara Aman 24/7

Transaksi yang bisa di lakukan selama 24/7 menjadi pilihan setiap Nasabah. Maka dari itu, investasi Obligasi di Aplikasi digibank by DBS memberikan keuntungan dalam bentuk transaksi yang bisa di akses selama 24 jam penuh. Termasuk registrasi hingga transaksi jual beli.

Baca juga: Ini Dia 5+ Jenis Asuransi Kendaraan dan Pertanggungjawabannya

Setelah mengetahui jenis obligasi, definisi beserta tips mendapatkan keuntungan dari investasi obligasi, ada baiknya Anda memulainya dengan DBS Treasures selain investasinya terjamin Undang-undang, Anda juga akan memperoleh banyak keuntungan dan kemudahan dalam berinvestasi. Sehingga Anda bisa yakin mulai berinvestasi obligasi dengan DBS Treasures.

Content Creator | Web Developer

Jika rencananya tidak berhasil, ubah rencananya namun jangan pernah mengubah tujuannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait