Bisnis Playground: Pengertian, Peluang dan Cara Memulainya

Bisnis Playground: Pengertian, Peluang dan Cara Memulainya

Bisnis Playground merupakan salah satu peluang bisnis di bidang hiburan yang sangat menjanjikan keuntungan besar,  khususnya di bidang hiburan anak-anak.

Mengingat peminat wahana permainan anak-anak semakin meningkat setiap harinya.

Akhir-akhir ini ada banyak bermunculan paket bisnis hiburan anak-anak yang memiliki prospek bagus dan berhasil di minati oleh orang-orang.

Bisnis playground adalah salah satu jenis usaha yang memiliki konsep wahana permainan atau hiburan untuk anak-anak yang bisa di tempatkan di mana saja, entah itu outdoor atau indoor.

Bisnis yang satu ini memang sangat di khususkan anak-anak, dan ternyata berhasil membawa angin segar bagi para pelaku bisnis dan usaha, mengingat strategi pemasarannya yang terbilang cukup mudah.

Nah, buat yang sedang mencari usaha modal kecil untung besar dengan kompetitor yang masih terbilang sedikit, kamu bisa mencoba mengembangkan bisnis playground yang satu ini.

Playground sendiri adalah sebuah wahana permainan anak-anak yang terdiri dari beberapa spot permainan dalam 1 (satu) tempat.

Mulai dari seluncuran, ombak banyu, odong-odong, roller coster, terowongan, rumah hantu, dan beberapa wahan lainnya yang bisa melatih sensor motorik anak.

Buat kamu yang baru berencana untuk memulai sebuah bisnis atau usaha, kamu bisa memilih bisnis playground sebagai salah satu ide bisnis atau peluang usaha yang menjanjikan.

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis playground? Berapa modal yang harus di keluarkan untuk mendapatkan peralatan playground?

Tenang, dalam postingan kali ini tim Gonel akan membahas apa yang di maksud dengan bisnis playground, cara memulai, cara mendapatkan alat-alat perlengkapan wahana di playground, serta beberapa konsultan bisnis playground terbaik di Indonesia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Playground?

bisnis playground

Seperti yang sudah saya singgung di awal postingan, bisnis playground adalah salah satu jenis usaha yang bergerak di sektor wahana hiburan anak-anak.

Konsep yang di usung dalam bisnis ini adalah mencakup beberapa jenis atau spot permainan anak-anak yang bisa membantu mengasah kemampuan anak.

Bisnis Playground merupakan bisnis yang berfokus pada wahana bermain anak yang di dalamnya ada beberapa jenis permainan dalam satu tempat seperti perosotan, roller coaster, terowongan, jembatan tali, kereta-keretaan, odong-odong, dan yang lainnya.

Biasanya, wahana permainan seperti ini sering kita jumpai di pusat pembelanjaan, tempat wisata, tempat umum yang ramai, restoran, pasar, dan yang lainnya.

Tujuannya agar para pengunjung atau pelanggan yang membawa anak-anak untuk berbelanja tidak akan merasa bosan.

Tetapi, sekarang ini playground justru lebih banyak di gunakan sebagai salah satu bisnis atau usaha permainan yang memiliki prospek bagus dan menguntungkan.

Baca juga: 16+ Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Yang Menarik Beserta Gambarnya

Cara Memulai Bisnis Playground

Selanjutnya, kalau kamu mencoba terjun untuk mengembangkan bisnis yang satu ini, kamu harus mengetahui bagaimana cara memulai bisnis playground yang satu ini.

Jika tertarik untuk memulai usaha playground, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai menjalankan bisnis/usaha tersebut.

Memilih Lokasi Yang Strategis Untuk Bisnis Playground

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha playground adalah dengan memilih dan menentukan lokasi yang tepat dan juga strategis untuk usaha tersebut.

Kamu bisa memilih lokasi atau tempat yang ramai di kunjungi oleh orang-orang, seperti tempat wisata atau rekreasi, restoran atau hotel, pasar, dekat supermarket, dan yang lainnya.

Tempat-tempat yang di sebutkan di atas, adalah salah satu lokasi yang sangat strategis dan ideal untuk menjalankan usaha playground.

Kalau tempat atau lokasi yang kamu pilih termasuk kawasan wisata atau tempat rekreasi, kamu bisa meminta izin mendirikan wahana playground kepada pihak pengelola tempat wisata tersebut.

Pilih Desain Bisnis Playground Yang Unik dan Menarik

Ada banyak sekali pilihan desain yang bisa kamu jadikan bahan referensi dan inspirasi ketika menjalankan usaha playground.

Tidak sedikit wahana playground yang menyediakan berbagai jenis fasilitas yang lengkap dan ada juga yang hanya menawarkan beberapa wahana permainan saja.

Intinya, semua itu kembali lagi kepada budget dan dana masing-masing untuk membangun dan mengembangkan bisnis tersebut.

Jadi, semakin banyak wahana permainan dan fasilitas yang lengkap, maka akan semakin banyak juga permainan yang bisa disewakan kepada anak-anak nantinya.

Tawarkan Fasilitas Bermain Yang Seru dan Menyenangkan

Selanjutnya, silakan kamu pilih playground yang memang mempunyai fasilitas wahana permainan yang lengkap, menarik, dan seru.

Hal ini menjadi salah satu kunci agar usaha playground yang kamu kembangkan bisa dilirik oleh banyak pengunjung dan menjadi pusat perhatian semua orang.

Rumusnya simpel, semakin banyak orang yang tertarik dengan fasilitas bermain yang kamu tawarkan, maka semakin banyak orang yang tertarik untuk mencobanya, dan tentu saja kamu akan mendapatkan uang atau penghasilan yang banyak pula.

Baca juga: 3+ Alamat Gerai 3 Tangerang Terdekat Beserta Jam Operasional

Aturlah Jadwal Untuk Pembuatan Bisnis Playground

Sebenarnya, untuk menjalankan usaha playground itu tidak harus melulu di tempat wisata atau tempat rekreasi saja, kamu bisa melakukan improvisasi dengan waktu-waktu liburan tertentu, seperti hari raya, acara atau event, weekend, dan lain-lain.

Weekend adalah salah satu waktu yang tepat untuk menjalankan usaha playground mengingat akan banyak sekali orang yang akan menghabiskan waktu bersama keluarganya untuk berlibur.

Kamu bisa menjadikan momen ini sebagai salah satu peluang yang bagus untuk meraup keuntungan dan cuan sebanyak-banyaknya.

Nah, untuk kamu yang akan terjun menjadi seorang pebisnis di bidang hiburan atau wahana permaianan seperti ini harus up-to-date mengenai event-event penting yang melibatkan banyak orang.

Pertimbangkan Luas Tempat Untuk Bangunan Playground

Cara memulai usaha playground yang terakhir adalah kamu harus memperhatikan luas tempat/area yang akan digunakan untuk membangun spot playground.

Jika saja kamu mempunyai budget yang cukup besar, kamu bisa memilih area yang lebih luas untuk membangun wahana permainan dan fasilitas yang lengkap.

Oleh sebab itu, kamu harus selalu memperhatikan poin penting yang satu ini ketika akan menjalankan bisnis playground. Kamu bisa melakukan survey lokasi/area terlebih dahulu sebelum berencana untuk membangunnya.

Baca juga: 9+ Contoh Iklan Pengumuman: Kata-Kata, Gambar dan Video Menarik

Cara Mendapatkan Perlengkapan Bisnis Playground

Sebagai informasi tambahan, buat kamu yang memang sudah memiliki niat dan tekad yang kuat untuk memulai bisnis ini, tetapu belum menemukan konsultasn bisnis playground yang terpercaya.

Berikut ini ada rekomendasi konsultan bisnis playground yang mana kamu bisa mendapatkan peralatan untuk membuat wahana permainan anak-anak untuk bisnis tersebut, yaitu Happyplayindonesia.com.

Happy Play Indonesia adalah salah satu konsultan usaha playground terbaik dan terpercaya di Indonesia yang paling banyak dipilih oleh pebisnis wahana permainan.

Di sana, kamu buka cuma bisa memilih berbagai macam spot dan desain playground yang unik dan menarik saja, tapi kamu juga bisa menemukan konsultan yang tepat dan sudah berpengalaman dalam mengolah usaha playground ini.

Baca juga: 9+ Ide Jualan Online Yang Cepat Laku dan Bikin Untung Setiap Hari

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Playground

Kamu sebagai pebisnis yang bergerak di bidang wahana permainan anak, kamu dituntut untuk memperhatikan beberapa hal agar bisnis palyground yang kamu jalankan bisa berkembang dengan pesat.

Jika kamu sudah memulai menjalankan bisnis ini, tapi tidak melakukan strategi pemasaran atau digital marketing yang tepat seperti promosi dan perawatan, maka besar kemungkinan kamu akan mengalami kebangkrutan.

Akan tetapi, jika kamu serius ingin mengembangkan bisnis tersebut dengan rajin promosi dan selalu memperhatikan kondisi setiap wahana dengan melakukan perawatan yang rutin, maka kesuksesan ada di depan mata.

Tidak jauh berbeda dengan strategi pemasaran untuk bisnis minuman kekinian, promosi bisnis hiburan juga harus menggunakan strategi yang tepat.

Nah, berikut di bawah ini saya sudah merangkum beberapa tips perawatan sederhana dan cara memasarkan atau mempromosikan bisnis playground kamu.

Pilih Playground Yang Berkualitas dan Tahan Lama

Pertama, agar usaha playground yang kamu jalankan bisa memperoleh keuntungan yang besar, kamu bisa memulainya dengan memilih bahan playground yang bagus dan berkualitas.

Kualitas bahan yang baik tentunya akan kuat bertahan lama, dengan begitu kamu tidak akan terlalu sering membeli peralatan baru atau memperbaiki peralatan karena mengalami kerusakan.

Bersihkan Peralatan Playground Secara Rutin dan Teratur

Berhubung bisnis yang satu ini berupa wahana permainan, jadi kamu harus rajin melakukan perawatan dan tetap memperhatikan kebersihan dari setiap peralatan playground tersebut.

Jika kamu rajin membersihkan peralatan playground secara rutin dan teratur, maka barang-barang akan lebih tahan lama dan kelihatan seperti baru, hal ini tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Baca juga: 6+ Contoh Perusahaan E-Commerce B2B Terbaik di Indonesia

Tampilkan Wajah Ceria Ketika Anak-Anak Sedang Bermain

Di tempat wahan permainan, pastinya kamu akan melihat anak-anak yang bermain di sana sesuka hatinya, tetapi kamu jangan pernah memasang wajah yang kusut, atau tidak mengenakan.

Cobalah untuk menampilkan wajah yang lucu, ceria dan periang, agar anak-anak menjadi senang bermain di wahana tersebut.

Ingat, target utama bisnis playground adalah anak-anak. Jadi, kamu harus tetap melayani anak-anak tersebut dengan wajah yang lucu dan periang, meskipun tidak sedikit anak-anak yang nakal dan bandel serta menjengkelkan.

Tawarkan Promo Diskon atau Potongan Harga

Sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan bisnis playground kamu agar dikenal oleh masyarakat luas, coba untuk memberikan promo diskon (potongan harga) kepada pelanggan wahana kamu.

Lakukan Strategi Yang Tepat Untuk Bisnis Playground Kamu

Cara menjalankan bisnis playground berikutnya adalah dengan rajin mempromosikan bisnis kamu ke media sosial seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan sebagainya.

Dengan begitu, orang-orang di sekitar bisa dengan mudah menemukan wahana permainan yang kamu tawarkan untuk selanjutnya mereka jadikan tujuan rekreasi atau hiburan.

Baca juga: 25+ Rekomendasi Jajanan Alfamart Yang Enak dan Murah

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu bisnis playground, cara memulai, modal, dan cara mempromosikan bisnis playground.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjalankan bisnis playground yang memiliki prospek bagus ini? Jika ingin menjalankan bisnis playground bisa menghubungi happy play indonesia sebagai perusahaan playground terbaik di Indonesia.

Content Creator | Web Developer

Jika rencananya tidak berhasil, ubah rencananya namun jangan pernah mengubah tujuannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait