6+ Contoh Perusahaan E-Commerce B2B Terbaik di Indonesia

6+ Contoh Perusahaan E-Commerce B2B Terbaik di Indonesia

Contoh perusahaan ecommerce B2B – B2B (Singkatan dari: Business to Business) adalah proses penjualan suatu produk baik itu barang atau jasa yang di fokuskan untuk perusahaan atau pelaku bisnis lainnya.

Alhasil, fokus penjualan produk B2B ini lebih condong ke perusahaan atau pelaku bisnis daripada perorangan atau individu.

Perusahaan B2B di Indonesia hadir dan membawa angin segar di dunia bisnis, tujuan utamanya ialah untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, perkantoran, instansi, atau pelaku usaha lain melalui berbagai jenis produk berupa barang atau jasa yang di tawarkan.

Penjualan produk B2B ini bisa di lakukan melalui berbagai media dan platform, salah satu media yang paling banyak di gunakan sekarang ini adalah platform e-commerce karena memberikan kemudahan akses bagi konsumen.

Lantas, apa yang di maksud dengan perusahaan ecommerce B2B? Berikut pengertian B2B dan beberapa contoh perusahaan ecommerce B2B Indonesia yang terkenal.

Apa Itu Perusahaan Ecommerce B2B?

ecommerce b2b indonesia

B2B adalah singkatan dari Business to Business, yaitu bentuk bisnis atau usaha yang target konsumennya adalah perusahaan atau pelaku bisnis lainnya seperti kerjasama antar manufaktur dan grosir atau grosir dan usaha ritel.

Dengan kata lain, perusahan B2B ini adalah sebuah perusahaan yang menjual produk berupa barang atau jasa ke perusahaan lainnya.

Jauh berbeda dengan bisnis B2C (Business to Consumer) maupun bisnis C2C (Consumer to Consumer) yang mana perusahaan tersebut menjual produknya ke konsumen individu atau perorangan.

Intinya, perusahaan B2B marketplace Indonesia mempunyai sebuah target digital marketing dengan calon konsumen yang khusus, yaitu perusahaan lainnya dan bukan konsumen individu (perorangan).

Contoh Produk Yang Di jual Perusahaan B2B di Indonesia

b2b ecommerce indonesia

Ada banyak sekali contoh produk berupa barang dan jasa yang di jual oleh perusahaan Business to Business (B2B) yang ada di Indonesia, di antaranya seperti:

1. Supplier Bahan Baku

Produk B2B yang berupa supplier bahan baku memang sudah sangat familiar sekali dan banyak di jalankan di negara Indonesia.

Perusahaan ecommerce B2B yang bergerak di bidang supplier bahan baku ini biasanya memiliki tugas untuk memasok kebutuhan bahan baku untuk proses produksi bisnis lain.

Contoh perusahaan ecommerce B2B Indonesia yang bergerak pada sektor supplier bahan baku adalah para pelaku usaha sayuran hidroponik dan para petani organik.

Biasanya, mereka akan memasok hasil panen sayuran organik mereka ke berbagai supermarket, toko sayuran online, maupun restoran yang membutuhkan bahan baku tersebut.

Contoh B2B e-commerce Indonesia lainnya seperti pabrik kain yang bertugas memasok kebutuhan bahan baku berupa berbagai jenis kain ke toko-toko pakaian atau ke perusahaan garmen.

Bukan cuma menyediakan pasokan bahan baku saja, perusahaan B2B ada juga yang menyediakan jasa untuk ditawarkan ke perusahaan lain, sepert jasa cleaning sevice, jasa sedot WC, dan jasa kebersihan kantor lainnya.

2. Content Localization Service

Sebagian dari kamu pasti suka banget nonton film-film luar negeri, baik itu drama korea, film komedi china, kartun jepang, film aksi hollywood dan bollywood, atau film-film lainnya dari luar negeri.

Apalagi jika tontonan tersebut sudah ada subtitle bahasa Indonesia atau sudah di dubbing, pasti rasanya seru banget.

Nah, salah satu contoh perusahaan B2B di Indonesia ada yang menyediakan jasa content localization service, yaitu perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan alih bahasa.

Jika ditelusuri lebih dalam, ada banyak sekali produk jasa yang di tawarkan oleh perusahaan B2B seperti di atas, hanya saja kita tidak menyadarinya.

Mulai dari siaran di radio, tayangan di televisi, layanan Over The Top (OTT) seperti Netflix, tayangan video di YouTube dan sejenisnya.

3. Digital Agency

Bukan hanya penyuplai bahan baku dan layanan alih bahasa saja, bisnis digital agency juga termasuk salah satu contoh perusahaan ecommerce B2B (Business to Business) yang sangat banyak digeluti, terutama di Indonesia.

Bisnis digital agency menawarkan produk berupa jasa atau layanan pemasaran (marketing) atau promosi produk (product promotion) bagi para pelaku bisnis, pelaku usaha atau perusahaan lainnya melalui media digital, seperti melalui landing page website.

Dalam sebuah perusahaan digital agency biasa memiliki sebuah tim yang memiliki skill atau kemampuan yang berbeda-beda, seperti manager, content writer, copywriter, desainer yang bertugas membuat dan mengolah tampilan visual, programmer, social media officer, SEO specialist, dan yang lainnya.

Nah, tim yang berisikan orang-orang dengan kemampuan ini nantinya akan saling berkolaborasi dalam mengerjakan proyek sesuai permintaan dari klien (client) yang menggunakan jasa digital agency tersebut.

Bukan hanya memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) untuk merancang promosi dan pemasaran produk perusahaan lain saja, perusahaan digital agency juga menyediakan berbagai layanan digital lainnya seperti jasa pembuatan website, jasa backlink, jasa press release, jasa content placement, postingan media sosial, jasa penulisan artikel, jasa SEO, hingga microsite.

Dalam bisnis digital agency ini setiap karyawan atau crew dituntuk untuk bekerja dan berpikir se-kreatif mungkin.

Tujuannya adalah supaya klien bisa merasakan kepuasan dari aset digital yang mereka pesan.

Contoh Perusahaan E-Commerce B2B di Indonesia

contoh perusahaan ecommerce b2b

Perusahaan ecommerce B2B yang ada di Indonesia ini sangat beragam sekali dan mampu membantu proses produksi serta pengembangan usaha bagi perusahaan atau pelaku bisnis lainnya.

Berikut di bawah ini ada beberapa contoh perusahaan e-commerce B2B Indonesia yang terkenal hingga mancanegara.

1. Kawan Lama

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah sebuah perusahaan distribusi terkemuka yang ada di Indonesia dengan cakupan peralatan dan mesin industri terluas.

Sudah berpengalaman lebih dari 50 tahun dan memiliki cabang di lebih dari 19 cabang di seluruh negeri.

Kawan Lama merupakan salah satu contoh e-commerce B2B yang masih satu rumpun dengan Ace Hardware dan Informa.

PT Kawan Lama Sejahtera sangat terkenal sebagai perusahaan supplier kebutuhan industri perkantoran, dan berbagai macam peralatan teknik.

Bukan cuma itu saja, Kawan Lama juga mengembangkan sebuah sistem multikanal agar bisa memenuhi segala kebutuhan pelanggan atau klien melalui perdagangan alat-alat elektronik, konsultan penjualan, dan juga ruang pameran.

Kawan lama fokus memberikan kemudahan dalam membeli produk dan memprioritaskan kepuasan konsumennya.

Hal tersebut di buktikan setelah meluncurkan sebuah website resmi pada tahun 2015 lalu, pelanggannya bertambah sangat pesat sekali.

Buat kamu yang tertarik dengan produk e-commerce B2B Indonesia yang satu ini, kamu bisa mengakses situs web resminya di alamat www.kawanlama.com.

Bukan hanya menawarkan produk yang lengkap, di sana juga ada promo diskon dan promo menarik lainnya, lho!

2. Monotaro

Selanjutnya ada perusahaan bernama Monotaro yang merupakan contoh B2B di Indonesia yang di kembangkan oleh pengusaha asal Jepang.

Monotaro bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang sedang mengembangkan bisnis di bidang industri karena menyediakan berbagai jenis kebutuhan industri, mulai dari keperluan perawatan pabrik, produk keselamatan, alat-alat kantor, laboratorium, hingga kebutuhan konstruksi bangunan.

Berikut di bawah ini adalah beberapa katogori produk yang dijual di Monotaro, di antaranya:

  • Kebutuhan Keselamatan Kerja (K3), Perlindungan Diri dan Kesehatan
  • Pengepakan, Plester dan Logistik
  • Peralatan dan Kebutuhan Kebersihan
  • Batu Potong Mesin dan Gerinda
  • Alat Ukur
  • Perkakas Tangan, Pneumatik dan Listrik
  • Bahan Kimia, Lem (Perekat) dan Pengelasan
  • Alat Laboratorium
  • Komponen Mekanikal, Laher dan Roda
  • Mur, Baut dan Alat Pengikat
  • Alat Kelistrikan dan Alat Kontrol
  • Otomotif, Truk dan Sepeda Motor
  • Kebutuhan Kantor
  • Perlengkapan Dapur dan Horeka
  • Bahan Bangunan, Perlengkapan Rumah dan Cat
  • Alat Air Conditioner (AC) dan Pipa

Kamu nggak usaha merasa bingung atau takut kehabisan stok ketika akan membeli keperluan perusahaan di monotaro, karena perusahaan B2B ini memiliki gudang (warehouse) yang luas untuk menyimpan stok produknya.

Jika kamu berencana untuk membeli kebutuhan untuk kantor atau perusahaan, kamu bisa buka saja website resminya di monotaro.id.

Sekarang, sudah tersedia berbagai jenis metode pembayaran, termasuk via dompet digital GoPay.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Yang Terbukti Berhasil

3. AXIQoe

Perusahaan B2B e-commerce di Indonesia berikutnya bernama AXIQoe yang menawarkan berbagai macam jenis kebutuhan elektronik kantor, mulai dari komputer (desktop pc), laptop, mesin fotocopy, printer, scanner, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, AXIQoe juga menyediakan berbagai jenis kebutuhan kantor lainnya, seperti alat tulis kantor (ATK), berbagai jenis kertas, proyektor, mesin laminating, pemotong kertas, mesin penghancur kertas, dan yang lainnya.

AXIQoe termasuk salah satu perusahaan yang berani memberikan jaminan kualitas dan juga keaslian produk, serta pelayanan yang memuaskan kepada semua konsumen.

Tidak heran jika AXIQoe mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan e-commerce B2B terbaik di Indonesia dalam mencukupi segala kebutuhan kantor.

Keunggulan dan kelebihan paling dominan di AXIQoe adalah memiliki fleksibilitas soal tanggal jatuh tempo pembayaran.

Oleh sebab itu, tidak sedikit perusahaan yang lebih memilih AXIQoe karena keunggulannya itu.

4. Ralali

Contoh E-commerce B2B Indonesia berikutnya adalah Ralali yang mana konsep nama perusahaan ini memakai bahasa Jawa yaitu “Ora Lali” yang memiliki arti “Tidak Lupa”.

Perusahan Ralali ini berdiri pada tahun 2014 yang lalu. Hingga saat ini Ralali sudah melayani lebih dari 140 ribu konsumen, sehingga membuat Ralali berhasil mendapatkan gelar penghargaan perusahaan e-commerce B2B terbaik di Indonesia.

Produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan Ralali ini sangat beragam sekali. Kalau kamu ingin mengetahuinya, silakan cek daftar kategori produk Ralali berikut ini:

  • Agriculture & Food
  • Automotive & Transportation
  • Beauty, Sport & Fashion
  • Building Materials
  • Computer & Communication
  • Electronics
  • Furnitures & Decorations
  • Health & Medical
  • Horeca
  • Machinery & Industrial Parts
  • Office & Store Supplies
  • Services

Ralali yang notabenya sebagai salah e-commerce B2B terbaik tentu saja banyak diunggulkan karena memiliki produk yang beragam, serta menawarkan harga grosir yang jauh lebih murah dibandingkan membeli eceran atau retail.

Buat kamu yang penasaran ingin melihat produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini, kamu bisa mengunjungi website resmi Ralali.com, atau download dan install aplikasi Ralali di Google Play Store atau App Store.

5. Bizzy

Bizzy merupakan perusahaan e-commerce B2B terkenal di Indonesia yang berasal dari negeri gajah putih, Thailand yang di dirikan sejak tahun 2015.

Perusahaan Bizzy menawarkan berbagai jenis kebutuhan dan peralatan kantor, mulai dari peralatan dan perabotan kantor, kebutuhan kebersihan, peralatan travel, barang elektronik, dan juga kebutuhan sumber daya manusia (SDM).

Tidak sedikit perkantoran di Indonesia yang lebih memilih Bizzy karena mempunyai segudang keuntungan, seperti promo potongan harga (diskon).

Dengan penawaran diskon tersebut, tentunya belanja kebutuhan kantor akan menjadi lebih hemat.

Harga produk juga dibanderol lebih murah ketimbang harga di pasaran.

Buat kamu yang tertarik untuk membeli kebutuhan kantor di perusahaan e-commerce B2B dari Bizzy, kamu bisa kepoin dulu situs web resminya di Bizzy.co.id ya!

Baca juga: 100+ Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK

6. Electronic City

Selanjutnya, ada Electronic City yang tidak lain adalah situs e-commerce B2B yang merupakan pelopor perusahaan ritel yang bergerak di bidang pengadaan peralatan elektronik modern di Indonesia.

Electronic City di dirikan pada tahun 2001 yang berhasil membuka toko standalone dan toko flagship pertamanya di daerah Sudirman Central Business District (SCBD).

Setelah itu, kemudian Electronic city memperluas jaringan perdagangannya sampai ke luar wilayah Jabodetabek.

Perusahan business to business yang satu ini menawarkan berbagai produk elektronik modern, seperti peralatan rumah tangga, peralatan dapur, IT, smartphone, kamera, hinga audio dan video.

Tertarik untuk membeli produk elektronik modern di Electronic City? Silakan kunjungi website resminya di alamat: corp.electronic-city.com sekarang juga!

7. Mbiz

Situs e-commerce B2B asli made in Indonesia yang terakhir adalah Mbiz yang menawarkan berbagai produk pengadaan barang dan jasa.

Berikut beberapa kategori produk yang tersedia di Mbiz:

  1. Agrikultur dan Produk Segar
  2. Elektronik dan Telekomunikasi
  3. Groceries
  4. Jasa
  5. Kesehatan dan kecantikan
  6. Olahraga, Hobby, dan Hiburan
  7. Otomotif dan Transportasi
  8. Pakaian, Tekstil, dan Aksesoris
  9. Peralatan Industri, Mesin, dan Bahan Baku
  10. Peralatan Kantor dan Penyimpanan
  11. Peralatan Rumah, Penerangan, dan Konstruksi

Tertarik untuk membeli produk Mbiz? Buka saja langsung website resmi Mbiz.co.id dan dapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian produk kapanpun dan dimanapun!

Baca juga: 7+ Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Harus Kamu Coba!

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai contoh perusahaan ecommerce B2B di Indonesia yang dilengkapi dengan review singkat perusahaanya. Jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan peralatan kantor atau kebutuhan lainnya kamu bisa membeli produknya di salah satu situs e-commerce B2B di atas.

Content Creator | SEO Specialist

Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Postingan Terkait