6+ Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Minuman Boba Yang Kekinian

6+ Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Minuman Boba Yang Kekinian

Strategi pemasaran atau marketing strategy merupakan salah satu hal yang sangat krusial dalam mengembangkan bisnis, termasuk bisnis jualan minuman boba kekinian.

Sebelum melakukan teknik digital marketing ini, kamu harus memperhatikan beberapa poin mengenai strategi pemasaran minuman kekinian yang baik.

Dalam kasus ini, untuk menentukan sebuah strategi yang tepat juga akan memiliki pengaruh yang besar untuk perkembangan dan kemajuan bisnis minuman boba yang kamu jalankan.

Strategi marketing adalah salah satu upaya atau usaha bagaimana kamu bisa menjangkau dan memperkenalkan produk yang kamu jual kepada calon pembeli.

Strategi Pemasaran Minuman Boba Kekinian

strategi pemasaran minuman boba

Walaupun minuman boba termasuk salah satu bisnis yang sedang populer saat ini, namun strategi marketing dalam bisnis minuman kekinian ini harus kamu lakukan.

Terutama buat kamu yang memilih target market penjualan minumannya adalah pasar online. Maka dalam kasus seperti ini, strategi marketing yang lebih spesifik harus kamu perhatikan. 

Hal tersebut di lakukan karena target market online itu sangat berbeda dengan target market offline, baik secara cara membeli ataupun customer habbits alias kebiasaan pembeli.

Oleh sebab itum kamu harus melakukan beberapa penyesuaian, dan berikut ini ada 6 (enam) strategi pemasaran minuman boba kekinian yang bisa kamu coba lakukan.

Membuat Konten Pemasaran Yang Menarik

Strategi pemasaran minuman kekinian yang bisa kamu lakukan adalah dengan berusaha dan belajar membuat konten marketing yang bisa menarik perhatian calon pembeli.

Sekarang ini, tren penggunaan internet dan jumlah pengguna media sosial juga semakin meningkat. Kamu bisa memanfaatkan tren ini sebagai salah satu kemudahan untuk melakukan promosi secara online.

Apalagi jika target market penjualan kamu adalah pasar online. Maka membuat konten marketing seperti kata-kata, iklan minuman boba, caption, gambar, video dan yang lainnya sangat wajib kamu lakukan.

Nantinya, kamu bisa menyebarkan konten marketing yang sudah di buat tersebut ke akun media sosial kamu, entah di fanspage facebook, twitter, tiktok, youtube, instagram, whatsapp, dan sebagainya.

Memberikan Promo Diskon Atau Potongan Harga

Strategi pemasaran minuman boba kekinian untuk kamu yang memiliki target penjualan melalui market online atau offline adalah dengan memberikan promo diskon.

Seperti yang kita ketahui, diskon atau potongan harga memang masih sangat efektif untuk dijadikan strategi marketing saat ini.

Dalam kasus ini, kamu bisa saja memberikan diskon dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Misalnya, calon pembeli akan mendapatkan potongan harga jika total belanjaannya sudah mencapai nominal tertentu, atau pelanggan bisa mendapat diskon dengan membeli produk tertentu.

  1. Dapatkan diskon 10% untuk semua produk minuman Arin Boba dengan belanja minimal Rp100.000,-
  2. Nikmati potongan harga 5% hingga Rp10.000 dengan minimal belanja Rp50.000,- di Arin Boba
  3. Khusus pelanggan baru, beli minuman boba varian rasa cokelat di Arin Boba dan dapatkan promo diskon 15% hingga Rp5.000,-
  4. Mau beli minuman boba kekinian tapi males keluar rumah? Yuk, beli di Arin Boba saja, minuman siap antar ke rumah dan free ongkir untuk pembeli di daerah Campaka.
  5. Jangan sampai terlewatkan, beli 2 minuman boba varian apa saja gratis 1 boba rasa cokelat, hanya di Arin Boba (promo berlaku sampai 17 Agustus 2022).

Sebenarnya untuk target market online, bentuk daripada promo diskon yang bisa kamu berikan kepada calon pembeli atau pelanggan itu sangat beragam sekali.

Mulai dari promo diskon atau potongan harga, buy 1 get 1, bahkan hingga promo gratis ongkos kirim alias free ongkir.

Dengan kamu memberikan promo gratis ongkir atau diskon seperti ini, calon pembeli akan merasa kalau produk minuman boba kekinian yang kamu jual sangat murah dan cocok untuk mereka beli.

Melalukan Strategi Marketing Melalui SEO & SEM

Pada saat kamu berencana untuk jualan online yang cepat laku di internet, maka mau tidak mau kamu harus mengenal yang namanya SEO dan juga SEM.

Apa itu SEO? SEO (singkatan dari: Search Engine Optimization) adalah salah satu cara untuk mengoptimasi website/toko online agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll.) dengan menggunakan kata kunci tertarget.

Dengan memanfaatkan teknik SEO, maka bisnis minuman kekinian yang kamu kembangkan akan lebih mudah untuk ditemukan oleh orang lain.

Cara yang satu ini akan membuat bisnis kamu muncul di halaman pertama mesin pencari dan di posisi teratas ketika seseorang mencarinya dengan keyword tertentu.

Sedangkan SEM (singkatan dari: Search Engine Marketing) adalah satu cara untuk mengoptimasi website atau toko online agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dengan memanfaatkan iklan, seperti Google Ads.

SEM akan membuat konten marketing yang kamu buat bisa muncul di mesin pencari kepada orang-orang yang membutuhkan produk yang kamu jual.

Misalnya ketika seseorang ingin membeli minuman kekinian atau minuman boba, maka iklan yang kamu buatlah yang akan ditayangkan oleh Google di halaman pertama dan teratas.

Cara yang satu ini tentunya akan menjadi salah satu hal paling mudah dalam strategi marketing kamu, namun membutuhkan budget yang lumayan besar untuk membayar biaya iklannya.

Berbeda dengan teknik SEO yang bisa kamu lakukan sendiri secara gratis, asal mengetahui teknik-teknik dasarnya seperti optimasi SEO Off-Page, SEO On-Page, dan yang lainnya.

Agar mudah dipahami, pembahasan detail mengenai SEO dan SEM ini mungkin akan saya jelaskan di artikel berikutnya, jadi tetap pantau terus Gonel.id ya!

Mengikuti Tren Yang Ada di Platform Marketplace

Ada banyak sekali cara jualan minuman boba kekinian secara online sekarang ini. Salah satu yang paling populer adalah dengan berjualan di marketplace dan memanfaatkan media sosial.

Pada saat kamu memutuskan untuk berjualan online di situs e-commerce atau marketplace, maka kamu harus memahami cara kerja dan mengikuti tren yang ada pada platform marketplace itu sendiri.

Misalnya, kamu jualan di Shopee atau Lazada, dan ternyta sedang ada tren promo flash sale berdasarkan tanggal cantik 8.8 atau sejenisnya, maka kamu bisa mengikuti tren tersebut.

Kamu bisa memberikan promo tertentu pada tanggal-tanggal khusus. Dengan mengikuti tren, nantinya juga akan berhubungan dengan bagaimana cara kamu mengelola konten marketing dengan baik.

Intinya, kamu bisa membuat konten marketing untuk strategi pemasaran minuman kekinian berdasarkan tren yang sedang ramai dibicaraka tersebut.

Membangun Komunikasi Yang Baik & Intens Dengan Konsumen

Cara melakukan strategi pemasaran minuman boba kekinian yang harus kamu lakukan adalah dengan membangun komunikasi yang baik dan intens dengan calon pembeli, konsumen ataupun pelanggan.

Dengan interaksi yang baik tentunya akan meningkatkan engagement dan bisa menjaga konsumen agar tetap memilih untuk membeli produk minuman boba yang kamu jual.

Untuk membangun komunikasi yang baik dan intens ini, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara.

Seperti selalu aktif menjawab pertanyaan konsumen di komentar, memberikan solusi terbaik ketika ada keluhan, membuat konten berbasis interaksi melalui broadcast, dan sejenisnya.

Memaksimalkan Strategi Digital Marketing Melalui Media Sosial

Sekarang ini, bisnis online di bidang apa saja tidak akan lepas dari yang namanya media sosial. Tidak sedikit orang yang terpengaruh dengan strategi marketing di media sosial dan berakhir menjadi konsumen.

Media sosial memiliki peranan penting dalam strategi digital marketing.

Buat kamu yang mengincar target penjualan minuman boba melalui pasar online, maka kamu harus bisa memaksimalkan media sosial untuk kebutuhan pemasaran.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa strategi pemasaran minuman kekinian, khususnya minuman boba yang sedang populer tahun-tahun ini.

Ingat, tujuan utama marketing adalah untuk memperkenalkan bisnis minuman boba kamu kepada calon konsumen.

Selain itu, strategi pemasaran juga berguna untuk meningkatkan penjualan serta membangun kepercayaan di antara kamu dan konsumen.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait